Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOADING 3 2 1. Porifera Coelenterata Platyhelminthes Nemathelminthes Annelida Mollusca Arthropoda Echinodermata Chordata Kingdom Animalia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOADING 3 2 1. Porifera Coelenterata Platyhelminthes Nemathelminthes Annelida Mollusca Arthropoda Echinodermata Chordata Kingdom Animalia."— Transcript presentasi:

1 LOADING 3 2 1

2 Porifera Coelenterata Platyhelminthes Nemathelminthes Annelida Mollusca Arthropoda Echinodermata Chordata Kingdom Animalia

3 Nemathelminthes Platyhelminthes Peranan Nemathelminthes Klasifikasi Nemathelminthes Ciri-ciri Nemathelminthes Peranan Platyhelminthes Klasifikasi Platyhelminthes Ciri-ciri Platyhelminthes Apakah yang akan kami jelaskan???

4 Platyhelminthes Platyhelminthes adalah filum dalam Kerajaan Animalia (hewan). Filum ini mencakup semua cacing pipih. Dan merupakan cacing primitif. Filum tersebut beranggotakan kurang lebih 9000 spesies. Platy => Pipih Helminthes => cacing Platyhelminthes => cacing pipih

5 1. Merupakan hewan triploblastik, aceolomata, 2. Tubuhnya pipih dorsoventral, tidak beruas, dan simetri bilateral. 3. Sistem pencernaan belum sempurna (hanya memiliki mulut tanpa anus). 6. Reproduksi secara seksual maupun aseksual. Seksual dengan kawin silang sedangkan aseksual dgn fragmentasi. 4. Tidak memiliki sistem peredaran darah, respirasi dan ekskresi. 5. Bernafas dengan seluruh pernukaan tubuh dan melalui ruang gastrovaskuler 7. Hermaprodit yaitu dapat menghasilkan sel telur dan sperma. 8. Ada yang hidup secara bebas maupun parasit.

6 Kelas Turbellaria Kelas Cestoda Kelas Trematoda

7 a. Kelas Turbellaria Tubellaria atau juga disebut Cacing Berambut Getar adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Platyhelminthes Ciri – ciri : 1.Tubuh bentuk tongkat, epidermis bersilia, memiliki dua mata dan tanpa alat hisap. 2.Hidup di air tawar yang jernih, air laut atau tempat lembab dan jarang sebagai parasit. 3.Mampu beregenerasi dengan cara memotong tubuh, daya regenerasinya tinggi Ciri – ciri : 1.Tubuh bentuk tongkat, epidermis bersilia, memiliki dua mata dan tanpa alat hisap. 2.Hidup di air tawar yang jernih, air laut atau tempat lembab dan jarang sebagai parasit. 3.Mampu beregenerasi dengan cara memotong tubuh, daya regenerasinya tinggi Contoh : Planaria sp.

8 b. Kelas Trematoda Trematoda atau disebut juga Cacing Isap adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Platyhelminthes. Jenis cacing Trematoda hidup sebagai parasit pada hewan dan manusia Ciri – ciri : 1.Tubuh diliputi kutikula dan tak bersilia, 2.mulut dengan alat penghisap, Simetris bilateral, hemafrodit 3.Parasit pada mahluk hidup lain Ciri – ciri : 1.Tubuh diliputi kutikula dan tak bersilia, 2.mulut dengan alat penghisap, Simetris bilateral, hemafrodit 3.Parasit pada mahluk hidup lain Contoh : Schistosoma sp. ( Cacing darah) Skistosomiasis usus Faciola Hepatica Parasit pada hati Chlonorchis sinensis (cacing hati manusia) Siklus hidup

9 Contoh : Taena solium (parasit manusia) Taena saginata (parasit manusia) Dipylidium caninum (parasit anjing)

10 Peranan Platyhelminthes dalam kehidupan: a.Planaria menjadi salah satu makanan bagi organisme lain. b.Platyhelminthes umumnya parasit pada manusia dan menyebabkan penyakit pada manusia. Peranan Platyhelminthes dalam kehidupan: a.Planaria menjadi salah satu makanan bagi organisme lain. b.Platyhelminthes umumnya parasit pada manusia dan menyebabkan penyakit pada manusia.

11 Nemathelminthes Nemathelminthes atau Aschelminthes adalah filum yang dipakai pada Kerajaan Hewan (Animalia). Anggota-anggotanya mencakup berbagai cacing yang dikenal sebagai cacing gilig: hewan dengan tubuh berbentuk silinder memanjang, bahkan sangat panjang sehingga muncullah nama 'Nemathelminthes', yang berarti "cacing berkas". Tubuhnya tidak beruas- ruas. Nemathos => benang Helminthes => cacing Nemathelminthes => cacing gilig

12 1. Merupakan hewan triploblastik pseudoselomata tubuh gilig, panjang tidak beruas ruas. 2. Tubuh dilapisi kutikula. Pada umumnya ukurannya mikroskopik. 3. Sistem pencernaanya sudah sempurna, sudah memiliki mulut dan anus. 4. Tidak mempunyai sistem sirkulasi dan sistem pernapasan. 6. Umumnya hidup bebas di air dan di tanah. Sebagian lagi ada yang hidup parasit. 5. Berkembangbiak secara seksual. Dimana alat kelamin jantan dan betina terpisah.

13

14 Ciri-ciri Nematoda: a)Tubuh silindris, seperti benang (nema=benang dan toda bentuk) Ciri-ciri Nematoda: a)Tubuh silindris, seperti benang (nema=benang dan toda bentuk) Ascaris lumbricoides (cacing gelang) Ascaris lumbricoides (cacing gelang) Ancylostoma duodenale (cacing tambang) Ancylostoma duodenale (cacing tambang) Oxyuris vermicularis (cacing kremi) Wucheria bancrofti (penyebab kaki gajah)

15 Ciri-ciri Nematoda: a)Tubuh bulat kecil seperti rambut, disebut juga cacing rambut. Ciri-ciri Nematoda: a)Tubuh bulat kecil seperti rambut, disebut juga cacing rambut. Nectonema sp Gordiust sp

16

17 Sesi Tanya Jawab?


Download ppt "LOADING 3 2 1. Porifera Coelenterata Platyhelminthes Nemathelminthes Annelida Mollusca Arthropoda Echinodermata Chordata Kingdom Animalia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google