Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sesi 2 Pengenalan Terhadap EDS/M dan Instrumen EDS/M.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sesi 2 Pengenalan Terhadap EDS/M dan Instrumen EDS/M."— Transcript presentasi:

1 Sesi 2 Pengenalan Terhadap EDS/M dan Instrumen EDS/M

2 Tujuan Sesi Setelah mengikuti sesi ini, peserta diharapkan mampu : Menjelaskan Konsep EDS/M. Menggunakan Instrumen EDS/M. Memahami Strategi Implementasi EDS/M.

3 Pokok Bahasan 1.Konsep EDS/M. 2.Instrumen EDS/M. 3.Strategi Implementasi EDS/M.

4 Latihan Baca cepat Bacaan Latihan – Panduan EDS/M (7’). 2.Gunakan Lembar Kerja Latihan 1 untuk memandu dan merekam hasil bacaan Anda (4’). 3.Ceritakan jawaban Anda kepada peserta lain (3’). Mengkaji Panduan EDS/M

5 Pengertian EDS/M Evaluasi diri sekolah/madrasah atau EDS/M adalah proses evaluasi diri sekolah/madrasah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah/madrasah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS/M dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kabupaten/kota

6 Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Evaluasi: Penerapan standar mutu. Identifikasi dan pengumpulan data mutu. Pengolahan dan analisis data mutu. Penyimpulan hasil EDS/M. Diri:  Internal sekolah/madrasah. Sekolah/Madrasah:  Tim pengembang sekolah/madrasah.

7 Tujuan EDS/M Sekolah/madrasah menilai kinerjanya berdasarkan SPM dan SNP. Sekolah/madrasah mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SPM dan SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan mutu peserta didik. Sekolah/madrasah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS/M) atau Rencana Kegiatan Sekolah/Madrasah (RKS/M) sesuai kebutuhan nyata menuju ketercapaian implementasi SPM dan SNP.

8 Manfaat EDS/M bagi Sekolah/Madrasah Mengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan. Memiliki data dasar yang akurat untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang. Mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya. Memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah/madrasah.

9 Kapan EDS/M Sebaiknya Dilaksanakan?  Sekolah/madrasah melakukan EDS/M setiap tahun.  Sekolah/madrasah melakukan EDS/M pada waktu pergantian tahun ajaran.  Sekolah/madrasah mencatat dan melaporkan setiap ada perubahan (penurunan atau perbaikan) indikator standar.  Sekolah/madrasah meng-update data ketika menyusun program dan anggaran sekolah/ madrasah.

10 Rujukan EDS/M SNPSPM 1. Sarana Prasarana 1. Sarana Prasarana dan Buku (No. 1-4 Kab/Kota dan No. 1-4 Sek/Mad) 2. Pendidik & Tenaga Kependidikan 2. Pendidik & Tenaga Kependidikan (No Kab/Kota dan No. 5 Sek/Mad) 3. Isi 4. Proses 3. Kurikulum dan Pembelajasan (No. 13 Kab/Kota dan No. 6-8 Sek/Mad) 5. Pengelolaan5. Pengelolaan (No. 13 Sek/Mad) 6. Penilaian 6. Penilaian dan Penjaminan mutu (No. 14 Kab/Kota dan 9-12 Sek/Mad) 7. Kompetensi Lulusan 8. Pembiayaan

11 Keterkaitan EDS/M dengan Penjaminan Mutu EVALUASI DIRI SEKOLAH/ MADRASAH (EDS/M) (Tahunan) MONITORING SEKOLAH/MADRASAH OLEH PEMDA (MSDP) (Sesuai kebutuhan) EVALUASI DIRI KAB/ KOTA (EDK) (Tahunan) SPMP MEMENUHI SPM DAN SNP SERTIFIKASI GURU DAN PENINGKATAN KOMPE- TENSI PROFESIONAL (Tahunan/berjalan) AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH (Lima tahunan) UJIAN NASIONAL (tahunan) PENGUMPULAN DATA PADATI (tahunan)

