Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Mengetahui dan mengenal apa yang dimaksud dengan desain grafis dan animasi.  Memiliki pengetahuan dasar desain grafis dan animasi  Mampu menerapkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Mengetahui dan mengenal apa yang dimaksud dengan desain grafis dan animasi.  Memiliki pengetahuan dasar desain grafis dan animasi  Mampu menerapkan."— Transcript presentasi:

1

2  Mengetahui dan mengenal apa yang dimaksud dengan desain grafis dan animasi.  Memiliki pengetahuan dasar desain grafis dan animasi  Mampu menerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam membantu tugas- tugas kehumasan.

3  Memahami batasan-batasan desain grafis  Mulai berkenalan dengan software dan aplikasi desain grafis  Pengalaman adalah guru paling berharga, karena mulailah berkreasi!

4  Desain grafis adalah proses untuk menciptakan tampilan sebuah publikasi, presentasi, atau di situs web yang menarik, dengan cara logis.  Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan.  Ketika desain selesai maka: menarik perhatian, menambah nilai, dan meningkatkan minat audiens, simpel, terorganisir, memberikan penekanan selektif, dan menciptakan kesatuan yang utuh.

5

6

7

8  Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori: 1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. 2. Web Design: desain untuk halaman web. 3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi. 4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design): merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. 5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

9 Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:  Adobe FrameMaker  Adobe In Design  Adobe PageMaker  Corel Ventura  Microsoft Publisher  Quark Xpress  Scribus (Open Source)

10 Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:  Adobe Illustrator  Beneba Canvas  CorelDraw  Macromedia Freehand  Metacreations Expression  Micrografx Designer

11 Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:  Adobe Photoshop  Corel Photo Paint  Macromedia Xres  Metacreations Painter  Metacreations Live Picture  Micrografx Picture Publisher  Microsoft Photo Editor  QFX  Wright Image

12 Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:  Adobe After Effect  Power Director  Show Biz DVD  Ulead Video Studio  Element Premier  Easy Media Creator  Pinnacle Studio Plus  WinDVD Creater  Nero Ultra Edition

13  Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:  Macromedia Authorware  Macromedia Director  Macromedia Flash  Multimedia Builder  Ezedia  Hyper Studio

14 1. Menganalisis audiens. 2. Menentukan tujuan anda pesan. 3. Memutuskan dimana dan bagaimana Anda akan muncul (apakah ia akan menjadi publikasi cetak, presentasi, atau situs web). 4. Menetapkan tujuan. 5. Mengatur teks dan gambar. 6. Pilih format yang sesuai dan tata letak.

15 7. Pilih sesuai typefaces, jenis ukuran, jenis gaya, dan spasi. 8. Menambah dan memanipulasi grafik. 9. Mengatur teks dan gambar. 10. Proses proofing 11. Memperbaiki dan menyempurnakan.

16 Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur- unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip- prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

17  Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah akal, mata, tangan, alat-alat tradisional (seperti pensil atau tinta), dan komputer.  Komputer dan aplikasi perangkat lunak umumnya dipandang, oleh para profesional kreatif, sebagai alat produksi yang lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode tradisional. Akan tetapi, beberapa perancang grafis melanjutkan penggunaan alat manual dan tradisional dalam berkarya, seperti misalnya Milton Glaser.

18  Kesatuan (Unity); Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.  Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau- balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang.

19

20

21

22

23  Keseimbangan (Balance); Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua daya yang bekerja saling meniadakan.  Balance refers to the distribution of visual weight in a work of art.  In painting, it is the visual equilibrium of the elements that causes the total image to appear balanced.  Balance can be either symmetrical or asymmetrical in a work of art.

24

25

26  Proporsi (Proportion); Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan –perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang.  Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

27

28

29

30

31  Irama (Rhythm); Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus.  Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.  Variety is essential to keep rhythms exciting and active, and to avoid monotony.

32

33  Dominasi (Domination); Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan. Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian.  Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher.  Dominasi mempunyai beberapa tujuan yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan (monotony).

34

35

36

37 Untuk menciptakan keseimbangan:  Ulangi bentuk tertentu secara berkala, baik secara vertikal maupun horizontal.  Pusat elemen pada halaman.  Menempatkan beberapa visuals kecil di satu daerah untuk menyeimbangkan satu blok besar gambar atau teks.  Gunakan satu atau dua bentuk aneh dan membuat bentuk biasa.  Keringanan teks potong-berat dengan terang, berwarna-warni visual.  Meninggalkan banyak spasi besar sekitar blok teks atau foto gelap.  Offset besar, gelap foto atau ilustrasi dengan beberapa lembar teks kecil, masing-masing dikelilingi oleh banyak spasi.

