Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Created by : Rini Aprilia, M.Sc MENGUKUR EKSPOSURE TERHADAP FLUKTUASI NILAI TUKAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Created by : Rini Aprilia, M.Sc MENGUKUR EKSPOSURE TERHADAP FLUKTUASI NILAI TUKAR."— Transcript presentasi:

1 Created by : Rini Aprilia, M.Sc MENGUKUR EKSPOSURE TERHADAP FLUKTUASI NILAI TUKAR

2 TUJUAN UTAMA BAB INI ADALAH: Menjelaskan relevansi dari exposure sebuah MNC terhadap risiko nilai tukar, Menjelaskan bagaimana exposure transaksi diukur, Menjelaskan bagaimana exposure ekonomi diukur, dan Menjelaskan bagaimana exposure translasi diukur

3 APAKAH RISIKO NILAI TUKAR RELEVAN? Sejumlah Kritikus mungkin menyatakan bahwa exsposure sebuah perusahaan terhadap risiko nilai tukar tidak relevan dan dengan demikian perusahaan-perusahaan tidak perlu mengukur dan mengelola exposure mereka. Salah satunya adalah: - menurut teori paritas daya beli (purchasing power parity-PPP), pergerakan nilai tukar, akan diimbangi oleh pergerakan harga. - alasan kedua adalah investor dalam perusahaan multinasional memiliki pilihan untuk meng-hedge risiko nilai tukar yang mereka hadapi.

4 EXSPOSURE TERHADAP FLUKTUASI NILAI TUKAR: Eksposure transaksi Exposure ekonomi Exposure translasi

5 EXPOSURE TRANSAKSI

6 EKSPOSURE TRANSAKSI Sejauh mana nilai dari transaksi-transaksi kas masa depan dipengaruhi oleh fluktuasi nilai tukar. Karena tingginya fluktuasi nilai tukar, risiko transaksi sangat penting bagi perusahaan multinasional. Dua langkah yang dilakukan dalam mengukur exposure transaksi adalah: 1. memprediksi jumlah netto dari arus kas masuk dan keluar dalam masing-masing valuta 2. menentukan risiko dari exposure secara keseluruhan terhadap valuta yang dimaksud.

7 EXPOSURE TRANSAKSI DARI ARUS KAS NETTO Arus kas-arus kas masuk masa depan dalam suatu valuta setelah dikurangi dengan arus kas-arus kas keluar masa depan dalam nilai tukar.

8

9

10

11

12

13

14

15

16


Download ppt "Created by : Rini Aprilia, M.Sc MENGUKUR EKSPOSURE TERHADAP FLUKTUASI NILAI TUKAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google