Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

USB DAN FIREWIRE. www.rachmansyah.web.id Latar Belakang Pada PC generasi lama, port serial dan port paralel (printer port) hampir selalu ditemukan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "USB DAN FIREWIRE. www.rachmansyah.web.id Latar Belakang Pada PC generasi lama, port serial dan port paralel (printer port) hampir selalu ditemukan pada."— Transcript presentasi:

1 USB DAN FIREWIRE

2 Latar Belakang Pada PC generasi lama, port serial dan port paralel (printer port) hampir selalu ditemukan pada setiap komputer. Beragam peripheral dapat menggunakan port-port ini seperti mouse, keyboard, printer, joystick dll. Pada PC generasi lama, port serial dan port paralel (printer port) hampir selalu ditemukan pada setiap komputer. Beragam peripheral dapat menggunakan port-port ini seperti mouse, keyboard, printer, joystick dll. Saat ini pada saat kecepatan prosesor, memori, serta peripheral semakin tinggi kedua jenis port ini seringkali merupakan bottleneck pada saat pemrosesan data. Saat ini pada saat kecepatan prosesor, memori, serta peripheral semakin tinggi kedua jenis port ini seringkali merupakan bottleneck pada saat pemrosesan data.

3 Kecepatan yang bisa dicapai dengan port serial dan paralel : Jenis portKecepatan Serial port115 kbits/s Standard parallel port115 kbytes/s ECP / EPP paralel port3 Mbytes/s

4 Latar Belakang Selain itu untuk memasang peripheral pada port-port tersebut digunakan beragam jenis kabel. Pemasangannya sendiri sering kali tidak gampang karena melibatkan penyetelan DIP Switch atau jumper untuk menentukan alamat dan IRQ dari peripheral tersebut. Selain itu untuk memasang peripheral pada port-port tersebut digunakan beragam jenis kabel. Pemasangannya sendiri sering kali tidak gampang karena melibatkan penyetelan DIP Switch atau jumper untuk menentukan alamat dan IRQ dari peripheral tersebut. Di lain pihak user menginginkan kabel yang digunakan sesederhana mungkin dan pemasangannya semudah menghubungkan pesawat telepon ke line telepon. Di lain pihak user menginginkan kabel yang digunakan sesederhana mungkin dan pemasangannya semudah menghubungkan pesawat telepon ke line telepon. Untuk itu sejumlah perusahaan pembuat peripheral memperkenalkan 2 standar yang memungkinkan hal-hal tersebut terwujud. Kedua standar tersebut adalah Universal Serial Bus (USB) dan IEEE 1394 FireWire. Untuk itu sejumlah perusahaan pembuat peripheral memperkenalkan 2 standar yang memungkinkan hal-hal tersebut terwujud. Kedua standar tersebut adalah Universal Serial Bus (USB) dan IEEE 1394 FireWire.

5 Universal Serial Bus (USB) USB adalah sebuah standar bus eksternal serial yang mendukung kecepatan transfer data sampai 12 Mbits/s. USB adalah sebuah standar bus eksternal serial yang mendukung kecepatan transfer data sampai 12 Mbits/s. Bus eksternal adalah bus yang menghubungkan komputer dengan peralatan peripheral. Bus eksternal adalah bus yang menghubungkan komputer dengan peralatan peripheral. Standar ini dikembangkan oleh Compaq, IBM, DEC, Intel, Microsoft, NEC, and Northern Telecom. Standar ini dikembangkan oleh Compaq, IBM, DEC, Intel, Microsoft, NEC, and Northern Telecom.

6 Port dan Plug USB Port dan Plug USB

7 Kabel dan Konektor Standar ini menetapkan 2 jenis kabel, yaitu kabel untuk transfer data dengan kecepatan rendah 1,5 Mbps dan kabel dengan shield yang lebih baik untuk transfer data dengan kecepatan 12 Mbps. Standar ini menetapkan 2 jenis kabel, yaitu kabel untuk transfer data dengan kecepatan rendah 1,5 Mbps dan kabel dengan shield yang lebih baik untuk transfer data dengan kecepatan 12 Mbps. Panjang kabel maksimum 5 m untuk koneksi 12 Mbps dan 3 m untuk kecepatan 1,5 Mbps. Panjang kabel maksimum 5 m untuk koneksi 12 Mbps dan 3 m untuk kecepatan 1,5 Mbps. Juga ditetapkan 2 jenis konektor untuk menghubungkan sebuah host (komputer) dengan peripheral. Konektor "A" terhubung ke host sedangkan konektor "B" dihubungkan ke peripheral. Juga ditetapkan 2 jenis konektor untuk menghubungkan sebuah host (komputer) dengan peripheral. Konektor "A" terhubung ke host sedangkan konektor "B" dihubungkan ke peripheral.

