Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENELITIAN KUANTITATIF MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA JUNI-2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENELITIAN KUANTITATIF MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA JUNI-2012."— Transcript presentasi:

1 PENELITIAN KUANTITATIF MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA JUNI-2012

2 Metodologi penelitian adalah suatu cabang ilmu yang membahas tentang cara atau metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian. Penelitian adalah upaya mencari kebenaran akan sesuatu. Upaya dalam penelitian berupa kegiatan meneliti. Pengertian mencari tidak lain adalah mencari jawaban, yang dapat berarti menemukan atau menguji.

3 PENELITIAN ILMIAH Penelitian ilmiah adalah penelitian yang menggunakan metode ilmiah. Kebenaran dalam penelitian ilmiah adalah kebenaran ilmiah; - kebenaran koherensi yang menganut logika deduktif, sifatnya rasional - kebenaran korespondensi yang menganut logika induktif, sifatnya faktual (empirik).

4 METODE ILMIAH Metode ilmiah adalah metode menggunakan kebenaran ilmiah Disebut ilmiah jika; - bersistem - bermetode - berobyektifitas - berlaku umum (universal).

5 Langkah-langkah mengadakan penelitian 1.Memilih masalah 2.Studi pendahuluan 3.Merumuskan masalah 4.Merumuskan kerangka dasar 5.Merumuskan hipotesis 6.Memilih pendekatan 7.Menentukan variabel 8.Menentukan sumber data 9.Menyusun instrumen 10.Pengumpulan data 11.Analisis data 12.Menarik kesimpulan 13.Menulis laporan.

6 Sesuatu yang menjadi sasaran penelitian biasanya disebut masalah penelitian, yang akan selanjutnya diangkat menjadi judul penelitian, dan menggambarkan kaitan antar dua variabel atau lebih. Tidak semua masalah layak diangkat menjadi masalah penelitian.

7 Besaran (quantity) adalah sesuatu yang mempunyai besar (magnitude) atau ukuran. Ada dua jenis besaran; 1. tetapan atau konstanta yaitu besaran yang besarnya tetap, tertentu 2. perubah atau variabel yaitu besaran yang besarnya berubah-ubah, bervariasi, membentuk sekumpulan data atau informasi.

8 Dua variabel atau lebih hanya dapat : - dibandingkan atau dibedakan, apabila teoritik memang layak dibandingkan - dihubungkan, apabila teoritik memang layak dihubungkan.

9 Dilihat dari konsepnya ada 2: 1. variabel fakta yaitu variabel yang dalam menjaring datanya (instrumennya) tidak memerlukan teori 2. variabel konstruk (konsep) yaitu variabel yang dalam menjaring datanya instrumennya) memerlukan teori dan konsep yang ijabarkan kedalam indikator-indikator untuk menyusun butir-butir pertanyaan

10 Dilihat dari hubungan fungsionalnya ada 2: 1.variabel bebas (indipendent variabel/IV) yaitu variabel yang mempengaruhi variabel lain 2. variabel terikat (dependent variabel/DV) yaitu variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain.

11 Data (informasi) yang merupakan variasi dari variabel dibedakan atas: 1.Data kualitatif yaitu data yang dinyatakan dengan atribut 2. Data kuantitatif yaitu data yang dinyatakan dengan bilangan.

12 Data kuantitatif dibedakan lagi menjadi; a. data kontinum/interval/rasio yaitu data yang disajikan dengan bilangan rasional (bulat dan pecah) b. data deskrit yaitu data yang dapat dinyatakan dengan bilangan bulat. Dibagi lagi menjadi; 1) data nominal/datafrekuensi, terdiri dari - data dikotomi; murni dan buatan - data multikotomi 2) data ordinal/peringkat/ranking.

13 Ada 2 macam penelitian : 1. Penelitian kuantitatif; yang mengacu pada context of justification, pada dasarnya menguji teori yangberkaitan dengan masalah penelitian melalui kerangka berpikir yang dirumuskan dalam hipotesis penelitian. Hasil penelitian kuantitatif dapat digeneralisasikan.

14 2.Penelitian kualitatif/naturalistik; Yang mengacu pada context of discovery, pada dasarnya mengharapkan penemuan sesuatu yang nantinya dapat diangkat menjadi hipotesis bagi penelitian selanjutnya. Hasil penelitian kualitatif tidak dapat digeneralisasikan.