38 Untuk membuat rhythm:  Ulangi sejumlah elemen berbentuk mirip, bahkan dengan spasi putih di antara masing-masing, untuk menciptakan sebuah ritme biasa.  Ulangi rangkaian semakin besar elemen yang lebih besar dengan spasi putih di antara setiap ritme yang progresif.  Alternatif gelap, huruf tebal dan ringan, tipis jenis.  Alternatif gelap halaman (dengan banyak jenis grafik atau gelap) dengan cahaya halaman (dengan jenis lebih sedikit dan berwarna muda grafis).  Mengulang bentuk yang sama di berbagai bidang sebuah layout.  Ulangi elemen yang sama pada posisi yang sama pada setiap halaman yang dicetak penerbitan seperti newsletter.

39 Untuk membuat penekanan:  Gunakan rangkaian merata spaced, persegi di samping foto yang digariskan foto dengan bentuk yang tidak biasa.  Letakkan bagian yang penting dari teks pada sudut melengkung atau sekaligus menjaga semua jenis yang lainnya di kolom lurus.  Gunakan huruf tebal, hitam untuk judul dan jenis subheads ringan teks dan banyak lainnya untuk semua teks.  Tempat yang besar di sebelah gambar kecil sedikit teks.  Reverse (gunakan jenis putih) yang utama dari sebuah kotak hitam atau berwarna.  Gunakan warna yang tidak biasa atau jenis font yang paling penting untuk informasi.  Letakkan daftar yang ingin Anda sorot di sidebar dalam kotak berbayang.

40 Untuk membuat suatu kesatuan desain:  Gunakan hanya satu atau dua typestyles dan berbeda ukuran atau berat untuk kontras seluruh publikasi, presentasi, atau situs web.  Konsisten dengan jenis font, ukuran, dan gaya untuk judul, subheads, keterangan, headers, footers, dll di seluruh publikasi, presentasi, atau situs web.  Menggunakan palet warna yang sama di seluruh.  Mengulang warna, bentuk, atau tekstur yang berbeda di seluruh wilayah.  Pilih visuals yang berbagi serupa warna, tema, atau bentuk.  Memperderetkan foto dan teks yang sama dengan grid baris.

41 Garis adalah tanda untuk menghubungkan dua titik. Berbagai jenis garis muncul di mana-mana. Lihatlah di sekitar Anda dan Anda akan melihat baris yang lurus, lengkung, berbelok-belok, tipis, tebal, dan titik-titik. Garis dapat digunakan untuk:  Mengatur informasi.  Penekanan kata.  Menghubungkan informasi.  Outline foto.  Membuat kotak.  Membuat bagan atau grafik.  Membuat pola atau ritme dengan membuat banyak baris.  Membuat penekanan langsung ke mata pembaca. (Membuat garis diagonal.)  Mensugesti emosi.

42

43

44 Dengan bentuk Anda dapat:  Memodifikasi foto.  Menyimbolkan ide.  Membuat blok teks yang lebih menarik dengan menetapkan teks ke dalam bentuk.  Buat format baru.  Meng-highlight informasi.

45

46

47

48

49 Tekstur dapat digunakan untuk:  Memberikan publikasi cetak, presentasi, atau halaman web yang mood atau kepribadian.  Kontras untuk membuat bunga.  Bermain-main mata.  Memprovokasi emosi.  Membuat rasa kekayaan dan mendalam.

50

51

52 Ruang dapat digunakan untuk:  Memberikan mata visual istirahat.  Membuat hubungan antara unsur-unsur.  Sorot salah satu elemen.  Membuat layout mudah untuk mengikuti.  White or negative space help frame and contain the design.  It avoids visual clutter, looks “clean”  It can also help to focus the viewer on something specific.  Helps keep flow going.

53

54

55

56

57

58 Ukuran adalah bagaimana ukuran besar atau kecil sesuatu. Ukuran sangat penting dalam membuat sebuah layout fungsional, menarik, dan terorganisir. Ini menunjukkan apa yang paling penting, menarik perhatian, dan membantu agar sesuai dengan tata letak bersama. Ukuran dapat digunakan untuk:  Menunjukkan elemen yang paling penting adalah dengan melakukan hal yang terbesar.  Membuat semua elemen mudah untuk melihat.  Menarik perhatian.  Kontras dua elemen untuk membuat bunga.  Membuat tampilan yang konsisten di seluruh publikasi yang dicetak atau halaman web.

59

60 Nilai adalah terang atau gelapnya dari suatu area. Spektrum dari hitam ke putih dan abu-abu yang banyak diantara bayangan. Setiap bayangan pada spektrum ini memiliki nilai, dari yang sangat terang dengan sangat gelap. Memisahkan nilai, menunjukkan suasana hati, menambah drama, dan menciptakan ilusi yang mendalam. Nilai yang dapat digunakan untuk:  Membawa mata di fokus halaman, seperti menjalankan terang ke gelap dinilai daerah di latar belakang.  Membuat pola.  Memberikan ilusi dari volume dan kedalaman dengan menambahkan shading ke suatu daerah.  Membuat gambar gelap terang.  Membuat tata letak dramatis dengan besar bidang gelap atau terang shading.  Menekankan sebuah elemen.  Membuat objek yang akan muncul di depan atau di belakang satu sama lain.

