Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Megawati jaya (07410100097) RANCANG BANGUN SISTEM IINFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS SDIT AL USWAH)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Megawati jaya (07410100097) RANCANG BANGUN SISTEM IINFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS SDIT AL USWAH)"— Transcript presentasi:

1 Megawati jaya ( ) RANCANG BANGUN SISTEM IINFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS SDIT AL USWAH)

2 L ATAR BELAKANG  Selama ini, informasi yang ada pada SDIT AL USWAH mengenai presensi siswa harian, nilai-nilai ulangan baik harian maupun tengah dan akhir semester, sangat sulit untuk didapatkan oleh wali murid karena sistem yang digunakan hanya sebatas pengumpulan informasi dalam bentuk excel dan wali murid mengetahui informasi ketika pengambilan rapot serta pengumuman yang dibuat oleh sekolah. Sehingga tidak ada informasi yang up to date setiap hari dari sekolah kepada wali murid tentang perkembangan nilai siswa di sekolah, informasi tentang presensi siswa di sekolah, dan perilaku di sekolah.

3 P ERUMUSAN MASALAH  Bagaimana merancang dan membangunSistem Informasi Akademik Berbasis Web yang dapat memberikan informasi kepada wali murid meliputi presensi siswa perbulan, nilai ulangan harian siswa, nilai ulangan tengah semester dan akhir semester, nilai akhir siswa, nilai hafalan Al-Qur’an serta informasi perilaku siswa di sekolah

4 B ATASAN MASALAH  Data-data yang digunakan adalah data siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 pada SDIT AL USWAH periode 2011, data guru yang aktif, data mata pelajaran yang telah ditetapkan diknas, dan data kelas yang ditetapkan oleh staff TU.  Modul Presensi Siswa, terdiri dari :  Data yang digunakan untuk modul ini adalah data siswa  Kehadiran siswa per hari  Proses input yang dilakukan oleh staff TU  Modul Penjadwalan Mata Pelajaran Siswa dan Amanah Mengajar Guru, terdiri dari :  Data master mata pelajaran  Penentuan jadwal mata pelajaran yang ditentukan oleh staff TU  Data master guru  Penentuan Amanah Mengajar yang ditentukan oleh staff TU setelah mendapatkan persetujuan dari guru yang bersangkutan.  Modul Penilaian Akademik terdiri dari :  Data Master yang diperlukan untuk penilaian adalah data mata pelajaran, data guru, data kelas, dan data siswa  Nilai Tugas, nilai yang didapatkan dari hasil tugas sehari-hari siswa  Nilai Ulangan, nilai yang didapat siswa setelah mengikuti ulangan yang diberikan guru.  Nilai UTS, nilai yang didapat dari ujian yang diadakan setiap tengah semester.  Nilai UAS, nilai yang didapat dari ujian yang diadakan setiap akhir semester  Nilai akhir, nilai yang didapat dari hasil kalkulasi perhitungan nilai tugas, nilai ulangan, nilai UTS, dan nilai UAS.  Penetapan kalkulasi perhitungan nilai ditetapkan oleh pihak sekolah  Proses input dilakukan oleh staff TU yang sebelumnya didapat dari guru-guru mata pelajaran.  Modul Penilaian Tahfidz dan Qiroati, terdiri dari :  Nilai harian, nilai yang didapat dari hasil pemantauan guru terhadap perkembangan tahfidz dan qiroati siswa  Nilai Akhir, nilai yang didapat setelah ujian tahfidz dan qiroati  Modul Penilaian Kepribadian, terdiri dari :  Proses input kepribadian siswa yang dilakukan oleh guru BK  Nilai Akhir, nilai yang didapat dari pemantuan guru BK kepada perilaku siswa selama disekolah dan pencocokan dengan buku penghubungan yang dimiliki wali murid  Sistem ini tidak membahas tentang administrasi sekolah dan pendaftaran siswa.  Sistem yang dibangun disesuaikan dengan sistem lama yang telah berjalan pada SDIT AL USWAH.

5 TUJUAN  merancang dan membangun sistem informasi akademik berbasis web yang dapat mempermudah orang tua/wali murid untuk mengetahui informasi presensi siswa per hari dan per bulan, nilai ulangan harian siswa, nilai ulangan tengah semester dan akhir semester, nilai akhir siswa, nilai hafalan Al-Qur’an serta informasi perilaku siswa di sekolah.

6 L ANDASAN TEORI SISTEM INFORMASI AKADEMIK  Sistem Informasi Akademik  Sistem Informasi Sekolah adalah bagian dari Sistem Informasi Akademik yaitu sebuah sistem yang mengolah data akademik dan menghasilkan informasi berupa informasi akademik. Data akademik yang dimaksud diantaranya adalah data siswa, data guru, data nilai, data jadwal, data absensi dan sejenisnya. Sistem Informasi Akademik melakukan kegiatan proses administrasi siswa dengan melakukan proses administrasi akademi baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan biaya yang muncul pada kegiatan registrasi ataupun kegiatan operasional harian administrasi akademik.  Menurut Candra (2005:8) Sistem Informasi Akademik merupakan sekumpulan informasi yang menyediakan fasilitas di dalam membantu menyelesaikan aktifitas yang berhubungan dengan masalah akademik. Sistem Informasi Akademik ini adalah bagian yang sangat penting, karena dalam administrasi akademik inilah semua data kegiatan pendidikan dan proses belajar mengajar tersimpan.  Sistem Informasi Akademik adalah sistem yang bekerja untuk mengolah data dan memberikan informasi di bidang akademik sekolah. Melihat kompleksitas dari masalah akademik suatu sekolah, maka sangat diperlukan adanya suatu sistem informasi akademik yang menunjang sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh beberapa bagian yang berhubungan dapat saling terintegerasi. Dengan didukung oleh data yang terintegerasi maka laporan- laporan akademik yang dibutuhkan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.

7 D OCUMENT F LOW

8 S YSTEM F LOW

9 C ONTEXT D IAGRAM

10 D IAGRAM B ERJENJANG (HIPO)

11 CDM

12 S TRUKTUR TABEL NoKolomTipe DataKeterangan 1NISchar (11)Primary Key 2Id_user-siswaInt (11)Foreign Key 3NISNVarchar (11)- 4Nm_SiswaVarchar (50)- 5Tmpt_LahirVarchar (15)- 6Tgl_LahirDate- 7JKVarchar (11)- 8AlmtVarchar (100)- 9fotoVarchar (100)-


Download ppt "Megawati jaya (07410100097) RANCANG BANGUN SISTEM IINFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS SDIT AL USWAH)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google