8

9 USB HUB Jika jumlah port USB yang ada hanya 1, sedangkan jumlah peripheral USB yang akan dihubungkan ke komputer banyak, maka dapat digunakan sebuah hub untuk menambah jumlah koneksi. Pada sebuah port USB dapat dihubungkan sebanyak 127 peripheral. Jika jumlah port USB yang ada hanya 1, sedangkan jumlah peripheral USB yang akan dihubungkan ke komputer banyak, maka dapat digunakan sebuah hub untuk menambah jumlah koneksi. Pada sebuah port USB dapat dihubungkan sebanyak 127 peripheral.

10 USB Hub

11 Power management Kabel USB terdiri dari sepasang kabel untuk data dan 2 kabel untuk power. Kabel USB terdiri dari sepasang kabel untuk data dan 2 kabel untuk power.

12 Power management Peripheral yang menarik arus lebih kecil dari 100 mA, seperti mouse, keyboard, kamera digital bisa mengambil catu daya melalui kabel (disuplai oleh host). Tetapi jika daya yang dibutuhkan besar harus menggunakan catu daya terpisah. Peripheral yang menarik arus lebih kecil dari 100 mA, seperti mouse, keyboard, kamera digital bisa mengambil catu daya melalui kabel (disuplai oleh host). Tetapi jika daya yang dibutuhkan besar harus menggunakan catu daya terpisah. Perangkat USB bersifat hot-swappable atau hot- plugging, artinya dapat dihubungkan dan dicopot dari komputer tanpa terlebih dahulu mematikan catu daya komputer. Perangkat USB bersifat hot-swappable atau hot- plugging, artinya dapat dihubungkan dan dicopot dari komputer tanpa terlebih dahulu mematikan catu daya komputer.

13 Transfer rate USB mampu mendukung kecepatan transfer data 1,5 Mbps untuk peripheral yang lambat, 12 Mbps untuk peripheral dengan kecepatan menengah, dan dengan standar yang baru (USB 2.0) mampu mendukung kecepatan 480 Mbps. USB mampu mendukung kecepatan transfer data 1,5 Mbps untuk peripheral yang lambat, 12 Mbps untuk peripheral dengan kecepatan menengah, dan dengan standar yang baru (USB 2.0) mampu mendukung kecepatan 480 Mbps. Jika peripheral yang terhubung menggunakan kecepatan yang berbeda antar host dan peripheral akan terlebih dahulu dilakukan negosiasi untuk menentukan kecepatan yang digunakan. Jika peripheral yang terhubung menggunakan kecepatan yang berbeda antar host dan peripheral akan terlebih dahulu dilakukan negosiasi untuk menentukan kecepatan yang digunakan.

14 Inisialisasi Perangkat USB bersifat plug and play. Perangkat USB bersifat plug and play. Apabila host (komputer) dinyalakan, ia akan memeriksa semua peripheral yang terhubung padanya dan memberikan alamat yang berbeda pada tiap peripheral. Proses ini disebut enumeration. Apabila host (komputer) dinyalakan, ia akan memeriksa semua peripheral yang terhubung padanya dan memberikan alamat yang berbeda pada tiap peripheral. Proses ini disebut enumeration. Komunikasi USB terjadi antara host dengan endpoint yang terletak pada peripheral. Sebuah endpoint adalah bagian yang dapat dialamati secara unik,yang merupakan sumber atau tujuan data. Komunikasi USB terjadi antara host dengan endpoint yang terletak pada peripheral. Sebuah endpoint adalah bagian yang dapat dialamati secara unik,yang merupakan sumber atau tujuan data. Pada saat berkomunikasi dengan host, tiap endpoint mengirimkan suatu descriptor, yaitu suatu struktur data yang berisi informasi mengenai konfigurasi endpoint, tipe transfer yang digunakan, ukuran maksimum paket data, bandwidth yang dibutuhkan, dan mungkin juga interval waktu antara tiap transfer data. Pada saat berkomunikasi dengan host, tiap endpoint mengirimkan suatu descriptor, yaitu suatu struktur data yang berisi informasi mengenai konfigurasi endpoint, tipe transfer yang digunakan, ukuran maksimum paket data, bandwidth yang dibutuhkan, dan mungkin juga interval waktu antara tiap transfer data.

