Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Tragedi perebutan kedudukan kekhalifahan yang bergeser ke bidang syari'at dan 'aqidah dengan munculnya Al Hadits palsu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Tragedi perebutan kedudukan kekhalifahan yang bergeser ke bidang syari'at dan 'aqidah dengan munculnya Al Hadits palsu."— Transcript presentasi:

1

2  Tragedi perebutan kedudukan kekhalifahan yang bergeser ke bidang syari'at dan 'aqidah dengan munculnya Al Hadits palsu

3  masa pemerintahan Khalifah 'Umar bin 'Abdul 'Aziz sekaligus sebagai salah seorang tabi'in memerintahkan penghimpunan Al Hadits  Masa ini terjadi pada abad 2 H, dan Al Hadits yang terhimpun belum dipisahkan mana yang merupakan Al Hadits marfu' dan mana yang mauquf dan mana yang maqthu'.

4  Al-Bukhari > Musaddad > Yahya > Syu’bah > Qatadah > Anas > Nabi Muhammad SAW  "Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga ia cinta untuk saudaranya apa yang ia cinta untuk dirinya sendiri"cinta

5 Tingkatan hadits pada klasifikasi ini terbagi menjadi 4 tingkat yakni shahih, hasan, da'if dan maudu'  Hadits Shahih, yakni tingkatan tertinggi penerimaan pada suatu hadits. Hadits shahih memenuhi persyaratan sebagai berikut: ◦ Sanadnya bersambung; ◦ Diriwayatkan oleh penutur/perawi yg adil, memiliki sifat istiqomah, berakhlak baik, tidak fasik, terjaga muruah(kehormatan)-nya, dan kuat ingatannya. ◦ Matannya tidak mengandung kejanggalan/bertentangan (syadz) serta tidak ada sebab tersembunyi atau tidak nyata yg mencacatkan hadits.  Hadits Hasan, bila hadits yg tersebut sanadnya bersambung, diriwayatkan oleh rawi yg adil namun tidak sempurna ingatannya, serta matannya tidak syadz serta cacat.  Hadits Dhaif (lemah), ialah hadits yang sanadnya tidak bersambung (dapat berupa mursal, mu’allaq, mudallas, munqati’ atau mu’dal)dan diriwayatkan oleh orang yang tidak adil atau tidak kuat ingatannya, mengandung kejanggalan atau cacat.  Hadits Maudu', bila hadits dicurigai palsu atau buatan karena dalam sanadnya dijumpai penutur yang memiliki kemungkinan berdusta.

6  Shahih Bukhari, disusun oleh Bukhari ( H) Shahih BukhariBukhari  Shahih Muslim, disusun oleh Muslim ( H) Shahih MuslimMuslim  Sunan Abu Daud, disusun oleh Abu Dawud ( H) Sunan Abu DaudAbu Dawud  Sunan at-Turmudzi, disusun oleh At-Turmudzi ( H) Sunan at-TurmudziAt-Turmudzi  Sunan an-Nasa'i, disusun oleh an-Nasa'i ( H) Sunan an-Nasa'ian-Nasa'i  Sunan Ibnu Majah, disusun oleh Ibnu Majah ( ). Sunan Ibnu MajahIbnu Majah  Imam Ahmad bin Hambal Imam Ahmad bin Hambal  Imam Malik Imam Malik  Ad-Darimi Ad-Darimi

7  Muslim Syi'ah hanya mempercayai hadits yang diriwayatkan oleh keturunan Muhammad saw, melalui Fatimah az-Zahra, atau oleh pemeluk Islam awal yang memihak Ali bin Abi Thalib.Syi'ah MuhammadFatimah az-Zahra Ali bin Abi Thalib

8

9  Al Muwaththa oleh Malik bin Anas Al MuwaththaMalik bin Anas  Al Musnad oleh As Syafi'i (tahun H / M) Al MusnadAs Syafi'i  Mukhtaliful Hadist oleh As Syafi'i Mukhtaliful HadistAs Syafi'i  Al Jami' oleh Abdurrazzaq Ash Shan'ani  Mushannaf Syu'bah oleh Syu'bah bin Hajjaj (tahun H / M)  Mushannaf Sufyan oleh Sufyan bin Uyainah (tahun H / M)  Mushannaf Al Laist oleh Al Laist bin Sa'ad (tahun / M)  As Sunan Al Auza'i oleh Al Auza'i (tahun / M)  As Sunan Al Humaidi (wafat tahun 219 H / 834 M)  Dari kesembilan kitab tersebut yang sangat mendapat perhatian para 'lama hanya tiga, yaitu Al Muwaththa', Al Musnad dan Mukhtaliful Hadist. Sedangkan selebihnya kurang mendapat perhatian akhirnya hilang ditelan zaman.

