Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RADHIK SETIAWAN, 5150402048 APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RADHIK SETIAWAN, 5150402048 APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI."— Transcript presentasi:

1 RADHIK SETIAWAN, APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RADHIK SETIAWAN - NIM : PRODI : Teknik Sipil - JURUSAN : Teknik Sipil - FAKULTAS : Teknik - radhik_civilian pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Tugino, M.T - PEMBIMBING 2 : Drs. Hendry Apriyatno, M.T - TGL UJIAN :

3 Judul APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

4 Abstrak Komponen pelat dan komponen pondasi merupakan komponen yang saling berhubungan dalam suatu bangunan bertingkat, sehingga tidak bisa dipisahkan dalam perencanaan. Perencanaan gedung tidak hanya menghitung kontruksi bangunan tetapi juga menghitung biaya yang dibutuhkan. Pembangunan Gedung Gelar Karya Mahasiswa UNNES direncanakan dengan RAB sebesar Rp ,04, Biaya pekerjaan pelat dan pondasi sebesar masing-masing Rp ,00 dan Rp ,60. Pekerjaan komponen pelat dan pondasi mempunyai volume pekerjaan yang cukup besar masing-masing 100,8 m3 dan 204,73 m3, oleh karena itu perlu dilakukan sebuah cara untuk mengefisienkan dan mengoptimalkan biaya yang dikeluarkan dengan value engineering. Value Engineering adalah suatu cara pendekatan yang kreatif dan terencana dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengefisienkan biaya-biaya yang tidak perlu. Penelitian menggunakan metode deskriptif jenis study kasus, yaitu penelitian tentang kasus subyek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas. Tahapan-tahapan dalam penelitian yaitu pertama tahap informasi, adalah tahap yang menerangkan semua tentang informasi umum, kriteria desain dan fungsi dari bagian item pekerjaan yang akan dianalisi. Kedua yaitu tahap kreatif, adalah tahap yang berisi tentang alternatif-alternatif yang akan digunakan. Penelitian memunculkan 2 alternatif pada setiap komponen pelat dan pondasi. Komponen pelat menampilkan alternatif I dengan menaikkan mutu baja dari 240 MPa menjadi 270 MPa, altenatif II menaikkan mutu beton dari 20 MPa menjadi 29 MPa. Komponen pondasi juga menampilkan 2 alternatif yaitu alternatif I menaikkan mutu beton dari 20 MPa menjadi 30 MPa, alternatif II menaikkan mutu baja dari 240 MPa menjadi 270 MPa. Tahap ketiga analisis, yaitu tahap yang berisi tentang pencarian bobot kriteria, analisis perhitungan biaya, penilaian setiap alternatif dan analisis fungsi setiap komponen pekerjaan pelat maupun pondasi. Tahap keempat yaitu tahap pengembangan yang berisi tentang analisis biaya jangka waktu kedepan. Tahap kelima yaitu tahap rekomendasi yang berisi tentang rencana awal, usulan, dasar pertimbangan dan hasil penelitian. Hasil analisis perhitungan alternatif setiap item pekerjaan pelat dan pondasi didapat hasil bahwa dalam pekerjaan komponen pelat menggunakan alternatif II sehingga mendapatkan cost saving sebesar Rp ,20. Sedangkan pada pekerjan pondasi menggunakan alternatif I sehingga mendapatkan cost saving sebesar Rp ,91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi value engineering pada pembangunan Gedung Gelar Karya Mahasiswa UNNES dapat memperkecil biaya pekerjaan yang direncanakan.

5 Kata Kunci value engineering, pelat, pondasi

6 Referensi Anonim, Peraturan Pembebanan Indonesia Untuk Gedung Departemen Pekerjaan Umum, Bandung Anonim, Daftar Harga Satuan Bangunan Gedung Negara Bahan Bangunan/Upah dan Analisa Pekerjaan Kota Semarang Bulan Januari- Pebruari. Dinas Pemukiman dan Tata Ruang Propinsi Jawa Tengah, Balai Pengujian dan Informasi Kontruksi, Semarang A. Z, Zainal, Menghitung Biaya Bangunan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Barrie, D., Poulson, B., Manajemen Kontruksi Profesional. Alih Bahasa Sudinarto, Edisi Kedua, Erlangga, jakarta Dipohusodo, I., Struktur Beton Bertulang Berdasarkan SK SNI – T Departemen Pekerjaan Umum, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Donomartono, Apilkasi Value Engineering Guna Mengoptimalkan Biaya pada Tahap Perencanaan Kontruksi Gedung dengan Struktur Balok Beton Pratekan. Tugas Akhir JTS. Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya Gunadi, Diktat Perkuliahan Manajemen Kontruksi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Semarang Hardiyatmo, H.C., Teknik Fondasi II. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, Teknik Fondasi I. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Hutabarat, J., Diktat Rekayasa Nilai. Institut Teknologi Malang, Malang Ibrahim, H.B., Rencana dan Estimate Real of Cost. PT. Bumi Aksara, Jakarta Indrajit, R. E., Kajian Strategis Cost Benefit Teknologi Informasi. Penerbit Andi, Jakarta Isworo dkk., Value Engineering Changes Proposal Pembangunan Gedung Laboratorium FP MIPA IKIP Surabaya. Tugas akhir JTS. Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya Khabibie, F. & Rohmani, Perencanaan Struktur Gedung Gelar Karya Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Tugas Akhir JTS. Fakultas Teknik UNNES, Semarang Nasir, M., Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta Szilard, R., Teori dan Analisis Pelat Metode Klasik dan Numerik. Alih Bahasa Wira, Penerbit Erlangga, Jakarta Setiawan, E., Menghitung Biaya Pembuatan Rumah. P.T. Trubus Agriwidya, Semarang Suryolelono, K. B., Teknik Pondasi Bagian II. Nafiri, Yogyakarta Tugino, Diktat Perkuliahan Rekayasa Nilai. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Semarang Vis, W. C. & K. Gideon, Dasar-dasar Perencanaan Beton Bertulang. Erlangga, Jakarta Wigroho, H. Y., Analisis dan Perancangan Struktur Frame Menggunakan SAP Andi, Yogyakarta Wang, C. K. dan Salmon, C., Disain Beton Bertulang Jilid I. Alih bahasa Binsar Hariandja, Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta. Disain Beton Bertulang Jilid II. Alih Bahasa Binsar Hariandja, Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta

7 Terima Kasih


Download ppt "RADHIK SETIAWAN, 5150402048 APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google