Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN By : Dessanti –FIA UB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN By : Dessanti –FIA UB."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN By : Dessanti –FIA UB

2 Sistem ???? sekelompok unsur yang erat berhubungan sartu dengan lainnya, yang berfungsi bersama – sama untuk mencapai tujuan tertentu

3 sistem informasi serangkaian prosedur formal di mana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna (HalL 2007)

4 SISTEM INFORMASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

5 Tujuan Kegiatan praktikum sistem Informasi Manajemen adalah untuk mengetahui bagaimana sebuah sistem informasi dijalankan dalam perusahaan

6 BAGAIMANA MEMBUAT SISTEM INFORMASI DALAM SEBUAH PERUSAHAAN ????

7 Tahapan mengembangkan sistem informasi 1. Analisis Sistem 2. Desain Sistem 3. Implementasi Sistem Mulyadi, 2001

8 Standar Operasional Prosedur (SOP) pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan

9 Wilkinson (2000) membagi pengendalian umum (general controls) menjadi 7 pengendalian, yaitu : 1.Pengendalian Organisasi (Organization Controls) 2.Pengendalian Dokumentasi (Documentation Controls) 3.Pengendalian Pertanggungjawaban Aset (Asset Accountability Controls) 4.Pengendalian Praktek Manajemen (Management Practices Controls) 5.Pengendalian Pusat Informasi (Data Center Operations Controls) 6.Pengendalian Otorisasi (Authorization Controls) 7.Pengendalian Hak Akses (Access Controls)

10 1. Pengendalian Organisasi (Organization Controls) Pengendalian organisasi adalah pemisahan tanggung jawab fungsi-fungsi yang terkait. Fungsi yang harus dipisahkan tersebut antara lain adalah fungsi otorisasi, fungsi pencatatan, fungsi pemegang fisik barang/uang. Selain itu juga terdapat pemisahan antara fungsi pembelian, gudang, dan penerimaan(Mulyadi, 2000)

11 2. Pengendalian Dokumentasi (Documentation Controls) Dilakukan dengan pembentukan nomor dokumen, penyimpanan dokumen/bukti-bukti trnsaksi.. Maksimal 10 tahun

12 3 Pengendalian Pertanggungjawaban Aset (Asset Accountability Controls) Pengendalian pertanggungjawaban aset berarti bahwa seluruh aset yang dimiliki oleh perusahaan tercatat dengan baik dan rapi.

13 4 Pengendalian Praktek Manajemen (Management Practices Controls) Pengendalian praktek manajemen berarti bahwa manajemen harus menjalankan praktek manajemen yang sehat, dengan cara merekrut karyawan yang tepat untuk setiap fungsi dan memberikan pelatihan kepada karyawan baru yang memadai.

14 5. Pengendalian Pusat Informasi (Data Center Operations Controls) Pengendalian pusat informasi berarti bahwa seluruh informasi yang dibutuhkan tersedia secara memadai.

15 6. Pengendalian Otorisasi (Authorization Controls) Adanya pihak yang mengotorisasi

16 7 Pengendalian Hak Akses (Access Controls) Pengendalian hak akses berarti bahwa didalam sistem yang terkomputerisasi tidak seluruh kegiatan dapat diakses oleh karyawan, namun hanya kegiatan yang diperlukan saja yang dapat diakses.

17 Pengendalian aplikasi yang dapat berupa tindakan atau prosedur manual dikelompokkan dalam tiga kategori besar, yaitu 1.Pengendalian input. 2. Pengendalian pemrosesan 3. Pengendalian output

18 SAMPAI JUMPA MINGGU DEPAN ^_^


Download ppt "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN By : Dessanti –FIA UB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google