Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Data (Variable dan List). Outline Variabel Pengenalan Variabel Scripts Pada Variabel Penggunaan Operator Tanpa Variable Penggunaan Operator Pada Variable.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Data (Variable dan List). Outline Variabel Pengenalan Variabel Scripts Pada Variabel Penggunaan Operator Tanpa Variable Penggunaan Operator Pada Variable."— Transcript presentasi:

1 Data (Variable dan List)

2 Outline Variabel Pengenalan Variabel Scripts Pada Variabel Penggunaan Operator Tanpa Variable Penggunaan Operator Pada Variable Implementasi Variabel Latihan Mandiri Lists Pengenalan Lists Scripts Pada Lists Perintah Add dan Delete Perintah Insert dan Replace Mengakses Nilai Lists Dynamic Lists Implementasi Lists Latihan Mandiri

3 Pengenalan Variable (1) Letak membuat Variable pada Scratch: Variabel adalah penamaan nilai pada memori komputer. Anda dapat menganggapnya sebagai sebuah kotak yang menyimpan data, termasuk angka dan teks, untuk program yang mengakses jika diperlukan.

4 Pengenalan Variable (2) Pembuatan variable memerlukan memori yang cukup untuk menyimpan nilai variabel dan tag memori yang dialokasikan dengan Nama variabel. Setelah membuat variabel, Anda dapat menggunakan namanya dalam program Anda untuk menyimpan suatu nilai.

5 Scripts Pada Variable (1)

6 Penggunaan Operator Tanpa Variabel Pada block script di samping menjelaskan, Anda dapat menggunakan atau mengevaluasi semua operator dengan satu perintah, dengan menjalankan dalam satu pernyataan, sehingga membuat sulit untuk dibaca.

7 Penggunaan Operator Dengan Variabel Poin A menggunakan variable Num dan Den untuk menyimpan hasil operator, dan mengoperasikan 2 variable tersebut di akhir di blok script. Poin B menggunakan variable a, b, c, d untuk menyimpan hasil operator, dan mengoperasikan 4 variable tersebut di akhir blok script. A A B B

8 Implementasi Variabel (1) Sprite kucing akan menjalankan blok script pick random dengan sebuah variable count, dan menanyakan kepada penguin nilai dari variable count tersebut. Sprite penguin akan menyebut isi dari nilai variable count yang dipilih oleh blok script pada sprite kucing.

9 Implementasi Variabel (2) Saat keyboard ditekan, Sprite kucing akan menanyakan untuk isian nilai number 1 dan nilai number 2 kepada pengguna, kemudian sprite kucing akan menyampaikan proses perkalian dari variable number 1 dan number 2 dari nilai yang diinput oleh pengguna.

10 Latihan Mandiri Variabel Saat keyboard ditekan, Sprite wanita akan menanyak 4 pertanyaan kepada Anda, pertanyaan yang dimaksud dapat dilihat pada Gambar di bawah (Q). Kemudian wanita akan menyatakan 2 pernyataan seperti Gambar di bawah (S). Q1 Q2 Q3 Q4 S1 S2

11 Scripts Pada List (1)

12 Scripts Pada List (2)

13 Pengenalan List (1) Letak membuat List pada Scratch: List seperti sebuah wadah di mana Anda dapat menyimpan dan mengakses beberapa nilai. Anda dapat menganggapnya sebagai lemari dengan banyak laci, dengan masing-masing laci menyimpan item tunggal. Ketika Anda membuat list, Anda dapat memanggil nama list tersebut seperti pada variabel.

14 Pengenalan List (2) Anda dapat mengakses setiap elemen list dengan menggunakan posisi penyimpanan dalam daftar. Gambar di samping menggambarkan daftar nama dayList yang menyimpan nama-nama dari tujuh hari dalam seminggu.

15 Pembuatan List (1) Klik Data kemudian pilih Make a List Scratch membuat list kosong dan menunjuk blok terkait.

16 Pembuatan List (2) Ketika List baru dibuat, Scratch membuat object baru berupa List pada Stage. Daftar awalnya kosong, jadi panjang dimulai pada 0.

17 Perintah Add dan Delete Perintah delete memberikan perintah menghapus item dari posisi tertentu, sedangkan perintah Add menempatkan item baru pada akhir List.

18 Perintah Insert dan Replace List Misalnya Anda ingin mengubah data informasi pada List telepon, Anda dapat menggunakan Perintah Replace. Misalnya Anda ingin menyimpan nama teman dan nomor telepon sesuai dengan abjad dalam daftar, Anda dapat menggunakan Perintah Insert untuk memasukan informasi tersebut pada List di posisi tertentu.

19 Mengakses Isi Nilai List Anda dapat mengakses setiap elemen dalam list yang digunakan pada elemen indeks. Sebagai contoh, pada Gambar di bawah menunjukkan menggunakan blok item untuk mengakses elemen dayList.

20 Blok Contains Pada List Anda dapat memeriksa apakah string tertentu ada di dalam list dengan menggunakan blok Contains. Pada Gambar d bawah menggunakan blok kondisi untuk mendapatkan kondisi benar atau salah berdasarkan isi dari blok contains yang diisi.

21 Dynamic Lists Ada dua cara untuk mengisi Lists dengan data yang dimasukkan oleh pengguna. Cara pertama dimulai dengan menanyakan berapa banyak entri yang ada, kemudian memulai perulangan untuk mengumpulkan masukan pengguna. Cara kedua cara membuat dinamic lists dengan mengisi list menggunakan inputan pengguna berulang kali hingga menandakan nilai khusus (atau dikenal sebagai sentinel) untuk menandai akhir daftar

22 Implementasi List (1) Mencari score tertinggi dari sebuah List

23 Implementasi List (2) Mencari rata-rata dari sebuah List

24 Latihan Mandiri Seorang wanita di area perpustakaan menanyakan kepada Anda, ingin mencari buku apa? (Gambar 1) Anda akan mengetik buku yang Anda cari, jika buku tersebut terdapat pada Lists, Maka Wanita tersebut menjawab posisi buku pad List. (Gambar 2) Jika tidak Wanita tersebut akan menjawab Bukunya lagi dipinjem. (Gambar 3) Hint: Gunakan add string input, 1 variable dan 1 List


Download ppt "Data (Variable dan List). Outline Variabel Pengenalan Variabel Scripts Pada Variabel Penggunaan Operator Tanpa Variable Penggunaan Operator Pada Variable."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google