Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KITAB NEHEMIA GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI. A. Pendahuluan. Jika Ezra menempati posisi sebagai ahli kitab Taurat yang bertugas mengatur orang Yahudi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KITAB NEHEMIA GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI. A. Pendahuluan. Jika Ezra menempati posisi sebagai ahli kitab Taurat yang bertugas mengatur orang Yahudi."— Transcript presentasi:

1 KITAB NEHEMIA GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI

2 A. Pendahuluan. Jika Ezra menempati posisi sebagai ahli kitab Taurat yang bertugas mengatur orang Yahudi maka Nehemia adalah seorang juruminum raja yang bertugas menyediakan dan mencoba minuman yang akan diberikan kepada raja. Kedudukan Nehemia menjadi penting dalam bidang politis ketika dikaitkan dengan sistem pengorganisasian pusat peribadatan di Yerusalem. ( 2 : 17 )

3 Setelah menerima berita yang menyedihkan ( band. Ezra 4 : 7 – 23 ) Nehemia bermohon agar diijinkan pulang membangun negerinya sendiri dan diangkat penguasa sebagai gubernur ( 2 : 1 ) pada tahun 445 SM. Sekalipun jabatan itu sangat singkat ( 2 – 6 ) dan kembali lagi ke Persia ( 445 – 443 SM ) menimbulkan penyelewengan yang luas termasuk orang-orang Lewi yang diusir untuk bekerja di ladang ( 13 : 6 )

4 B. ISI dan Pembagiannya Kitab ini dapat dibagi menjadi 4 bagian : 1.Kisah mengenai kembali dibangunnya Tembok YERUSALEM, dan daftar mereka yang datang dari BABILONIA (1 - 7). 2. Laporan mengenai Keadaan Agama Umat ISRAEL, ketika itu (8 – 10). 3. Pertambahan penduduk YERUSALEM; cacah Jiwa Penduduk laki-laki, dan nama-nama para Tua-tua, serta daftar para IMAN dan Kaum LEWI (11 – 12; 1 – 26). 4. Pentahbisan Tembok YERUSALEM, Pelantikan pejabat BAIT ALLAH II dan Reformasi yang dilaksanakan oleh NEHEMIA (12 : 27 – 13).

5 Hal Penting dicatat dalam KITAB NEHEMIA BAGIAN I Pembangunan Kembali Tembok-tembok Yerusalem dianggap sebagai lambang pembangunan Kerajaan ILAHI di Dunia. a. Neh 1 : 3; Tembok-tembok runtuh, me- lambangkan Pertahanan Kerajaan Allah melemah. b. Neh 1:4-11; Langkah awal berupa masa puasa dan doa masal, melambangkan keadaan pikiran seharusnya, mendahului semua perbuatan Rohani yang besar.

6 c. Neh 2:5; NEHEMIA mengorbankan jabatannya yang bagus untuk maksud yang baik, mungkin melambangkan pelayanan yang penuh pengorbanan selalu dibuthkan saat pekerjaan besar harus diselesaikan. d. Neh 2:15-16; Pemeriksaan kota pada malam hari, mungkin melambangkan perlunya menghadapi fakta / kenyataan sebelum memulai pekerjaan yang membangun. e. Neh 2:17-18; mencari kerjasama mungkin melambangkan unsur yang perlu sekali dalam semua pekerjaan yang berhasil.

7 f. Neh 3; Pendaftaran semua kelompok, mungkin melambangkan pentingnya pengaturan yang teliti. g. Neh 4:3; Kemarahan besar dan penghinaan diatasi dengan DOA, dan kerja keras. h. Neh 4:7-8; Persengkokolan diatasi dengan berjaga-jaga dan berdoa i. Neh 4:10, 12; Teman-teman yang putus asa / kehilangan semangat diatasi dengan keberanian yang mantap. j. Neh 5:1-5; Ketamakan karena kepentingan diri sendiri diatasi dengan memarahi dan memberi teladan dengan pengorbanan diri sendiri.

8 k. Neh 6: 1-15; Pekerjaan selesai, musuh-musuh dikejutkan dengan usaha keras yang gigih. BAGIAN II a.Neh 8; Pengulangan kembali dan penjelasan Hukum ILAHI b. Neh 9 & 10; Pengakuan Dosa IMAM-IMAM dan Orang LEWI, dan Pembubuhan MATERAI pada perjanjian. c. Neh 11; Panggilan kepada Umat untuk tinggal di YERUSALEM

9 d. Neh 12; Pentahbisan Tembok YERUSALEM e. Neh 13; Reformasi sosial dan Agama


Download ppt "KITAB NEHEMIA GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI. A. Pendahuluan. Jika Ezra menempati posisi sebagai ahli kitab Taurat yang bertugas mengatur orang Yahudi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google