61

62

63 Warna dalam layout dapat menyampaikan moods, membuat gambar, menarik perhatian, dan mengidentifikasi objek. Ketika memilih warna untuk publikasi atau halaman web, tentang apa yang ingin Anda lakukan dan ke warna apa yang cocok untuk tujuan anda.  Warna dapat digunakan untuk:  Sorot elemen penting dan utama seperti subheads.  Menarik mata.  Sinyal di mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu.  Membuat gambar atau moods.  Mengatur.  Bersama kelompok elemen atau mengisolasi mereka.  Memprovokasi emosi.

64

65  Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang- ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

66  Secara garis besar huruf-huruf digolongkan menjadi:  Roman, dengan ciri memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.  Egyptian, dengan ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan adalah kokoh, kuat, kekar dan stabil.

67  Sans Serif, dengan ciri tanpa sirip/serif, dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.  Script, merupakan goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifat pribadi dan akrab.  Miscellaneous, merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis- garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.

68

69 Legibility adalah tingkat kemudahan mata mengenali suatu tulisan tanpa harus bersusah payah. Hal ini bisa ditentukan oleh:  Kerumitan desain huruf, seperti penggunaan serif, kontras stroke, dan sebagainya.  Penggunaan warna  Frekuensi pengamat menemui huruf tersebut dalam kehidupan sehari-hari Keterbacaan adalah tingkat kenyamanan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh:  Jenis huruf  Ukuran  Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dan sebagainya  Kontras warna terhadap latar belakang

70 Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Elemen-elemen nirmana adalah:  Titik, titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.  Garis, garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna.  Bidang, bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas; mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis.  Gempal, gempal adalah bentuk bidang yang mempunyai dimensi ketebalan dan kedalaman.

71

72

73  Ruang Kosong (White Space). Ruang kosong dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah obyek menjadi dominan.  Kejelasan (Clarity). Kejelasan atau clarity mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda.  Kesederhanaan (Simplicity). Kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesederhanaan seing juga diartikan tepat dan tidak berlebihan. Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.  Emphasis (Point of Interest.)Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik.

74

75  Layout adalah susunan jenis dan grafis pada publikasi cetak, presentasi, atau situs web. Tata letak yang baik harus melayani tujuan dirancang oleh perancang, mengatur informasi dan gambar untuk menciptakan visual, dan jalan untuk mengikuti dan menarik perhatian pembaca. Tidak ada satu cara tepat untuk membuat tata letak yang baik.

76  Menentukan tujuan anda publikasi, presentasi, atau situs web anda sebelum anda mulai Layout.  Membuat dasar pesan yang akan disampaikan dan rencana tata ruang di sekitarnya.  Pilih yang sesuai jenis media (halaman web, presentasi, cetak buku, newsletter, atau brosur, dll) dan ukuran.  Mengidentifikasi target pemirsa tersebut, kemudian menulis dan mendesain publikasi, presentasi, atau situs web agar selalu berada dalam benak khalayak.  Mempertimbangkan kepentingan mereka, membaca tingkat, latar belakang, dll

77

78 1. Menggunakan berbagai jenis ukuran untuk berbagai elemen. 2. Membentuk suatu hirarki dari jenis ukuran untuk utama, subheads, teks, dan lain-lain sesuai dengan format. 3. Semua format utama sama, semua teks harus diformat sama, dll 4. Membuat elemen yang paling penting agar khalayak bisa menemukan hal yang besar pada hal-hal yang kecil. 5. Menggunakan garis batas (rules) untuk memisahkan informasi ke dalam grup.

79 6. Menggunakan berbagai jenis ketebalan font. 7. Gunakan spasi kosong untuk tujuan desain dalam publikasi. 8. Informasi posisi penting di sudut kiri atas. Di sudut kiri atas biasanya membaca terlebih dahulu. Menempatkan kotak sekitar informasi penting. 9. Berikan penekanan (bullet) pada item-item yang penting. 10. Gunakan warna kebalikan dan kontras (jenis putih pada latar belakang gelap) untuk memisahkan atau menekankan.

80 1. Memperbesar gambar atau foto dari sesuatu yang kecil, sehingga akan mencakup area yang besar. 2. Pisahkan elemen kecil, seperti blok tipe atau gambar, dengan space. 3. Gunakan warna terang untuk publikasi, presentasi, atau situs web yang akan dilihat dalam lingkungan yang gelap atau abu-abu. 4. Menggunakan warna hitam yang solid untuk background putih yang besar dalam desain. 5. Memotong foto dalam suatu cara yang tidak biasa. 6. Mengatur informasi penting dalam dengan memberi font khusus.

81

82

83


Download ppt " Mengetahui dan mengenal apa yang dimaksud dengan desain grafis dan animasi.  Memiliki pengetahuan dasar desain grafis dan animasi  Mampu menerapkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google