Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XV SISTIM AKUNTANSI PERSEDIAAN. DISKRIPSI PERSEDIAAN Dalam Perusahan Manufactur Persediaan terdiri dari : Persediaan Produk jadi Persediaan pruduk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XV SISTIM AKUNTANSI PERSEDIAAN. DISKRIPSI PERSEDIAAN Dalam Perusahan Manufactur Persediaan terdiri dari : Persediaan Produk jadi Persediaan pruduk."— Transcript presentasi:

1 BAB XV SISTIM AKUNTANSI PERSEDIAAN

2 DISKRIPSI PERSEDIAAN Dalam Perusahan Manufactur Persediaan terdiri dari : Persediaan Produk jadi Persediaan pruduk dalam Proses Persediaan Bahan baku Persediaan Bahan penolong Persediaan Bahan habis pakai Persediaan suku cadang

3 METODE PENCATATAN PERSEDIAAN Metode mutasi persediaan ( perpectual inventory method ), setiap mutasi persediaan dicatat dlm kartu persediaan. Metode persediaan fisik ( Physical inventory method ) setiap berkurangnya persediaan karena pemakaian tidak dicatat dlm kartu persediaan tapi tambahan atas pembelian saja yng dicatat.

4 SISTIM DAN PROSEDUR YANG BERSANGKUTAN DENGAN PERSEDIAAN Prosedur pencatatan produk jadi Prosedur pencatatan harga pokok produk jadi yang dijual Prosedur pencatatan harga pokok produk jadi yang diterima kembali dari pembeli Prosedur pencatatan tambahan dan penyesuaian kembali harga pokok persediaan produk dlm proses Prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dibeli Prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dikembalikan kpd pemasok Prosedur permintaan dan pengeluaran barang gudang Prosedur pencatatan tambahan harga pokok persediaan karena pengembalian barang gudang Sistim penghitungan fisik persediaan

5 PROSEDUR PENCATATAN PRODUK JADI Dokumen yang digunakan : Laporan produk selesai Bukti memorial. Catatan Akuntansi : kartu gudang Kartu Persediaan Jurnal Umum.

6 Bagan alir dokumen prosedur pencatatan produk jadi ( gmb )

7 PROSEDUR PENCATATAN HARGA POKOK PRODUK JADI YANG DIJUAL Dokumen yang digunakan Surat order pengiriman faktur penjualan Catatan Akuntansi : kartu gudang Kartu Persediaan Jurnal Umum.

8 Bagan alir dokumen prosedur pencatatan harga pokok produk jadi yang dijual ( gmb )

9 PROSEDUR PENCATATAN HARGA POKOK PRODUK JADI YANG DITERIMA KEMBALI DARI PEMBELI Dokumen yang digunakan: Laporan penerimaan barang Memo kredit Catatan Akuntansi : kartu gudang Kartu Persediaan Jurnal Umum.

10 Bagan alir dokumen Prosedur pencatatan harga pokok produk jadi yang diterima kembali dari pembeli ( gmb )

11 PROSEDUR PENCATATAN HARGA POKOK PRODUK PERSEDIAAN PRODUK DALAM PROSES Dokumen yang digunakan : Bukti memorial Catatan Akunansi : jurnal umum.

12 Bagan alir dokumen Prosedur pencatatan harga pokok produk dalam proses.( gmb.15.8)

13 PROSEDUR PENCATATAN HARGA POKOK PRODUK PERSEDIAAN YANG DIBELI Dokumen yang digunakan : Laporan penerimaan barang Bukti kas keluar Catatan akuntansi Kartu persediaan Bagan alir dokumen Prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dibeli.( gmb.15.9)

14 PROSEDUR PENCATATAN HARGA POKOK PRODUK PERSEDIAAN YANG DIKEMBALIKAN KEPADA PEMASOK Dokumen yang digunakan : Laporan pengiriman barang. Memo debit Catatan akuntansi Kartu persediaan Bagan alir dokumen Prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dikembalikan kepada pemasok.( gmb.15.10)

15 PROSEDUR PERMINTAAN DAN PENGELUARAN BARANG GUDANG Dokumen yang digunakan : Bukti permintaan dan pengeluaran barang gudang. Bagan alir dokumen Prosedur permintaan dan pengeluaran barang gudang. ( sprt. Gmb )

16 PROSEDUR PENGEMBALIAN BARANG GUDANG Dokumen yang digunakan : Bukti pengembalian barang gudang Bagan alir dokumen Prosedur pengembalian barang gudang ( sprt. Gmb )

17 SISTIM PENGHITUNGAN FISIK PERSEDIAAN Dokumen yang digunakan : Kartu penghitungan fisik ( inventory tag ) Daftar hasil penghitungan fisik ( inventory summary sheet ) Bukti memorial Catatan Akuntansi : Kartu persediaan Kartu gudang Jurnal Umum

18 Fungsi yang terkait : Panitia penghitungan fisik persediaan Fungsi akuntansi Fungsi gudang

19 Jaringan prosedur yang membentuk sistim Prosedur penghitungan fisik Prosedur kompilasi Prosedur penentuan harga pokok persediaan Prosedur adjusment

20 Unsur pengendalian intern Organisasi Sistim otorisasi dan prosedur Pencatatan Praktek yang sehat

21 Unsur pengendalian intern dan penjelasannya Organisasi Penghitungan fisik persediaan harus dilakukan oleh suatu panitia yang terdiri dari fungsi pemegang kartu penghitungan fisik, fungsi penghitung, dan fungsi pengecek Panitia yang dibentuk harus terdiri dari karyawan selain karyawan fungsi gudang dan fungsi akuntansi persediaan, dan biaya.

22 Unsur pengendalian intern dan penjelasannya Sistim otorisasi dan prosedur Pencatatan Daftar hasil perhitungan fisik persediaan ditanda tangani oleh ketua panitia penghitungan fisik persediaan. Pencatatan hasil penghitungan fisik persediaan didasarkan atas kartu penghitungan fisik yang telah diteliti kebenarannya oleh pemegang kartu penghitungan fisik Harga satuan yang dicantumkan dalam daftar hasil penghitungan fisik berasal dari kartu persediaan yang bersangkutan. Adjusment terhadap kartu persediaan didasarkan pada informasi ( kuantitas maupun harga pokok total ) tiap jenis persediaan yang tercantum dalam daftar penghitungan fisik.

23 Unsur pengendalian intern dan penjelasannya Praktek yang sehat Kartu penghitungan fisik bernomer urut tercetak dan penggunaannya dipertanggungjawabkan oleh fungsi pemegang kartu penghitungan fisik Penghitungan fisik setiap jenis persediaan dilakukan dua kali secara independen, pertama kali oleh penghitung dan hasilnya direkam dalam kartu penghitungan fisik bagian ke-3 kedua kali oleh pengecek.Kedua kali oleh pengecek, hasil penghitungan kedua ini direkam dalam kartu penghitungan fisik bagian ke-2 Kuantitas dan data persediaan yang lain yang tercantum dalam bagian ke-3 dan bagian ke-2 kartu penghitungan fisik dicocokkan oleh pemegang kartu penghitungan fisik sebelum data yang tercantum dalam bagian ke-2 kartu penghitungan fisik dicatat dalam daftar hasil penghitungan fisik Peralatan dan metode yang digunakan untuk mengukur dan menghitung kuantitas persediaan harus dijamin ketelitiannya


Download ppt "BAB XV SISTIM AKUNTANSI PERSEDIAAN. DISKRIPSI PERSEDIAAN Dalam Perusahan Manufactur Persediaan terdiri dari : Persediaan Produk jadi Persediaan pruduk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google