Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BARTONELOSIS Disusun Oleh: Novi Susanti Nursabilla Rahmahwati Sari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BARTONELOSIS Disusun Oleh: Novi Susanti Nursabilla Rahmahwati Sari."— Transcript presentasi:

1 BARTONELOSIS Disusun Oleh: Novi Susanti Nursabilla Rahmahwati Sari

2 PENGERTIAN Bartonelosis merupakan penyakit pada kucing yang bersifat zoonosis yang artinya dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Bartonelosis sering disebut penyakit cakaran kucing ( Cat Scratch Disease )

3 AGEN PENYEBAB PENYAKIT Penyakit cakaran kucing disebabkan oleh bakteri Bartonella Henselae menyebar kontak dengan kucing yang terinfeksi melalui gigitan atau cakaran, atau melalui paparan air liur semua jenis kucing. Bakteri ini dibawa oleh kutu kucing.

4 HEWAN YANG RENTAN Hewan yang rentan terhadap penyakit Bartonelosis adalah semua jenis kucing tetapi yang lebih rentan untuk terpaparnya bakteri Bartonella Henselae adalah anak kucing yang dengan mudah menyebabkan sakit.

5 CARA PENULARAN

6 GEJALA GEJALA-GEJALA BARTONELOSIS Pada hewan : Hewan yang terinfeksi tidak ada gejala klinis secara spesifik tetapi dapat dibuktikan secara eksperimental, yaitu setelah terjadi penularan maka kucing akan mengalami demam selama 2 -3 hari dan muncul gangguan syaraf dalam jangka pendek.

7 Pada Manusia : Masa inkubasi penyakit Bartonelosis pada manusia bervariasi antara hari, sejak terjadinya penularan baik berupa cakaran, gigitan, atau pun jilatan kucing. -Gejala penyakit diawali dengan adanya lepuhan kemerah-merahan pada tempat infeksi -Beberapa hari setelah itu akan muncul pembengkakan pada kelenjar limfe (getah bening) -Ditandai dengan adanya rasa nyeri pada infeksi -Penderita merasa tidak enak badan, nafsu makan berkurang, disertai demam dan sakit kepala -Pada beberapa kejadian timbul nanah pada penderita

8 Pengobatan Pengobatan yang dapat diberikan pada penderita Bartonellosis : 1.Pemberian Antibiotik seperti, spirofloksasin, doksiskllin, eritromisisn, gentamisin dan asitromisin. 2.Diberikan terapi pemanasan 3.Untuk mengurangi rasa sakit biasanya dilakukan pengeluaran isi dari kelenjar getah bening yang membengkak dengan bantuan sebuah jarum 4.Bila tidak kunjung sembuh lakukan perawatan intensif di rumah sakit

9 PENCEGAHAN 1.Membiasakan diri selalu mencuci tangan setiap kali memegang kucing 2.Hati – hati ketika membelai kucing jangan sampai kucing merasa terganggu sehingga kucing dapat mencakar atau menggigit 3.Mandikan kucing dengan teratur untuk mencegah kutu 4.Jika ada kucing yang berkelahi sebaiknya tidak usah dilerai tangan dengan langsung untuk mencegah terkena cakaran atau gigitan kucing 5.Sedapatnya hindari kontak langsung dengan kucing untuk mencegah terjadinya penyakit Bartonelosis.

10


Download ppt "BARTONELOSIS Disusun Oleh: Novi Susanti Nursabilla Rahmahwati Sari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google