Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Implementasi Otomasi Perpustakaan dengan Perangkat Lunak SLiMS Tarto 11 Juni 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Implementasi Otomasi Perpustakaan dengan Perangkat Lunak SLiMS Tarto 11 Juni 2011."— Transcript presentasi:

1 Implementasi Otomasi Perpustakaan dengan Perangkat Lunak SLiMS Tarto 11 Juni 2011

2 Pendahuluan  Semua bidang kehidupan tidak dapat melepaskan diri dari eksistensi teknologi informasi, termasuk perpustakaan  Salah satu bentuk aplikasi teknologi informasi di perpustakaan  adalah otomasi perpustakaan.  Otomasi perpustakaan merupakan pemanfaatan perangkat teknologi informasi (meliputi perangkat lunak dan perangkat keras) dalam rangka melaksanakan tugas pelayanan dan pengelolaan perpustakaan

3 Fenomena FOSS FOSS (Free Open Source Software): Perangkat lunak open source yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis. FOSS dapat dimanfaatkan untuk membangun otomasi perpustakaan, perpustakaan digital, pengembangan web, membangun forum diskusi online dan membangun ensiklopedi online Contoh FOSS: OpenBiblio, Koha, Avanti, PhpMyLibrary, Otomigen-X, igloo, Senayan

4 OPENSOURCE DAN KOMERSIAL A. Software Opensource 1. Senayan Senayan adalah otomasi perpustakaan (Library automation) yang bersifat opensource (OSS) dan berbasis web. Aplikasi ini di kembangkan diatas platform GNU/Linux. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mudah di instal dan multiplatform yang artinya aplikasi ini dapat berjalan hampir di semua sistem operasi. Awalnya aplikasi ini diprakarsai oleh Pepustakaan Depdiknas dan sampai sekarang terus mengalami perkembangan. Senayan bisa di download di: (http://senayan.diknas.go.id/web/?q=node/)

5 . 2. Ganesha Digital Library (GDL) GDL adalah software perpustakaan berbasis web yang bersifat opensource dan free software bersyarat. Software ini dikembangkan sejak tahun 2000 oleh Knowledge Management Research Group (KMRS) ITB dan telah banyak digunakan pada IDLN (Indonesia Digital Library Network). Aplikasi GDL bisa didownload di: (http://sourceforge.net/projects/gnudatalanguage/files /gdl/0.9/gdl-0.9.tar.gz/download).

6 3. Athenaeum light Athenaeum light adalah software perpustakaan yang bersifat opensource dan merupakan aplikasi full integrated. Kata ”Athenaeum” sendiri diambil dari Bahasa Yunani yang artinya perpustakaan atau reading room. Software ini dikembangkan oleh Sumware Consulting, New Zealand dan komunitas software ini di Indonesia bernama Komunitas Athenaeum Light Indonesia (KALI). Kemampuan yang dimiliki Athenaeum adalah software ini mampu mengelola data hingga 7 Terra byte. Software ini dapat didownload di : (http://www.4shared.com/get/6y0juUGK/Athe85.html;jsessionid=BCB7B 8787FD9A5C0A609FB704B4ACF9C.dc214).

7 B. Software Komersial 1. NCI BookMan NCI BookMan adalah otomasi perpustakaan yang bersifat komersial yang dilengkapi dengan web dan fasilitas administrasi web. Kelebihan aplikasi ini adalah teknologi barcode dan fasilitas optional untuk mencari koleksi perpustakaan. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain under windows, Teknologi Barcode & RFID, Web OPAC, Fasilitas pencetakan lengkap, Laporan dan Statistik, Bahasa Indonesia, Purna jual terjamin dan yang terakhir jaminan produk.

8 2. IBRA advance IBRA advance adalah software perpustakaan yang bersifat komersial yang dapat digunakan untuk mengelola hampir semua jenis koleksi bahan pustaka secara terintegrasi. Software ini dikembangkan oleh Tim TLSS. Design system IBRA antara lain WEB Base programing, Sistem client-server, dapat berjalan di semua sistem operasi, Sistem Barcode, dan Tampilan yang user-friendly.