12 Siklus Pengembangan Berkelanjutan MENGUMPULKAN INFORMASI BERDASAR- KAN SNP, SPM, DAN KEBUTUHAN SETEMPAT MENGIDENTIFIKASI PENCAPAIAN DAN MEMPRIORITASKAN BIDANG UNTUK PRIORITAS PENINGKATAN. RENCANAKAN PROGRAM BERDASARKAN IDENTIFIKASI PENGIMPLEMENTASIAN PROGRAM PENINGKATAN MONITOR DAN MENGKAJI KEMAJUAN

13 Jenis dan Sumber Data EDS/M Jenis data: 1.Kuantitatif 2.Kualitatif Sumber data: 1.Statistik sekolah/ madrasah 2.Laporan tahunan 3.Laporan semester 4.Dokumen lain

14 Pelaksana EDS/M Kepala sekolah/madrasah. Wakil guru. Wakil orang tua murid. Komite sekolah/madrasah. Pengawas sekolah/madrasah (sebagai pembimbing).

15 Instrumen EDS/M

16 1. Bukti-Bukti Fisik Digunakan sebagai bahan dasar untuk menggambarkan kondisi sekolah/madrasah terkait indikator yang dinilai. Sumber informasi misalnya catatan kajian, hasil observasi, dan hasil wawancara/konsultasi dengan komite, orangtua, guru-guru, siswa, dll. Berbagai jenis bukti fisik dapat digunakan sebagai bukti tahapan pengembangan tertentu. Informasi yang dikumpulkan berdasarkan bukti fisik tersebut dipastikan keakuratannya melalui proses triangulasi. 4 Isian dalam Instrumen EDS/M

17 2. Deskripsi Indikator Kolom ini berisi uraian singkat yang menjelaskan situasi nyata yang terjadi di sekolah/madrasah sesuai dengan indikator pada setiap komponen. Deskripsi indikator yang menggambarkan kondisi nyata dan spesifik akan memudahkan sekolah/ madrasah dalam menyusun rekomendasi untuk perbaikan maupun peningkatan, sekaligus menentukan rencana pengembangan berdasarkan rekomendasi dan prioritas sekolah/madrasah.

18 3. Tahapan Pengembangan Tahap ke-1; belum memenuhi SPM. Kinerja sekolah/madrasah mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan. Tahap ke-2; memenuhi SPM. Terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan tetapi masih sangat butuh perbaikan. Tahap ke-3; memenuhi SNP. Kinerja sekolah/madrasah baik, namun masih perlu peningkatan. Tahap ke-4; melampaui SNP. Kinerja sekolah/madrasah sangat baik, melampaui standar yang telah ditetapkan.

19 4. Rekomendasi Rekomendasi ditulis berdasarkan bukti fisik, deskripsi, dan tahapan pengembangan untuk setiap indikator. Rekomendasi tidak hanya difokuskan pada indikator yang dianggap lemah namun juga disusun untuk setiap indikator yang telah mencapai SNP. Rekomendasi ini kemudian direkap sebagai dasar masukan dalam penyusunan RKS/M. Sekolah/madrasah perlu memastikan bahwa rekomendasi ini sungguh-sungguh berbasis hasil evaluasi diri.

20 Latihan Baca cepat Bacaan Latihan Instrumen EDS/M (10’) 2.Lakukan EDS/M dengan mengerjakan 3 indikator (15’). 3.Ceritakan jawaban Anda kepada peserta lain (5’). Mengkaji Instrumen EDS/M

21 Penutup 1.Pelatih mengundang dan mendokumentasikan komentar peserta tentang proses dan hasil pelatihan 2.Pelatih menyampaikan kembali hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan EDS/M.


Download ppt "Sesi 2 Pengenalan Terhadap EDS/M dan Instrumen EDS/M."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google