Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Andri Busana07.41010.0267. Kemajuan dalam hal tekhnologi telah mengubah cara bepergian dan merencanakan kegiatan pariwisata, wisatawan tidak perlu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Andri Busana07.41010.0267. Kemajuan dalam hal tekhnologi telah mengubah cara bepergian dan merencanakan kegiatan pariwisata, wisatawan tidak perlu."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Andri Busana

2 Kemajuan dalam hal tekhnologi telah mengubah cara bepergian dan merencanakan kegiatan pariwisata, wisatawan tidak perlu lagi menggunakan tool offline seperti pensil dan kertas untuk mencatat lokasi obyek wisata tersebut. Misalnya, jika seorang wisatawan berada di daerah pusat kota tujuan, dan melihat sebuah obyek wisata seperti bangunan kuno atau museum, wisatawan pasti ingin tahu diskripsi bangunan tersebut terlebih dahulu untuk memastikan informasi obyek wisata yang sedang dikunjungi, wisatawan tidak bisa mendapatkan informasi tersebut tanpa bergabung dengan kelompok tur atau ponsel dengan akses web. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan dikembangkan sebuah Sistem Navigasi Pariwisata di Jawa Timur Pada Smartphone Android. Sistem ini terdiri dari aplikasi mobile (Android) dan website yang terhubung pada database yang sama. Berdasarkan sistem yang dihasilkan dan serangkaian uji coba yang telah dilakukan, maka dengan memanfaatkan sistem ini wisatawan dapat melihat obyek wisata beserta komponennya, mengetahui posisi keberadaannya, dan mengetahui posisi tempat-tempat wisata yang dipandu dengan arah rute tujuan

3 Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas, maka perumusan masalah yang ada pada sistem ini adalah:  Bagaimana merancang bangun Sistem Navigasi Pariwisata di Jawa Timur pada Smartphone Android yang dapat membantu wisatawan dalam mendapatkan informasi mengenai obyek wisata yang ada di Jawa Timur.  Bagaimana membuat sistem navigasi obyek wisata yang dilengkapi dengan peta digital dan panduan rute tujuan pada Smartphone android.

4  Sistem ini hanya bisa diterapkan pada smartphone Android yang memiliki fitur GPS dan mensyaratkan fasilitas GPS harus dalam keadaan aktif (on).  Ruang lingkup data dalam sistem ini hanya sebatas obyek wisata yang ada di Jawa Timur.  Penambahan fitur obyek wisata dapat dilakukan dengan menambahkan data dan informasi yang dibutuhkan.  Aplikasi sistem navigasi pariwisata pada smarthphone android diperoleh dari webserver pariwisata.  Sistem yang dibuat membutuhkan koneksi internet dan menggunakan server online sebagai media penyimpanan data pariwisata untuk menjaga informasi tetap update.  Fungsi penentuan rute terpendek menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Google Maps.  Peta informasi yang ditampilkan berupa peta dari Google Maps.  Pengguna sistem adalah administrator dan wisatawan (user).  Pariwisata fokus daerah Surabaya dan sekitarnya.

5  Terciptanya sebuah Sistem Navigasi Pariwisata di Jawa Timur pada Smartphone Android yang dapat membantu wisatawan dalam mendapatkan informasi mengenai obyek wisata yang ada di Jawa Timur.  Terciptanya sistem navigasi pariwisata yang dilengkapi dengan peta digital dan panduan rute tujuan dengan memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Google Maps.

6  Sistem navigasi satelit merupakan sistem yang digunakan untuk menentukan posisi di Bumi, dengan menggunakan satelit. Sistem navigasi satelit mengirimkan data posisi (garis bujur dan lintang, dan ketinggian) dan sinyal waktu dari satelit, ke alat penerima di permukaan. Penerima di permukaan dapat mengetahui posisinya, serta waktu yang tepat.

7  Bagian Kontrol  Bagian Angkasa  Bagian Pengguna Hal yang dapat mengurangi kekuatan sinyal satelit:  Kondisi geografis  Hutan  Air  Kaca film mobil  Alat-alat elektronik  Gedung-gedung  Sinyal yang memantul

8  Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem radio navigasi penentuan posisi dengan menggunakan satelit. GPS dapat memberikan posisi suatu objek di muka bumi secara cepat, akurat dan memberikan informasi waktu serta kecepatan bergerak secara kontinyu di seluruh dunia pada setiap saat tanpa tergantung cuaca (Abidin, 2000).

9  Segmen kontrol (control segment) yang terdiri dari stasiun-stasiun pemonitor dan pengontrol satelit  Segmen satelit (space segment) yang terdiri dari satelit-satelit GPS  Segmen pengguna (user segment) yang terdiri dari pengguna sipil dan militer

10  Android adalah sistem operasi terbuka untuk smartphone yang dibuat oleh google corporation, Sistem operasi ini dikembangkan dengan memanfaatkan linux kernel. Lapisan arsitektur sistem operasi android secara umum

11  Google Maps merupakan sebuah layanan gratis peta digital dari Google berbasis web yang dapat digunakan dan ditempatkan pada website tertentu dengan menggunakkan Google Maps API.

12

13

14

15

16

17

18 Package specification Komponen KomponenGUI Package specification Komponen KomponenKontrol

19 Terima Kasih


Download ppt "Oleh: Andri Busana07.41010.0267. Kemajuan dalam hal tekhnologi telah mengubah cara bepergian dan merencanakan kegiatan pariwisata, wisatawan tidak perlu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google