10  Al Jami'ush Shahih Bukhari oleh Bukhari ( H / M) Al Jami'ush Shahih BukhariBukhari  Al Jami'ush Shahih Muslim oleh Muslim ( H / M) Al Jami'ush Shahih MuslimMuslim  As Sunan Ibnu Majah oleh Ibnu Majah ( H / M) As Sunan Ibnu MajahIbnu Majah  As Sunan Abu Dawud oleh Abu Dawud ( H / M) As Sunan Abu DawudAbu Dawud  As Sunan At Tirmidzi oleh At Tirmidzi ( H / M) As Sunan At TirmidziAt Tirmidzi  As Sunan Nasai oleh An Nasai ( H / M) As Sunan NasaiAn Nasai  As Sunan Darimi oleh Darimi ( H / M) As Sunan DarimiDarimi

11  Al Mu'jamul Kabir oleh Ath Thabarani ( H / M)  Al Mu'jamul Ausath oleh Ath Thabarani ( H / M)  Al Mu'jamush Shaghir oleh Ath Thabarani ( H / M)  Al Mustadrak oleh Al Hakim ( H / M)  Ash Shahih oleh Ibnu Khuzaimah ( H / M)  At Taqasim wal Anwa' oleh Abu Awwanah (wafat 316 H / 928 M)  As Shahih oleh Abu Hatim bin Hibban (wafat 354 H/ 965 M)  Al Muntaqa oleh Ibnu Sakan (wafat 353 H / 964 M)  As Sunan oleh Ad Daruquthni ( H / M)  Al Mushannaf oleh Ath Thahawi ( H / M)  Al Musnad oleh Ibnu Nashar Ar Razi (wafat 301 H / 913 M)

12 Hasil penghimpunan  Bersumber dari kutubus sittah saja  Jami'ul Ushul oleh Ibnu Atsir Al Jazari ( H / M)  Tashiful Wushul oleh Al Fairuz Zabadi (? - ? H / ? M)  Bersumber dari kkutubus sittah dan kitab lainnya, yaitu Jami'ul Masanid oleh Ibnu Katsir ( H / M)  Bersumber dari selain kutubus sittah, yaitu Jami'ush Shaghir oleh As Sayuthi ( H / M)

13 Kitab Al Hadits Hukum, diantaranya :  Sunan oleh Ad Daruquthni ( H / M)  As Sunannul Kubra oleh Al Baihaqi ( H / M)  Al Imam oleh Ibnul Daqiqil 'Id ( H / M)  Muntaqal Akhbar oleh Majduddin Al Hirani (? H / ? M)  Bulughul Maram oleh Ibnu Hajar Al Asqalani ( H / M)  'Umdatul Ahkam oleh 'Abdul Ghani Al Maqdisi ( H / M)  Al Muharrar oleh Ibnu Qadamah Al Maqdisi ( H / M) Kitab Al Hadits Akhlaq  At Targhib wat Tarhib oleh Al Mundziri ( H / M)  Riyadhus Shalihin oleh Imam Nawawi ( H / M) Riyadhus Shalihin

14  Untuk Shahih Bukhari terdapat Fathul Bari oleh Ibnu Hajar Asqalani ( H / M)  Untuk Shahih Muslim terdapat Minhajul Muhadditsin oleh Imam Nawawi ( H / M)  Untuk Shahih Muslim terdapat Al Mu'allim oleh Al Maziri (wafat 536 H / 1142 M)  Untuk Muntaqal Akhbar terdapat Nailul Authar oleh As Syaukani (wafat 1250 H / 1834 M)  Untuk Bulughul Maram terdapat Subulussalam oleh Ash Shan'ani (wafat 1099 H / 1687 M)

15  Untuk Shahih Bukhari diantaranya Tajridush Shahih oleh Al Husain bin Mubarrak ( H / M)  Untuk Shahih Muslim diantaranya Mukhtashar oleh Al Mundziri ( H / M)

16  Kitab Al Kalimuth Thayyib oleh Ibnu Taimiyah ( H / M) berisi hadits- hadits tentang doa.  Kitab Al Mustadrak oleh Al Hakim ( H / M) berisi Al Hadits yang dipandang shahih menurut syarat Bukhari atau Muslim dan menurut dirinya sendiri.


Download ppt " Tragedi perebutan kedudukan kekhalifahan yang bergeser ke bidang syari'at dan 'aqidah dengan munculnya Al Hadits palsu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google