Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILUM ANNELIDA Annelida adalah nama umum untuk sekitar 9000 spesies dari binatang tidak bertulang belakang seperti cacing dengan segmen tubuh yang berkembang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILUM ANNELIDA Annelida adalah nama umum untuk sekitar 9000 spesies dari binatang tidak bertulang belakang seperti cacing dengan segmen tubuh yang berkembang."— Transcript presentasi:

1 FILUM ANNELIDA Annelida adalah nama umum untuk sekitar 9000 spesies dari binatang tidak bertulang belakang seperti cacing dengan segmen tubuh yang berkembang baik. Tiga kelompok utama dalam filum Annelida adalah (1) Polychaeta atau bristle worms (sekitar 5300 spesies), sebagian besar hidup di laut dan sering kali memiliki luminescent; (3) Hirudinea atau leeches (sekitar 300 spesies) yang kebanyakan hidup di air tawar tapi ada juga yang hidup di laut atau teresterial. (2) Oligochaeta (sekitar 3100 spesies), kebanyakan hidup di air tawar atau dalam tanah, contohnya cacing tanah;

2 Walaupun annelida berbeda-beda dalam bentuk, cacing bristle, yang biasanya dianggap kelompok kuno, dapat menerangkan struktur annelida. Tubuhnya panjang berbentuk bulat secara melintang, dengan mulut (kadang terdapat taring) pada salah satu ujung dan anus pada ujung yang lain dan terlihat simetris bilateral.

3 Tubuh terbentuk dari beberapa bagian yang sama, atau segmen, yang dipisahkan secara eksternal oleh kerut dan secara internal oleh septa (sekat). Segmen biasanya memiliki parapodia dengan setae yang digunakan dalam pergerakan. Coelom (rongga badan berisi cairan) menyediakan semacam struktur pendukung, sedemikian sehingga badan menjadi fleksibel.

4 Pada kepala terdapat mata, alat peraba, atau tentakel; sedikit bristle worms yang memiliki mata yang berkembang baik. Bristle worms tumbuh dengan menambah segmen pada bagian ujung posterior.

5

6 Sistem pencernaan lengkap, memanjang dari mulut di anterior, usus hingga anus di posterior. Usus berbentuk sebuah tabung lurus. Pencernaan bersifat ekstraseluler.

7 Sistem peredaran darah bersifat tertutup.

8 Sistem saraf terdiri atas sepasang ganglion atau otak pada prostomium, saraf penghubung melingkari pharynk, sebuah atau sepasang benang saraf ventral sepanjang tubuh yang dilengkapi sebuah ganglion dan sepasang saraf lateral pada tiap ruas.


Download ppt "FILUM ANNELIDA Annelida adalah nama umum untuk sekitar 9000 spesies dari binatang tidak bertulang belakang seperti cacing dengan segmen tubuh yang berkembang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google