Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRINITAS Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono. Yohanes 1: 1 - 18.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRINITAS Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono. Yohanes 1: 1 - 18."— Transcript presentasi:

1 TRINITAS Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono

2 Yohanes 1:

3 ARTI “TRINITAS” Trinitas: ketiga hal yang terjadi secara serentak  ketiga hal menjadi satu bagian. Diperkenalkan pertama kali oleh: Tertullianus sekitar tahun 200 untuk menunjuk pada kedirian Allah sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus.

4 SINONIM ISTILAH “TRINITAS” 1.Trimurti (Sansekerta) 2.Triad (Inggris) 3.Dreifaltigkeit

5 Gereja perdana berjuang untuk menolak dan melawan ajaran politheisme yang dominan pada waktu itu. Gereja menegaskan tentang keesaan Allah. Pada saat yang sama gereja menyatakan bahwa Kristus bukanlah sekedar manusia biasa dan lebih dari pada sekedar malaikat.

6 Ajaran Trinitas ditetapkan sebagai ajaran gereja dalam konsili di Nicea tahun 325 dan 381. Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus  “homoousious” (setara dan sama) >< “homoios” (esensi ilahi yang mirip atau serupa).

7 Pengakuan Iman Nicea dan Athanasius  bertujuan untuk menyatukan pandangan gereja- gereja tentang kesetaraan Allah sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus. Arius: mempersoalkan keilahian Yesus dalam relasiNya dengan Allah.

8 Origenes: hanya ada satu Allah saja, yang esa dan menjadi sebab segala sesuatu. Karena itu Yesus sebagai Logos memiliki pangkat yang lebih rendah  “subordinasianisme”

9 Origenes  Yesus sebagai Logos telah ada sejak kekal. Logos tidak memiliki awal yang temporal. Logos  non est quandoFilius non Filius fuit” (Tidak ada saat di mana Anak itu tidak ada).

10 AJARAN ARIUS Arius  Anak tidak dilahirkan sejak kekal. Dia memiliki awal, walau telah ada sebelum alam semesta diciptakan. Logos  “there was a time when the Son was not” (ada saat di mana Anak tidak ada).

11 AJARAN SABELLIUS Sabellius mempertahankan “keesaan Allah” secara nominal. Allah memiliki satu “hypostasis” tetapi memiliki 3 nama. Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah penyataan Allah secara modalitas.

12 Problem Trinitas: SIAPAKAH YESUS KRISTUS?

13 Seluruh Alkitab Perjanjian Baru menegaskan Yesus adalah Anak Allah.

14 Allah menjanjikan Roh KudusNya Kristus lahir dari Roh Kudus melalui perawan Maria.

15 Apa artinya gelar Kristus sebagai Anak Allah? Sebutan Anak Allah  METAFOR

16 Injil-Injil dan surat-surat para rasul menyaksikan bahwa Kristus pada hakikatnya adalah FIRMAN ALLAH yang menjadi manusia (Yoh. 1:1, 14)

17

18

19 1.Bila Kristus sebagai Firman Allah diciptakan  Dia lebih rendah dari pada Allah Bapa. 2. Bila Kristus sebagai Firman Allah tidak diciptakan  Dia sehakikat dengan Allah Bapa

20 Kristus telah ada sejak kekal dengan Allah (Yoh. 1:1) Sebagai Firman Allah, Kristus yang menciptakan alam semesta (Ibr. 1:3). Kuasa mukjizat dan kebangkitanNya.

21 Kristus  Firman Allah sehakikat dengan Allah Bapa dan Roh Kudus

22 Tertulianus: Tertulianus: “Una substantia, tres personae” (satu Zat, Tiga Pribadi) (satu Zat, Tiga Pribadi)

23 (Yoh. 10:36-38)

24 Tuhan Yesus berkata: “Masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah? Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan- pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku, tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa" (Yoh. 10:36-38)

25 Trinitas: “ Allah satu dalam karyaNya, tetapi menyatakan diri dalam tiga pribadi, yaitu sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus”.

26


Download ppt "TRINITAS Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono. Yohanes 1: 1 - 18."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google