Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ilmu yang berperan dalam Interaksi Manusia dan Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ilmu yang berperan dalam Interaksi Manusia dan Komputer."— Transcript presentasi:

1 Ilmu yang berperan dalam Interaksi Manusia dan Komputer

2 Perancangan/Desain Grafis Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

3 Tipografi Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang- ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

4 Dalam perancangan interface/tatap muka sebuah software/perangkat lunak, salah satu hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah perancangan grafis dan tipografi.

5 Perancangan grafis yang dimaksud dalam hal ini adalah bentuk tampilan software harus sesuai dengan kriteria unsur-unsur desain yang baik. Unsur-unsur tersebut seperti shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna. Unsur tersebut akan membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

6 Sedangkan penggunaan tipografi dalam perancangan interface software adalah pada pemilihan jenis font yang sesuai. Secara garis besar huruf-huruf digolongkan menjadi:  Roman, pada awalnya adalah kumpulan huruf kapital seperti yang biasa ditemui di pilar dan prasasti Romawi, namun kemudian definisinya berkembang menjadi seluruh huruf yang mempunyai ciri tegak dan didominasi garis lurus kaku.

7  Serif, dengan ciri memiliki serif di ujungnya. Selain membantu keterbacaan, serif juga memudahkan saat huruf diukir ke batu. Cirinya adalah kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan adalah kokoh, kuat, kekar dan stabil.  Sans Serif, dengan ciri tanpa sirip/serif, dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.  Script, merupakan goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifat pribadi dan akrab.

8  Miscellaneous, merupakan pengembangan dari bentuk- bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.

9 Legibility dan Keterbacaan Illiad, contoh kasus yang menunjukkan pentingnya penggunaan serif dalam membedakan beberapa jenis huruf yang serupa. Misalnya huruf L kecil dengan I kapital Uji legibility yang sering dilakukan terhadap tiap jenis huruf. Legibility adalah Tingkat kemudahan mata mengenali suatu tulisan tanpa harus bersusah payah. Hal ini bisa ditentukan oleh: Kerumitan desain huruf, seperti penggunaan serif, kontras stroke, dan sebagainya. Penggunaan warna Frekuensi pengamat menemui huruf tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

10 Keterbacaan adalah Tingkat kenyamanan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh: Jenis huruf Ukuran Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dan sebagainya Kontras warna terhadap latar belakang

11


Download ppt "Ilmu yang berperan dalam Interaksi Manusia dan Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google