Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perencanaan Desa Mandiri dengan GAME! My Village GAME! VILLAGE - SINERGANTARA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perencanaan Desa Mandiri dengan GAME! My Village GAME! VILLAGE - SINERGANTARA."— Transcript presentasi:

1 Perencanaan Desa Mandiri dengan GAME! My Village GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

2 Latar Belakang 1.UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa merupakan kemajuan pembangunan desa  Block Grant besar ke desa. 2.Perlu inovasi  kuatkan partisipasi masyarakat, transparansi, akuntabilitas  pemenuhan hak dasar dan tingkatkan kesejahteraan. 3.Perkembangan Teknologi Informasi  kualitas perencanaan dan pengendalian pembangunan desa.

3 Game! My Village Sebagai Instrumen Perencanaan Desa Metoda pendukung perencanaan pembangunan desa Menampilkan peta desa dan visualisasi data dalam bentuk objek- objek dalam peta di hadapan peserta musyawawah desa Proses musyawarah akan akan dipandu seperti sedang memainkan game Prinsip-Prinsip GM: ◦Gamifikasi dalam proses pengambilan keputusan ◦Visualisasi Data atas situasi desa ◦Pengambilan Keputusan Partisipatif GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

4 Komponen GMV Pemetaan Digital Partisipatif Aplikasi Software Fasilitasi Forum Sinkronisasi GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

5 1. Pemetaan Digital Partisipatif Proses mengkoleksi data desa secara langsung (data primer) oleh masyarakat / relawan dengan memanfaatkan smartphone dan peta digital di internet Data yang dipetakan adalah objek-obek fisik dan non-fisik yang ada di desa. Penentuan objek-objek fisik dan non-fisik tersebut dilakukan dengan suatu workshop sebelum penetaan dilakukan Peta digital yang digunakan (dibuat oleh Oopen Sky Institute)www.lihat.net GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

6 2. Aplikasi Software GMV Lanskap (peta) desa: peta nyata desa ditambah objek-objek (fisik dan non-fisik yang telah dikoleksi dalam proses pendataan digital desa). Ikon-ikon desa: menggambarkan apa saja objek yang mungkin akan diusulkan peserta dalam musyawarah desa. Suatu ikon dalam GMV merupakan representasi dari suatu objek tertentu. Aksi-aksi usulan pembangunan: tindakan- tindakan yang mungkin diusulkan atas suatu objek tertentu, seperti: menciptakan, memperbaiki, menambah, dan lain- lain. GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

7 Tampilan Objek Desa dalam GMV GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

8 3. Fasilitasi Forum dengan GMV 1.Menggunakan fasilitator dan co-fasillitator untuk memandu forum musyawarah desa. 2.Dipajang GMV dihadapan peserta, pengoperasiannya dilakukan oleh fasilitator atau co-fasilitator. Display GMV ini diletakan di hadapan peserta dengan layar yang harus dapat dilihat oleh seluruh peserta. 3.Fasilitator memandu proses-proses diskusi termasuk pengambilan keputusan dengan selalu mengacu dengan data yang ada dalam display GMV. 4.Dapat menggunakan beberapa tools tambahan, seperti kertas plano, metaplan, video dan lain-lain untuk membantu kelancaran proses fasilitasi. GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

9 Langkah-langkah Fasilitasi Forum Fase membangkitkan semangat peserta untuk menumpahkan keinginan-keinginan atau cita-cita tentang desanya. Mengajak peserta memahami sejumlah Isu- Isu Utama yang harus dijadikan acuan dalam proses perencanaan pembangunan desa Melakukan peninjauan lebih dalam terhadap prioritas dan fokus isu dengan mengacu pada objek-objek dalam display GMV Metemukan objek- objek yang harus “dibangun” serta persoalan-persoalan yang ada pada objek tersebut Menentukan usulan- usulan yang diterima dan yang ditolak atau ditunda. Fase decision dilakukan setelah daftar usulan-usulan dimasukan dalam aplikasi GMV.

10 Hasil Akhir Proses GMV 1.Daftar Usulan beserta Anggarannya 2.Berita Acara proses fasilitasi Forum 3.Informasi-informasi lain seperti: Infografis Sektor yang Akan Dibiayai, Sebaran Anggaran menurut Lokasi, dll. 4.Dokumen Kesimpulan dan Rekomendasi atas hasil Forum GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

11 Piloting di 4 Desa Kab. Bojonegoro NoDesaKeterangan 1NgringinrejoDilaksanakan pada 19 November Menghasilkan identifikasi masalah dan usulan tindakan 2NapisDilaksanakan pada 20 November 2014, peserta fokus pada objek-objek desa dan aktif menyampaikan pendapat dan usulan. 3DuwelDilaksanakan pada 24 November 2014, berjalan riang santai tapi serius. Peserta bisa mengajukan berbagai usulan. 4KlampokDilaksanakan malam hari pada 25 November Proses berjalan sangat demokratis dan dialogis. GAME! VILLAGE - SINERGANTARA

12 Pembelajaran dari Piloting di 4 Desa GAME! VILLAGE - SINERGANTARA 1.Adanya tayangan GMV yang lengkap dengan peta dan objek-objek desa membuat peserta bisa tetap fokus mengikuti forum. 2.Usulan dibuat lebih kongkret dengan menunjuk objek, lokasi objek di peta desa, dan disertai besaran usulan tindakan yang akan dilakukan. 3.Peserta yang menyampaikan pendapat merata, tidak hanya didominasi oleh orang-orang tertentu. 4.Pemuda aktif berperan karena terlibat dalam pendataan yang menggunakan teknologi informasi.

13 Manfaat GMV dalam Perencanaan Desa GAME! VILLAGE - SINERGANTARA Partisipasi Masyarakat Meningkat Transparansi Akuntabilitas Sosial Rencana Program Lebih Berkualitas dan Konkrit Basis Data Desa Diingatkan oleh Neraca Anggaran


Download ppt "Perencanaan Desa Mandiri dengan GAME! My Village GAME! VILLAGE - SINERGANTARA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google