Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Intisari Tugas Etika Profesi Pertemuan – 6 ISTA JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Intisari Tugas Etika Profesi Pertemuan – 6 ISTA JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 Intisari Tugas Etika Profesi Pertemuan – 6 ISTA JAKARTA

2 Praktik Etika Profesi Juridis Formal (Hukum/Aturan) De Fakto (Profesi sosial) Misal Guru yang bisa mengajar tapi tidak memiliki latar belakang pendidikan. Seseorang yang memiliki keahlian tertentu Contoh profesi sosial yang tepat : Ulama, Ustadz, kiyai…pendeta, rahib dsj?? Etika tidak sepenuhnya 100% dapat diterapkan. Contoh kasus : ????

3 Etika Bisnis (entrepreneur) Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Keputusan Bisnis Pendapatan Perusahaan Nilai Perusahaan

4 Contoh Tidak Etis Seorang karyawan perusahaan komputer yang dibayar berdasarkan komisi cenderung menjual komputer jauh lebih mahal kepada pelanggan daripada yang diperlukan. Akibatnya: Keuntungan untuk karyawan, akibat sebaliknya untuk pelanggan. Seorang manajer mempekerjakan seorang teman, walaupun teman tersebut bukan pelamar yang baik. Akibatnya: Keuntungan bagi manajer, akibat sebaliknya untuk pelamar lain yang sebenarnya lebih pantas mendapatkan pekerjaan tersebut

5 Lanjutan Seorang karyawan yang pekerjaannya membeli bahan persediaan untuk pabrik manufaktur, dia hanya membeli hampir semua bahan persediaan dari seorang pemasok saja yang memberikan hadiah (komisi) setiap tahun. Sedangkan Pemasok memberikan harga 20% lebih tinggi dari pemasok lain. Karena biaya persediaan sangat tinggi maka keuntungan perusahaan jadi lebih rendah Agar pengeluaran tetap rendah, seorang karyawan perusahaan membuang barang polusi ke tempat sampah daripada membuang di tempat pembuangan limbah secara benar. Akibatnya: Keuntungan untuk karyawan, sebaliknya untuk lingkungan

6 Contoh Tanggung Jawab Tanggung Jawab Kepada Pelanggan Tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan jauh lebih luas daripada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produknya. Praktik Tanggung Jawab Produksi Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan yang seharusnya ditempelkan pada produk untuk melindungi terhadap adanya kecelakaan yang dapat timbul karena salah dalam penggunaan. Untuk beberapa produk, informasi yang tepat akan adanya efek samping dapat pula diberikan. Misalnya ???

7 Lanjutan Praktik Tanggung Jawab Penjualan Perusahaan perlu petunjuk yang membuat karyawan tidak berani menggunakan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertensi, yang menyesatkan. Mereka juga memakai survei kepuasan untuk meyakinkan bahwa pelanggan diperlakukan dengan semestinya oleh karyawan bagian penjualan. Survei harus dilakukan setelah pelanggan membeli dan memutuskan apakah produknya sudah sesuai dengan yang dikatakan oleh karyawan bagian penjualan.

8 Cara Perusahaan Menjamin Tanggung Jawab Sosial kepada Pelanggan Ciptakan kode etik. Perusahaan dapat menciptakan kode etik bisnis yang memberikan serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan, dan pemilik seharusnya dipelihara Pantaulah semua keluhan Umpan balik pelanggan

9 Perlindungan Pelanggan Konsumerisme Menjamin Tanggung Jawab terhadap Pelanggan Tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan didorong tidak hanya oleh perusahaan, tetapi juga oleh sekelompok konsumen tertentu. Konsumerisme mewakili permintaan kolektif pelanggan di mana bisnis memenuhi kebutuhan mereka. Kelompok konsumen menjadi populer dalam tahun 1960-an dan telah bertambah efektif sejalan dengan pertumbuhannya

10 Lanjutan Pemerintah Menjamin Tanggung Jawab terhadap Pelanggan Sebagai tambahan dari kode tanggung jawab perusahaan dan gelombang konsumerisme, pemerintah cenderung menjamin tanggung jawab kepada pelanggan dengan berbagai hukum atas : a. keamanan produk, b. iklan, dan c. kompetisi industri.

11 Lanjutan Peraturan Pemerintah tentang Keamanan Produk Pemerintah melindungi konsumen dengan memberikan peraturan atas beberapa produk perusahaan. POM (Pengawas Obat-obatan dan Makanan) bertanggung jawab untuk mengetes produk makanan untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat tertentu. POM juga menguji obat- obatan baru yang dikembangkan perusahaan. Karena potensi efek samping tidak bisa segera diketahui. Contojh lain???

12 Peraturan Pemerintah Mengenai Periklanan Pemerintah juga telah menciptakan hukum yang melarang iklan yang menyesatkan. Namun masih juga belum bisa melindungi semua praktik bisnis yang tidak etis. Beberapa contoh periklanan dapat dikatakan menyesatkan, sangat sulit mengetahui apabila suatu produk itu baru dan diperbarui. Tambahan pula, kondisi seperti ”harga terendah” dapat mempunyai arti atau interpretasi berbeda.

13 Peraturan Pemerintah Mengenai Kompetisi Industri Pemerintah menjamin bahwa konsumen diperlakukan sebagaimana mestinya yaitu dengan mempromosikan persamaan dalam hampir seluruh industri. Persaingan antar perusahaan menguntungkan pelanggan, karena perusahaan yang terlalu memberikan harga berlebihan atau memproduksi barang yang kualitasnya tidak dapat diterima tidak akan bertahan didalam lingkungan persaingan. Karena persaingan, konsumen dapat menghindari perusahaan yang menggunakan taktik penjualan yang menyesatkan.

14 Tanggung Jawab Kepada Karyawan Perusahaan juga mempunyai tanggung jawab kepada karyawannya untuk meyakinkan atas a. rasa aman, b. perlakuan yang wajar dari karyawan lain c. dan kesempatan yang sama. d. Perlindungan dari Pelecehan Seksual

15 TANGGUNG JAWAB KEPADA PEMEGANG SAHAM Perusahaan (pengusaha) bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik mereka (pemegang saham). Karyawan mungkin tergoda untuk membuat keputusan yang memuaskan kepentingannya saja daripada kepentingan pemiliknya. Misalnya, beberapa karyawan mungkin memakai uang perusahaan untuk membeli komputer untuk keperluan pribadi daripada kepentingan perusahaan.

16 Tanggung Jawab Kepada Kreditor Perusahaan bertanggung jawab memenuhi obligasi keuangan mereka kepada kreditor. Jika perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi obligasi (tanggung jawab) mereka, mereka harus memberi tahu para kreditor. Kadang-kadang kreditor bersedia memperpanjang jatuh tempo pembayaran dan malah memberi nasihat kepada perusahaan bagaimana harus memperbaiki kondisi keuangan mereka. Suatu perusahaan mempunyai insentif kuat untuk memuaskan tanggung jawabnya kepada kreditor. Jika perusahaan tidak membayar utang kepada kreditor, mungkin akan dipaksa mengaku bangkrut.

17 Pengusaha - Lingkungan Tanggung Jawab Kepada Lingkungan Proses produksi yang digunakan perusahaan, juga produk yang dihasilkan, dapat merusak lingkungan. a. Polusi Udara b. Polusi Tanah Harus dilakukan upaya preventif dan penyelesaian.

18 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "Intisari Tugas Etika Profesi Pertemuan – 6 ISTA JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google