Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 15 SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN. DESKRIPSI PERSEDIAAN Dalam perusahaan manufaktur, persediaan terdiri dari: persediaan produk jadi, persediaan produk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 15 SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN. DESKRIPSI PERSEDIAAN Dalam perusahaan manufaktur, persediaan terdiri dari: persediaan produk jadi, persediaan produk."— Transcript presentasi:

1 BAB 15 SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN

2 DESKRIPSI PERSEDIAAN Dalam perusahaan manufaktur, persediaan terdiri dari: persediaan produk jadi, persediaan produk dalam proses, persediaan bahan baku, persediaan bahan penolong, persediaan bahan habis pakai pabrik, dan persediaan suku cadang. Dalam perusahaan dagang, persediaan hanya terdiri dari satu golongan, yaitu persediaan barang dagangan, yang merupakan barang yang dibeli untuk tujuan dijual kembali.

3 METODE PENCATATAN PERSEDIAAN Metode mutasi persediaan. Metode persediaan fisik.

4 Sistem dan Prosedur Yang Bersangkutan Dengan Sistem Prosedur pencatatan produk jadi. Prosedur pencatatan harga pokok produk jadi yang dijual. Prosedur pencatatan harga pokok produk jadi yang diterima kembali dari pembeli. Prosedur pencatatan tambahan dan penyesuaian kembali harga pokok persediaan produk dalam proses. Prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dibeli. Prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dikembalikan kepada pemasok. Prosedur permintaan dan pengeluaran barang gudang. Prosedur pencatatan tambahan harga pokok persediaan karena pengembalian barang gudang. Sistem penghitungan fisik persediaan.

5 Dokumen yang Digunakan Kartu penghitungan fisik Daftar hasil penghitungan fisik Bukti memorial

6 Catatan Akuntansi yang Digunakan Kartu persediaan Kartu gudang Jurnal umum

7 Fungsi yang Terkait Panitia penghitungan fisik persediaan Fungsi akuntansi Fungsi gudang

8 BAB 16 SISTEM AKUNTANSI AKTIVA TETAP

9 DESKRIPSI AKTIVA TETAP Kekayaan perusahaan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, dan diperoleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan, bukan untuk dijual kembali.

10 Karakteristik Transaksi Aktiva Tetap Frekuensi terjadinya transaksi yang mengubah aktiva tetap relatif sedikit dibandingkan dengan transaksi yang mengubah aktiva lancar, namun umumnya menyangkut jumlah rupiah yang besar. Pengendalian aktiva tetap dilaksanakan pada saat perencanaan perolehan aktiva tetap. Pengeluaran yang bersangkutan dengan aktiva tetap perlu dibedakan menjadi dua macam, pengeluaran pendapatan dan pengeluaran modal.

11 PENGGOLONGAN AKTIVA TETAP Aktiva tetap dalam perusahaan manufaktur umumnya digolongkan menjadi tanah dan perbaikan tanah, gedung dan perbaikan gedung, mesin dan ekuipmen pabrik, mebel, dan kendaraan.

12 Transaksi yang Mengubah Aktiva Tetap Transaksi yang mengubah rekening aktiva tetap, terdiri dari: transaksi perolehan, pengeluaran modal, revaluasi, pertukaran, penghentian pemakaian, dan penjualan. Transaksi yang mengubah rekening akumulasi depresiasi aktiva tetap yang bersangkutan, terdiri dari: depresiasi, penghentian pemakaian, penjualan, dan pertukaran. Transaksi yang mengubah rekening biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap. Jenisnya adalah konsumen berbagai sumber daya: bahan dan suku cadang, sumber daya manusia, energi, peralatan, dan sumber daya lain untuk kegiatan reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap.

13 Dokumen yang Digunakan Surat permintaan otorisasi investasi. Surat permintaan reparasi. Surat permintaan transfer aktiva tetap. Surat permintaan penghentian pemakaian aktiva tetap. Surat perintah kerja. Surat order pembelian. Laporan penerimaan barang. Faktur dari pemasok. Bukti kas keluar. Bukti memorial.

14 Catatan Akuntansi yang Digunakan Kartu aktiva tetap Jurnal umum Register bukti kas keluar

15 Fungsi yang Terkait fungsi pemakai fungsi riset dan pengembangan direktur yang bersangkutan direktur utama fungsi pembelian fungsi penerimaan fungsi aktiva tetap fungsi akuntansi

16 Jaringan Subsistem Sistem pembelian aktiva tetap. Sistem perolehan aktiva tetap melalui pembangunan sendiri. Sistem pengeluaran modal. Sistem penghentian pemakaian aktiva tetap. Sistem transfer aktiva tetap. Sistem revaluasi aktiva tetap. Sistem akuntansi depresiasi aktiva tetap.

17 Unsur Pengendalian Intern Organisasi Sistem otorisasi dan prosedur pencatatan Praktik yang sehat.


Download ppt "BAB 15 SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN. DESKRIPSI PERSEDIAAN Dalam perusahaan manufaktur, persediaan terdiri dari: persediaan produk jadi, persediaan produk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google