Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ADVOKASI Oleh : dr.Rozi Abdullah Disampaikan dalam acara LKMM Nasional ISMKI Padang, 2 September 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ADVOKASI Oleh : dr.Rozi Abdullah Disampaikan dalam acara LKMM Nasional ISMKI Padang, 2 September 2012."— Transcript presentasi:

1 ADVOKASI Oleh : dr.Rozi Abdullah Disampaikan dalam acara LKMM Nasional ISMKI Padang, 2 September 2012

2 Review Materi Advokasi Defenisi Advokasi adalah strategi untuk mempengaruhi para pengambil keputusan khususnya pada saat mereka menetapkan peraturan, mengatur sumber daya dan mengambil keputusan

3 Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih banyak dari pada yang dilihat orang lain, melihat lebih jauh dari pada yang dilihat orang lain, dan melihat sebelum orang lain melihat (Leroy Eims)

4 Kebahagiaan akan tumbuh berkembang manakala Anda membantu orang lain. Namun bilamana Anda tidak mencoba membantu sesama, kebahagiaan akan layu dan mengering. Kebahagiaan bagaikan sebuah tanaman, harus disirami tiap hari dengan sikap dan tindakan memberi (J. Donald Walters)

5 Mengapa Advokasi? Contoh Keberhasilan advokasi : Kampus Kedokteran Bebas Asap Rokok Pembatalan UU BHP tahun 2009 Diberlakukannya RPP Tembakau tahun 2012 UU BPJS Tahun 2011 Advokasi yang belum tuntas : RUU Pendidikan Kedokteran

6 Saya melihat seorang pemecah batu sedang memukul sebongkah batu padas sampai seratus kali tanpa kelihatan retak sedikit pun. Tapi, pada pukulan ke seratus satu kali, batu itu pecah menjadi dua. Saya tahu bahwa bukan pukulan terakhir itu yang membelah batu, tapi semua pukulan yang sudah dilakukan sebelumnya (Jacob Riis)

7 Komunikasi Advokasi (C10) : Jelas (Clear) Benar (Correct) Konkret (Concrete) Lengkap (Complete) Ringkas (Concise) Meyakinkan (Convince) Konstekstual (Contexual) Berani (Couragious) Hati –Hati (Cautious) Sopan (Courteous)

8 Prinsip merancang advokasi: Realistis: Spesifik, jelas, dapat terukur. Sistematis: Perencanaan dan skala prioritas Taktis : Koalisi dengan pihak lain Strategis : Melibatkan penggunaan kekuasaan. Melibatkan pemetaan & pengidentifikasian kekuatan kita dan “lawan”, serta pemetaan stakeholders Berani

9 METODE DAN TEKNIK ADVOKASI Lobi politik Seminar/presentasi Media Perkumpulan

10 Tahapan Advokasi TAHAP PERSIAPAN (KAJIAN) TAHAP PELAKSANAAN (AKSI) TAHAP EVALUASI

11 TAHAP PERSIAPAN (KAJIAN)

12 TAHAP PELAKSANAAN (AKSI) Aliansi :Pemilik Kepentingan Public:Opini, Sosialisasi, konsentrasi, Mobilisasi Stake Holder : –Petisi –Audiensi –Demontrasi –Mediasi –Negoisasi

13 Audiensi/Lobying :

14

15 Suatu saat mungkin anda mencium dunia ini bau terasi, kemanapun anda pergi selalu tercium bau terasi, sebelum anda memutuskan bahwa dunia ini penuh dengan terasi, luangkanlah waktu untuk memeriksa hidung anda mungkin ada terasi menempel disitu.

16 Prinsip Dale Carnegie dalam Komunikasi Sosial “Kalau anda ingin mengumpulkan madu jangan tendang sarang lebahnya” 1.Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur baru kesalahan 2.Beritahu kesalahan orang lain dengan cara tidak langsung 3.Bicarakan kesalahan anda dulu sebelum mengkritik 4.Ajukan pertanyaan sebagai ganti memberi perintah langsung 5.Biarkan orang lain menyelamatkan muka 6.Pujilah peningkatan sekecil apapun 7.Beri orang lain reputasi baik untuk mereka penuhi 8.Gunakan dorongan, buat kesalahan tampak mudah diperbaiki 9.Buat orang senang mengerjakan hal yang anda sarankan Buku : Bagaimana Mencari teman dan mempengaruhi orang lain (Dale Carnegie)

17 Simulasi

18 UU Pendidikan Kedokteran Pasal 41 (3) Mahasiswa Kedokteran yang telah disumpah sebagai dokter wajib melaksanakan ikatan dinas, atau mengikuti wajib kerja sarjana, atau mengikuti pegawai tidak tetap

19 Simulasi Persiapan:10 Menit Aksi (Negosiasi):15 menit Diskusi (Evaluasi):10 Menit

20 The next session will start in Persiapan:10 Menit Aksi (Negosiasi):15 menit Diskusi (Evaluasi):10 Menit

21 The next session will start in Persiapan:10 Menit Aksi (Negosiasi):15 menit Diskusi (Evaluasi):10 Menit

22 The next session will start in Persiapan:10 Menit Aksi (Negosiasi):15 menit Diskusi (Evaluasi):10 Menit

23 Jadikan deritaku sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah kekuatan Yang Maha Esa (Bung Karno)

24 “Ketahuilah, kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang tersedia, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya dan jika anda punya kepentingan atau tugas selesaikan segera”.(Hasan Al Bana)

25 Terima Kasih


Download ppt "ADVOKASI Oleh : dr.Rozi Abdullah Disampaikan dalam acara LKMM Nasional ISMKI Padang, 2 September 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google