Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 11 E-BUSINESS DAN E-COMMERCE. E-BUSINESS vs E-COMMERCE E-BUSINESS adalah proses bisnis yang dilaksanakan dengan memanfaatkan TI, terutama teknologi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 11 E-BUSINESS DAN E-COMMERCE. E-BUSINESS vs E-COMMERCE E-BUSINESS adalah proses bisnis yang dilaksanakan dengan memanfaatkan TI, terutama teknologi."— Transcript presentasi:

1 BAB 11 E-BUSINESS DAN E-COMMERCE

2 E-BUSINESS vs E-COMMERCE E-BUSINESS adalah proses bisnis yang dilaksanakan dengan memanfaatkan TI, terutama teknologi jaringan dan komunikasi, baik untuk proses internal maupun eksternal. E-COMMERCE adalah proses pelaksanaan jual beli dengan memanfaatkan teknologi informasi, jadi e-commerce merupakan bagian dari e- business.

3 PENGERTIAN ELECTRONIC COMMERCE Teknologi informasi (TI atau IT) telah berhasil dalam mengubah dan meningkatkan pola interaksi antara perusahaan- pemasok- pelanggan. Pada saat ini electronic commerce bukan lagi sebagai pilihan tetapi sudah menjadi persyaratan bahkan keharusan bagi dunia bisnis untuk meraih keunggulan bersaing dan meraih sukses.

4 EC VS PRAKTIK BISNIS EC mempengaruhi setiap tahap di dalam sistem rantai nilai (value chain) organisasi, pengaruh yang paling nyata adalah pada aktivitas penjualan dan pemasaran. Keunggulan bersaing perusahaan ditentukan oleh tingkat kemampuannya dalam memanfaatkan TI atau di dalam mengotomasikan berbagai aspek kegiatan bisnisnya.

5 Pengaruh E-Business atas Rantai Nilai Value Chain – Primary Activities 1.Inbound Logistics –Perolehan produk digital atau secara elektronik. –Penurunan problem pemenuhan persediaan. 2.Operations, proses produksi lebih cepat dan lebih akurat. 3.Outbound logistics –Distribusi produk-produk digital. –Tracking status distribusi secara berkelanjutan.

6 Pengaruh E-Business atas Rantai Nilai Value Chain – Primary Activities 4.Sales and Marketing –Meningkatkan pelayanan konsumen –Menurunkan biaya promosi –Meningkatkan efektifitas promosi 5.Post-Sale Support and Service –Menurunkan biaya –Pelayanan 24/7 (24 jam 7 hari kerja)

7 Pengaruh E-Business atas Rantai Nilai Value Chain – Support Activities 1.Purchasing, m emudahkan identifikasi pemasok dan pembandingan harga. 2.Human resources, pelayanan mandiri SDM (employee self-service) 3.Infrastructure: EFT, FEDI, dan pembayaran elektronik yang lain.

8 KATEGORI ELECTRONIC COMMERCE Business-to-customer (B to C) Business-to-business (B to B) Business-to-government (B to G) Business-to-education (B to E) Karakteristik B to C: Organisasi ke individual Nilai transaksi relatif kecil Hanya sekali transaksi atau tidak rutin. Relatif sederhana

9 KATEGORI ELECTRONIC COMMERCE Karakteristik B to B, B to G, B to E: Transaksi antar organisasi Nilai transaksi relatif besar Transaksi bersifat permanen atau rutin Fasilitas kredit dari penjual ke pembeli Transaksi lebih komplek

10 1.Tingkat kesesuaian dan dukungan e-business terhadap aktivitas operasional perusahaan serta strategi bisnis secara keseluruhan. 2.Tingkat kemampuan e-business dalam memenuhi tuntutan karakteristik transaksi elektronik, seperti: validity, integrity, dan privacy (VIP) FAKTOR SUKSES E-BUSINESS

11 FITUR ELECTRONIC COMMERCE Electronic Data Interchange (EDI). EDI adalah sistem pertukaran data secara elektronik untuk transaksi bisnis, untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi pemrosesan data. Finacial Electronic Data Interchange (FEDI). FEDI adalah integrasi antara EDI dan EFT (electronic fund transfer). EFT dijalankan melalui sistem perbankan yang disebut Automated Clearing House (ACH) Network. FVAN (financial value-added network). FVAN adalah jaringan yang dikelola oleh lembaga independen untuk menawarkan jasa koneksi antara EDI dan ACH.

12 FITUR ELECTRONIC COMMERCE ASP (Application Service Provider (ASP), adalah perusahaan yang memberikan jasa penyediaan program aplikasi yang dijalankan via internet. Manfaat jasa ASP: –Biayanya relatif murah. –Upgragrade ke versi terbaru secara otomatis. –Memerlukan lebih sedikit staf IT. –Mengurangi kebutuhan hardware. –Fleksibel. –Dukungan pengetahuan aspek-aspek teknis. –Jaminan keamanan dan kerahasiaan data.

13 JENIS JARINGAN Local Area Network (LAN), adalah jaringan komputer dalam satu lokasi, misalnya dalam satu bangunan. Wide Area Network (WAN), adalah jaringan komputer lintas area. Internet, adalah jaringan komunikasi untuk fasilitas umum. Jaringan untuk jalur internet disebut internet’s backbone. Perusahaan yang melayani jaringan internet disebut Internet Service Providers (ISPs). Intranet, adalah jaringan komputer internal yang terhubung dengan jaringan internet. Extranets, adalah jaringan yang menghubungkan intranet antar dua atau lebih perusahaan. Virtual private network (VPN), adalah jaringan antar intranet dengan memanfaatkan teknologi pengacakan data (encryption) dan teknologi pengujian keabsahan data (authentication).

14 Konfigurasi Jaringan 1.LAN Configurations –Star, Ring, Bus 2.WAN Configurations –Centralized, Decentralized, Distributed

15 KOMPONEN SISTEM KOMUNIKASI Perangkat pengirim data (sending device), misalnya komputer. Perangkat penerima data (receiving device), misalnya komputer. Perangkat interface komunikasi (communication interface device), misalnya: network interface card (NIC), modems, remote access devices, hubs, switches and routers, Saluran komunikasi (communications channels), misalnya: standard telephone lines, coaxiel cable, fiber optics, microwave systems, communication satellites, dan cellular radio and telephone. Software komunikasi (communications software), misalnya: access control, network management.

16 PROBLEM PENGENDALIAN DALAM EC –Validitas transaksi –Otoriasi transaksi –Pengamanan aset dan informasi dari akses ilegal. Alternatif Pemecahan Problem –Membangun firewall –Firewall adalah kombinasi hardware dan software untuk mengendalikan arus data yang masuk dan keluar dari jaringan sistem informasi perusahaan. –Secara berkelanjutan memutakhirkan sistem pengamanan data yang telah dibangunnya.

17 PROBLEM AKUNTANSI DALAM EC –Valuation of digital assets, yaitu penilaian dan palaporan aset digital di dalam laporan keuangan. –Taxation, yaitu pengenaan pajak untuk transaksi yang dilakukan secara elektronik.

18 ARUS INFORMASI DALAM EC

19 ILUSTRASI TEKNOLOGI EDI

20 EFT VS FEDI

21

22 VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN)


Download ppt "BAB 11 E-BUSINESS DAN E-COMMERCE. E-BUSINESS vs E-COMMERCE E-BUSINESS adalah proses bisnis yang dilaksanakan dengan memanfaatkan TI, terutama teknologi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google