9 3. Athenaeum Pro Athenaeum Pro adalah software perpustakaan yang dirancang untuk sekolah dan organisasi. Kelebihan software ini adalah manajemen katalog, utilitas analisis, kontrol sirkulasi yang kuat dengan mengesampingkan opsional untuk administrasi, serta analisis peminjaman dan item katalog. Software ini dibuat dengan FileMaker Pro 8,5 dan dapat berjalan diatas platform Macintosh OS X , Windows 2000 dan Windows XP. Software ini dapat di download di: (http://sumware.net/ath/downloadpro/)

10 Beberapa Nama Software Perpustakaan Opensource 1. SLiMS 2. Athenaium 3. GDL 4. Winisis 5. Koha 6. dll Komersil 1. NCI BookMan 2. IBRA advance 3. Athenaeum Pro 4. dll

11 Profil Senayan/SLiMS Apa itu Senayan? Perangkat lunak otomasi perpustakaan berbasis web yang termasuk dalam kategori Free Open Source Software sehingga dapat digunakan dan didistribusikan ulang secara gratis oleh perpustakaan serta dapat dikembangkan lebih lanjut perpustakaan Perpustakaan diknas ->menyewa->membuat dengan dana negara->dikembalikan lagi ke rakyat Tidak Hanya Otomasi, Saat ini perangkat lunak ini dapat digunakan untuk manajemen koleksi digital dan multimedia

12 Fitur SLiMS 1 OPAC 2 Pengolahan koleksi (Bibliogra) 3 Pelayanan Sirkulasi (Circulation) 4 Manajemen anggota (Membership) 5 Setting data master (Masterle) 6 Setting system (sistem) 7 Laporan (report) 8 Manajemen terbitan berseri 9 Manajemen koleksi digital 10 Katalog Induk 11 Absen Pengunjung (visitor)

13 Fitur Khas 1 Tukar menukar data antar SLiMS 2 Mengambil data bibliogra dari Library of Congres dan penyedia z StockOpname yang eksibel pengaturannya 4 Pengaturan Peminjaman yang Fleksibel 5 Katalog Induk (http://jogjalib.net)

14 Bocoran Fitur Matoa 1 Notikasi Terlambat via 2 Pemesanan koleksi online 3 Melihat, mengunduh daftar koleksi yang pernah dan sedang kita pinjam 4 Mengetahui koleksi yang sedang dipinjam dan kapan kembali

15 Plus dan Minus Senayan 1. Diperoleh dan digunakan secara gratis, 2 Dianjurkan untuk dikembangkan disebarkan, dan dapatkan keuntungan 3 Memungkinkan Pengembangan lebih lanjut 4 Memenuhi kebutuhan otomasi perpustakaan (fasilitas lengkap) 5 Dikembangkan oleh sumber daya lokal 6 Memiliki milist pengguna 7 Operasional Mudah 8 Memiliki prospek pengembangan 9 Dukungan Komintas pengguna (SLIMS JOGJA DL

16 Instalasi 1 Kebutuhan Hardware 1 Komputer server 2 Komputer client 3 Barcode reader (jika ada) 4 Jaringan Komputer 2 Kebutuhan Software 1 Web Server (Apache) 2 PHP (bahasa pemrograman) 3 MySQL (database) 4 Web browser (Mozilla Firefox)

17 Instal Cara 1, dengan Psenayan 1 Copy folder Psenayan ke root drive atau jika masih di compress, ekstrak psenayan3-13.zip ke root drive 2 Buka folder psenayan, double klik apache_start.bat dan mysql_start.bat 3 buka browser, tuliskan 2 Cara 2, dengan web, database server. Misal xampp.

18 Backup SLiMS 1 Backup menggunakan SLiMS 2 Backup folder


Download ppt "Implementasi Otomasi Perpustakaan dengan Perangkat Lunak SLiMS Tarto 11 Juni 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google