15 Penelitian kuantitatif antara lain; a. survei; yang dapat berupa - penelitian korelasional - penelitian evaluatif b. eksperimen; yang dapat berupa - uji perbedaan.

16 Penelitian kualitatif antara lain; a. penelitian kasus; seperti penelitian kelas (classroom research) yang sifatnya terbatas b. kaji tindak (action research)

17 JUDUL PENELITIAN I. Pendahuan A. Latar belakang B. Identifikasi masalah C. Pembatasan masalah D. Perumusan masalah E. Tujuan umum penelitian F. Manfaat penelitian

18 II. Landasan teori, kerangka berpikir & Pengajuan hipotesis A. Deskripsi teori B. Penelitian yang relevan C. Kerangka berpikir D. Hipotesis penelitian III. Metode Penelitian A. Tujuan khusus penelitian B. Waktu & tempat penelitian C. Variabel penelitian D. Metode penelitian E. Teknik pengambilan sampel F. Teknik pengumpulan data G. Teknik pengolahan data

19 IV. Hasil Penelitian & Pembahasan A. Deskripsi data hasil penelitian B. Pengujian persyaratan pengolahan data C. Pengujian hipotesis D. Interpretasi & pembahasan V. Kesimpulan, Implikasi & Saran A. Kesimpulan B. Implikasi C. Saran Daftar pustaka lampiran

20 Judul penelitian; menggambarkan interaksi antar dua variabel atau lebih, baik membedakan (pengaruh) atau menghubungkan (keterkaitan) Rumusan masalah; - rumusan penelitian biasanya dalam bentuk kalimat bertanya -menanyakan ada tidaknya perbedaan atau hubungan antara dua variabel atau lebih - belum mengarah/belum mengacu teori - sebaiknya sama banyak dengan rumusan hipotesis penelitian

21  Dari teori-teori yang ada untuk tiap variabel  Dirumuskan sintesis yang merupakan konsep/konstruk dari variabel tersebut.  Dari sini disusun kerangka berpikir & hipotesis penelitian.  Jika variabel penelitian berupa variabel konstruk, maka untuk menjaring data variabel pada penelitian kuantitatif perlu jelas konsep yang melandasinya. Dari konsep itulah dirumuskan indikator guna menyusun butir-butir pertanyaan dalam instrumen untuk menjaring data yang dimaksud. Oleh karena itu teori harus kuat.

22 Merupakan hasil pemikiran peneliti berdasarkan teori/konsep yang ada tentang variabel yang diteliti dan dirumuskan dari masalah penelitian. Kerangka berpikir ini; - dirumuskan dalam bentuk kalimat pernyataan - sekurang-kurangnya terdiri dari 3 paragraf - biasanya dimulai dengan kata diduga - tidak memuat teori lagi - mengarah pada rumusan masalah - sebaiknya sama banyak dengan rumusan hipotesis penelitian

23 Hipotesis merupakan jawaban sementara dari masalah penelitian Ada dua bentuk hipotesis yaitu 1. hipotesis penelitian; dirumuskan secara naratif berdasarkan kerangka berpikir penelitian & landasan teori yang telah dipilih 2. hipotesis statistik; dirumuskan secara matematis dalam bentuk dua kalimat matematika

24  Dirumuskan dalam bentuk kalimat pernyataan  Tanpa kata diduga  Sudah mengarah (bagaimana bentuk perbedaan atau hubungan yang dipermasalahkan)  Banyaknya sesuai dengan kerangka berpikir dan rumusan masalah

25 Hipotesis statistik a. H0: hipotesis nol (null hypothesis); hypothesis of no difference (tanda=) H1: hipotesis alternatif; lawan H0 (tanda≠, > atau <)

26 Hipotesis statistik b. Untuk uji perbedaan 1) frekuensi; H0 : ƒ0 = ƒe H1 : ƒ0 ≠ 2) mean; H0 : µ1 = µ2 H1 : µ1 > µ2 3) varians; H0 : ơ 21 = ơ 22 H1 : ơ 21 ≠ ơ 22

27 Hipotesis statistik c. Untuk uji hubungan 1) sederhana H0 : ρxy = 0 H1 : ρxy ≠ 0 2) multipel H0 : ρy.12 = 0 H1 : ρy.12 > 0 3) kasual H0 : ρij < 0.05 H1 : ρij > 0.05


Download ppt "PENELITIAN KUANTITATIF MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA JUNI-2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google