Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS). POLITIK DAN STRATEGI POLITIK (POLITICS) :  PROSES PNENTUAN TUJUAN NEGARA & CARA PELAKSANAAN.  RANGKAIAN,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS). POLITIK DAN STRATEGI POLITIK (POLITICS) :  PROSES PNENTUAN TUJUAN NEGARA & CARA PELAKSANAAN.  RANGKAIAN,"— Transcript presentasi:

1 POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS)

2 POLITIK DAN STRATEGI POLITIK (POLITICS) :  PROSES PNENTUAN TUJUAN NEGARA & CARA PELAKSANAAN.  RANGKAIAN, ASAS, PRINSIP, KEADAAN, JALAN UTK MNJAMIN TERLAKSANANYA USAHA, CITA- CITA, TUJUAN YANG DIKEHENDAKI. POLICY (KEBIJAKAN) :  PENGGUNAAN PERTIMBANGAN2 UNTUK MNJAMIN TERLAKSANANYA USAHA, CITA- CITA YG DIKEHENDAKI. STRATEGI :  SENI UTK MEMENANGKAN PERANG.  CARA UTK MNDAPATKAN KEMENANGAN ATAU PENCAPAIAN TUJUAN.

3  Politik Nasional  kebijakan nasional yang bertujuan untuk mencapai tujuan nasional yang digariskan oleh lembaga kedaulatan rakyat dan di dalamnya terintegrasi unsur ipoleksosbudhankam yang menjadi suatu kebijaksanaan tunggal yang berdaya guna dan berhasil guna.

4  Sebagai kaidah penuntun dalam pembangunan nasional agar senantiasa sesuai dengan landasan, makna dan hakikat, asas, maupun tujuan yaitu : Pembangunan ekonomi untuk mewujudkan demokrasi ekonomi Demokrasi ekonomi yang berdasarkan Pancasila Pembangunan kesejahteraan rakyat Pembinaan dan pemantapan kepribadian bangsa.

5 Kehidupan yang beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME Pandangan integralistik dan paham kekeluargaan Demokrasi politik berdasarkan Pancasila Memperkokoh negara kesatuan Hubungan bangsa Indonesia dengan bangsa lain Penyelenggaraan hankamneg

6 Strategi Nasional Strategi nasional  suatu seni atau ilmu dalam mengembangkan dan menggunakan kekuatan- kekuatan nasional (ipoleksosbudhankam) dalam masa damai maupun dalam masa perang untuk mendukung pencapaian tujuan- tujuan yang telah ditetapkan dalam politik nasionalnya. Pemikiran strategi tidak lain adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengantisipasi perkembangan keadaan lingkungan yang dapat mempengaruhi bahkan menganggu pelaksanaan strategi nasional.

7  Untuk mengantisipasinya, maka dalam pemikiran strategi umumnya dilakukan : Telaah strategi Merupakan suatu kajian terhadap perkembangan keadaan dan lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap pelaksanaan strategi yang akan dilaksanakan dengan selalu memperhatiakan berbagai kecenderungan.

8 Perkiraan strategi Merupakan suatu analisis terhadap berbagai kemungkinan perkembangan sasaran alternatif, cara bertindak yang ditempuh, analisis kekuatan yang dimiliki dan pengaruhnya serta batas waktu berlakunya penilaian terhadap pelaksanaan strategi.

9 Aspek-Aspek Dalam Penyusunan Program Nasional  Program nasional sangat diperlukan untuk menyalurkan dan menuangkan strategi ke dalam berbagai tugas dan kepentingan, untuk dapat diterapkan oleh unsur dan badan tertentu.  Program nasional di dalam dokumen induk yang sewaktu-waktu dapat direvisi dan disesuaikan dengan perkembangan keadaan dan situasi serta kondisi.

10 » Perencanaan di tingkat nasional selalu dikaitkan dengan permasalahan organisasi dan distribusi sumber daya dan sumber dana yang tersedia untuk memenuhi tuntutan pokok bagi terciptanya keamanan nasional dan pembangunan sarana dan prasarana untuk peningkatan kesejahteraan umum.

11 Sehingga yang perlu diperhatikan adalah : Tingkat perencanaan Anggaran dan pembiayaan Data dan informasi Hubungan strategi dengan teknologi


Download ppt "POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS). POLITIK DAN STRATEGI POLITIK (POLITICS) :  PROSES PNENTUAN TUJUAN NEGARA & CARA PELAKSANAAN.  RANGKAIAN,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google