Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metode pengelompokan Tujuan perbandingan bahasa adalah untuk menentukan pengelompokan bahasa-bahasa yang berkerabat (hubungan kekerabatan dan tingkat kekerabatan).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metode pengelompokan Tujuan perbandingan bahasa adalah untuk menentukan pengelompokan bahasa-bahasa yang berkerabat (hubungan kekerabatan dan tingkat kekerabatan)."— Transcript presentasi:

1 Metode pengelompokan Tujuan perbandingan bahasa adalah untuk menentukan pengelompokan bahasa-bahasa yang berkerabat (hubungan kekerabatan dan tingkat kekerabatan).  Teori Batang Pohon (stammbaumtheorie)  Teori Gelombang ((Wellentheorie atau Wave Theory).  Metode Pemeriksaan  Kosakata Dasar  Inovasi

2 Stammbaumtheorie  Dikemukakan oleh A. Schleicher, seorang biolog  Dikembangkan dengan kaidah hukum bunyi  Mengajukan konsepsi yang disebut pencabangan dua. Setiap bahasa menurut Schleicher, secara serempak menghasilkan dua cabang baru.

3 Bahasa Indo-Eropa menurut Schleicher

4 Kekurangan Konsep Schleicher  Schleicher tidak mempersoalkan lagi setelah terjadi pencabangan bahasa.  Dalam hal ini Schleicher menyamakan saja sistem suatu bahasa dengan sistem bahasa lainnya, yang dalam kenyataannya tidak demikian.  Schleicher tidak memperhitungkan faktor saling mempengaruhi antarabahasa (kontak bahasa tidak diperhitungkan).

5  Kekurangan lain adalah setiap cabang hanya boleh menurunkan dua cabang baru, dan pencabangan itu terjadi secara tiba-tiba. Pencabangan sebuah bahasa itu terjadi secara berangsur-angsur selama ratusan atau bahkan ribuan tahun. Pencabangan suatu bahasa proto bukan hanya menjadi dua cabang baru, tetapi bisa lebih dari dua, atau bahkan bisa hanya satu bahasa pantulnya

6 Teori Gelombang  Teori ini mengemukakan bahwa bahasa-bahasa dipergunakan secara berantai dalam suatu wilayah tertentu dan dipengaruhi oleh perubahan- perubahan yang terjadi pada suatu tempat tertentu.

7  Perubahan–perubahan linguistis dapat tersebar seperti gelombang pada suatu wilayah bahasa, dan tiap perubahan dapat meliputi suatu wilayah yang tidak tumpang tindih dengan wilayah perubahan.  Hasil dari gelombang-gelombang yang berurutan itu adalah jaringan-jaringan isoglos.  Kemanapun arah yang ditempuh gelombang tersebut akan menyebabkan munculnya perbedaan yang semakin besar.

8

9

10 Metode Pemeriksaan (By Inspection Method)  Metode ini dipakai oleh kelompok antropolog dan etnologi  Dalam mengadakan pengelompokkan bahasa-bahasa dengan menggunakan metode ini, si pengamat hanya mengadakan peninjauan sepintas mengenai persamaan dan perbedaan antara bahasa-bahasa yang diperbandingkan itu dengan menggunakan kaidah hukum bunyi dan korespondensi Contoh  Melayu : dua, tadi,anji ŋ  Sunda : dua, tadi,anji ŋ  Jawa: loro, mau,asu

11 Metode Kosakata Dasar  Kosakata yang digunakan dalam metode ini adalah kosakata yang dimiliki sebuah bahasa sejak awal perkembangannya.  Metode ini bertolak dari suatu asumsi bahwa perbendaharaan kata dalam suatu bahasa dapat dibedakan dalam dua kelompok yang besar yaitu :

12 1. Kata-kata yang tidak gampang berubah, misalnya kata-kata mengenai anggota tubuh, kata ganti, kata bilangan dan lain-lain 2. Kata-kata yang mudah berubah, yaitu kata- kata yang dipinjamkan kepada/dan dari kebudayaan lain. Misalnya kata meja, kursi,baju, lampu. Kata-kata ini mengalami difusi, sebab itu mudah pula mengalami perubahan.

13  Metode ini dikembangkan oleh Morris Swadesh dengan disusunnya 200 kata yang diduga bisa ditemui disemua bahasa.  Selanjutnya mengalami penyederhanaan karena ada beberapa kosakata yang hanya ditemukan di suatu bahasa tertentu.

14 Inovasi  Metode ini bertitik tolak dari asumsi bahwa pada suatu waktu karena suatu sebab tertentu kelompok bahasa yang berkerabat akan mengalami perubahan kosakata.  Bahasa-bahasa yang berkerabat tidak mencerminkan lagi sistem bahasa proto.  Dalam LHK teori ini dikenal dengan sebutan ESLF (Exlusive Shared Linguistics Feature)  Pengelompokan bahasa dilakukan melalui pengamatan secara bersama-sama atas bahasa-bahasa yang diperbandingkan yang mengalami inovasi.

15  Bentuk-bentuk tua dengan makna yang lama yang masih bertahan dalam bahasa sekarang disebut relic, sedangkan bentuk yang diperbaharui disebut inovasi.  Inovasi dapat terjadi juga karena kontaminasi.


Download ppt "Metode pengelompokan Tujuan perbandingan bahasa adalah untuk menentukan pengelompokan bahasa-bahasa yang berkerabat (hubungan kekerabatan dan tingkat kekerabatan)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google