Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENU Pengertian Kebudayaan Pembagian Golongan Kebudayaan Akar Kebudayaan Nasional Wujud Kebudayaan Daerah Kesimpulan Nama : Nisfulaili T NIM : 2012001084.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENU Pengertian Kebudayaan Pembagian Golongan Kebudayaan Akar Kebudayaan Nasional Wujud Kebudayaan Daerah Kesimpulan Nama : Nisfulaili T NIM : 2012001084."— Transcript presentasi:

1 MENU Pengertian Kebudayaan Pembagian Golongan Kebudayaan Akar Kebudayaan Nasional Wujud Kebudayaan Daerah Kesimpulan Nama : Nisfulaili T NIM :

2  Kebudayaan nasional itu dapat di artikan menurut TAP MPR No.II tahun 1998, yakni:  Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Sedangkan arti dari Pembangunan Nasional itu sendiri adalah pembangunan yang berbudaya.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak- Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukukungnya.

3  Golongan orang Papua Melanosoid. Golongan penduduk ini bermukim di pulau Papua, Kei, dan Aru.  Golongan orang Mongoloid. Berdiam di sebagian besar kepulauan Indonesia, khususnya di kepulauan Sunda Besar (kawasan Indonesia barat).  Golongan Vedoid, antara lain orang-orang Kubu, Sakai, Mentawai, Enggano, dan Tomura.

4  kebudayaan daerah adalah asal mula dari kebudayaan nasional, bermula dari kebudayaan-kebudayaan yang ada di daerah daerah di seluruh Indonesia terbentuklah kebudayaan nasional sebagai indentitas bangsa Indonesia. Alasan kebudayaan daerah bisa menjadi kebudayaan nasional : · Kebudayaan daerah adalah titik cikal bakal terbentuknya negara Indonesia. · Keanekaragaman budaya lokal yang ada di Indonesia. · Kebudayaan lokal yang dimiliki tiap daerah memiliki kekuatan sendiri. · Kepercayaan orang-orang di daerah masih terlihat mistik, ini menjadi hal yang unik di mata negara luar. · Kebudayaan daerah sebagai tiang dari keberadaan budaya nasional. · Kesatuan budaya daerah sebagai identitas keberadaan di negara Indonesia.

5  Tarian Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia.  Musik Kelompok adat yang lain, bisa menampilkan suatu corak khas yang terutama terlihat orang luar yang bukan warga masyarakat bersangkutan.  Lagu Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.

6  Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang berlandaskan Pancasila yang berwujud cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia.  Kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang khas yang terdapat pada daerah tertentu.  Di setiap daerah mempunyai budaya-budaya tersendiri,yang sudah di jelasin di atas.dan sudah di terapin wujud-wujud kebudayaan daerah, yang merupakan akar budaya nasional. Kebudayaan daerah memiliki beragam ciri khas yang menjadikan kebudayaan Indonesia di kenal di dunia.


Download ppt "MENU Pengertian Kebudayaan Pembagian Golongan Kebudayaan Akar Kebudayaan Nasional Wujud Kebudayaan Daerah Kesimpulan Nama : Nisfulaili T NIM : 2012001084."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google