Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALAT INDRA KULIT. KELOMPOK 5 : B INTANG A (07) LILIK FAIQOTUL H (17) NUGROHO TRI S (20) SITI NUR AINI (27)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALAT INDRA KULIT. KELOMPOK 5 : B INTANG A (07) LILIK FAIQOTUL H (17) NUGROHO TRI S (20) SITI NUR AINI (27)"— Transcript presentasi:

1 ALAT INDRA KULIT

2 KELOMPOK 5 : B INTANG A (07) LILIK FAIQOTUL H (17) NUGROHO TRI S (20) SITI NUR AINI (27)

3 RESEPTOR  Ujung saraf indera peraba ada 2 macam, yaitu: 1) Ujung saraf bebas yang mendeteksi rasa nyeri atau sakit (reseptor ini terdapat di seluruh jaringan tubuh baik di badan maupun alat dalam). 2) Ujung saraf yang berselaput (berpapilia) yang terdiri dari 6 bagian. Reseptor dapat berupa ujung saraf yang bebas, ujung saraf yang berbenjol, atau ujung saraf yang diselubungi kapsul jaringan ikat. Jika saraf dirangsang, terjadi implus sepanjang dendrit yang di teruskan ke sistem saraf pusat.

4 STRUKTUR KULIT

5 Ujung saraf yang berselaput dan Rangsangannya Ujung Saraf Berselaput Rangsangan 1.Korpus RufiniPerasa panas 2. Korpus MaisnerPerasa sentuhan 3. Korpus krausePerasa dingin 4. Lempeng merkelPerasa tekanan ringan dan sentuhan 5. Korpus paciniPerasa tekanan kuat 6. Ujung saraf tanpa selaputPerasa nyeri /sakit

6 Penyakit pada kulit 1. Melanoma. Melanoma merupakan kanker kulit yang sangat serius, sehingga dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati. Melanoma adalah jenis kanker yang menyebabkan perubahan tahi lalat pada kulit, sangat berbahaya jika muncul pada leher atau kulit kepala. Salah satu tanda terjadinya melanoma adalah tahi lalat yang membesar. Selain itu terjadi perubahan warna pada tahi lalat serta terlihat tanda-tanda peradangan pada kulit di sekitar tahi lalat. 2. Impetigo. Impetigo adalah penyakit kulit menular yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Impetigo menyebabkan kulit menjadi gatal, melepuh berisi cairan dan kulit menjadi merah. Impetigo sangat mudah terjadi pada anak berusia dua sampai enam tahun. Bakteri biasanya masuk ke dalam kulit melalui gigitan serangga, luka, atau goresan. Kebersihan sangat penting bagi orang yang mengalami impetigo.

7 Penyakit pada kulit 3. Campak (Rubella) Merupakan penyakit akut menular yang disebabkan oleh virus. Biasanya menyerang anak-anak. Gejala awal campak adalah demam, pilek, bersin, badan terasa lesu, sakit kepala, nafsu makan menurun drastis dan radang mata. Setelah beberapa hari dari gejala tersebut timbul ruang merah yang gatal, bertambah besar, tersebar ke beberapa bagian tubuh.

8 Penyakit pada kulit 4. Kurap. Kurap terjadi karena jamur, biasanya yang menjadi gejalanya adalah kulit menjadi tebal dan pada kulit timbul lingkaran-lingkaran yang semakin jelas, bersisik, lembab dan berair dan terasa gatal. Kemudian pada lingkaran-lingkaran akan timbul bercak-bercak putih. Kurap timbul karena kurang menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang biasanya terserang kurap yaitu tengkuk, leher, dan kulit kepala.Kurap dapat dicegah dengan cara mencuci tangan yang sempurna, menjaga kebersihan tubuh, dan mengindari kontak dengan penderita. Kurap dapat diobati dengan anti jamur yang mengandung mikonazol dan kloritomazol dengan benar yang dapat menghilangkan infeksi.

9


Download ppt "ALAT INDRA KULIT. KELOMPOK 5 : B INTANG A (07) LILIK FAIQOTUL H (17) NUGROHO TRI S (20) SITI NUR AINI (27)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google