Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM ( H R I S ) PT PUPUK KALTIM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM ( H R I S ) PT PUPUK KALTIM."— Transcript presentasi:

1 HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM ( H R I S ) PT PUPUK KALTIM

2 Latar Belakang  Jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) di Perusahaan sangat besar dan sangat beragam (misal : sarjana, Doktor, berbagai kealian, pengalaman kerja).  Perusahaan memerlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi tentang SDM–nya baik kuantitas maupun kualitas (misal : Doktor bid pupuk urea) secara lengkap, detail tetapi cepat.  Manajemen Perusahaan memerlukan sistem yang dapat secara otomatis membantu menangani pengambilan keputusan terkait dengan SDM (misal : karir, penggajian, kebutuhan NAKER).

3 Permasalahan  Data-data mengenai SDM tersebut walaupun sudah terdokumentasikan dengan komputer namun belum terkelola / terintegrasi / tersatukan dengan baik.  Data-data tersebut masih tersebar di berbagai file dengan berbagai macam format (misal : telepon.xls, CV.doc).  Kadang-kadang data-data tersebut masih harus diurusi / tercecer di masing-masing Bagian Perusahaan.

4 Pemecahan  Perlunya memahami fungsi-fungsi yang dilaksanakan Pihak Manajemen berkaitan dengan Data-data SDM yang sudah ada (existing file).  Perlunya reorganisasi Data-data SDM tsb, baik penyeragaman format maupun penyatuan dan pembentukan Basis Data yang handal sehingga bisa dikelola dengan baik.  Perlunya dibangun Sistem Informasi SDM yang mampu menyediakan informasi-informasi baik kuantitas maupun kualitas secara cepat dan lengkap.

5 Informasi Yang Disediakan  Informasi yang bebas diakses semua SDM Nama, alamat, telepon, minat penelitian dan pekerjaan, keahlian, publikasi atau hasil karya, prestasi, jabatan, karir, jenjang pendidikan, dll Bisa digunakan sebagai sarana memacu prestasi, untuk promosi dirinya maupun perusahaan  Informasi yang khusus bagi Pihak Manajerial yang punya Hak Akses Penuh Gaji, catatan karir / track record, pensiunan Biasanya untuk kepentingan informasi bagi Manajemen & untuk Pengambilan Keputusan

6 Format Informasi  Informasi tentang SDM sudah disusun sedemikian rupa sehingga sudah terstruktur sesuai lokasi kerjanya. Hal ini memungkinkan adanya Informasi Kekuatan SDM, Informasi Lowongan Kerja, dll.  Sistem Informasi SDM mampu dengan cepat dan leluasa memberikan fasilitas pencarian informasi SDM, baik kuantitas maupun kualitas.  Namun demikian terdapat Hak Akses Bertingkat (Penuh, Sebagian, Pribadi) yang menjaga agar tidak ada salah informasi.

7 Topologi Informasi

8 Keuntungan  Mempercepat / mempermudah pencarian informasi SDM dengan kualifikasi tertentu Jabatan Keahlian Pendidikan Prestasi, dll  Membatu pengelolaan manajemen SDM  Mempercepat / mempermudah pengambilan keputusan  Membantu penyusunan strategi pengembangan SDM


Download ppt "HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM ( H R I S ) PT PUPUK KALTIM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google