15 Jenis transfer data USB mendukung 4 jenis transfer data, yaitu : control, interrupt, bulk, isochronous. USB mendukung 4 jenis transfer data, yaitu : control, interrupt, bulk, isochronous. Control : Digunakan untuk saling bertukar informasi kontrol antara host dan perangkat. Informasi tersebut berupa konfigurasi, setup, dan juga command. Control : Digunakan untuk saling bertukar informasi kontrol antara host dan perangkat. Informasi tersebut berupa konfigurasi, setup, dan juga command. Interrupt :Transfer data yang digunakan oleh perangkat- perangkat yang membutuhkan tanggapan segera, tetapi yang hanya mengirimkan sejumlah kecil data. Digunakan oleh mouse dan keyboard. Interrupt :Transfer data yang digunakan oleh perangkat- perangkat yang membutuhkan tanggapan segera, tetapi yang hanya mengirimkan sejumlah kecil data. Digunakan oleh mouse dan keyboard. Bulk : Transfer data ini memindahkan data dalam jumlah yang besar tetapi yang sifatnya tidak time critical. Transfer ini memggunakan bandwidth yang tidak digunakan (pada saat tidak digunakan untuk transfer data yang lebih penting). Digunakan oleh printer dan scanner. Bulk : Transfer data ini memindahkan data dalam jumlah yang besar tetapi yang sifatnya tidak time critical. Transfer ini memggunakan bandwidth yang tidak digunakan (pada saat tidak digunakan untuk transfer data yang lebih penting). Digunakan oleh printer dan scanner. Isochronous : Digunakan untuk menangani streaming data seperti data audio maupun video. Data-data ini bersifat time sensitive. Isochronous : Digunakan untuk menangani streaming data seperti data audio maupun video. Data-data ini bersifat time sensitive.

16 Peripheral yang menggunakan USB Printers Printers Scanners Scanners Mice Mice Joysticks Joysticks Digital cameras Digital cameras Webcams Webcams Scientific data acquisition devices Scientific data acquisition devices Modems Modems Speakers Speakers Telephones Telephones Video phones Video phones Storage devices such as Zip drives Storage devices such as Zip drives Network connections Network connections

17 IEEE 1394 FireWire FireWire adalah sebuah standar bus eksternal serial yang mendukung kecepatan transfer data sampai 400 Mbits/s. FireWire adalah sebuah standar bus eksternal serial yang mendukung kecepatan transfer data sampai 400 Mbits/s. Pada awalnya dikembangkan oleh Apple Computer Inc. Pada awalnya dikembangkan oleh Apple Computer Inc.

18 Cable & Socket Firewire menggunakan 2 pasang kabel yang dilindungi suatu konduktor (shielded pair) dan 2 kabel untuk catu daya. Seperti USB, peripheral yang menggunakan daya kecil dapat memperoleh suplai data melalui kabel ini. Firewire menggunakan 2 pasang kabel yang dilindungi suatu konduktor (shielded pair) dan 2 kabel untuk catu daya. Seperti USB, peripheral yang menggunakan daya kecil dapat memperoleh suplai data melalui kabel ini. Panjang kabel maksimum 14 feet (+/- 4,27 m). Panjang kabel maksimum 14 feet (+/- 4,27 m).

19 Karakteristik FireWire Kecepatan transfer data 100, 200, 400 Mbits/s Kecepatan transfer data 100, 200, 400 Mbits/s Scalable, perangkat dengan kecepatan yang berbeda dapat digabung pada bus yang sama. Scalable, perangkat dengan kecepatan yang berbeda dapat digabung pada bus yang sama. Sebanyak 63 perangkat dapat dihubungkan pada bus yang sama. Sebanyak 63 perangkat dapat dihubungkan pada bus yang sama. Plug and Play Plug and Play Melakukan proses enumeration Melakukan proses enumeration Hot-pluggable Hot-pluggable Peer to peer, dapat langsung menghubungkan 2 peripheral, misalnya sebuah Digital Video Recorder (DVR) dan kamera digital. Peer to peer, dapat langsung menghubungkan 2 peripheral, misalnya sebuah Digital Video Recorder (DVR) dan kamera digital.

20 Karakteristik FireWire Secara fisik mudah untuk digunakan, tanpa menggunakan terminator khusus atau pengesetan device ID (DIP switch). Secara fisik mudah untuk digunakan, tanpa menggunakan terminator khusus atau pengesetan device ID (DIP switch). Menggunakan 2 jenis transfer data : asynchronous data transfer dan isochronous data transfer. Menggunakan 2 jenis transfer data : asynchronous data transfer dan isochronous data transfer. asynchronous data transfer, bentuk komunikasi komputer tradisional dalam bentuk request-and- acknowledge. asynchronous data transfer, bentuk komunikasi komputer tradisional dalam bentuk request-and- acknowledge. isochronous data transfer, transfer data kontinu dengan kecepatan yang ditentukan sebelumnya. isochronous data transfer, transfer data kontinu dengan kecepatan yang ditentukan sebelumnya.

21 Perbandingan USB dengan Firewire Perbedaan utama antara USB dan Firewire adalah bahwa Firewire dimaksudkan untuk perangkat dengan kecepatan yang lebih tinggi seperti disk drives, camcoder, DVD player, high quality video stream. Perbedaan utama antara USB dan Firewire adalah bahwa Firewire dimaksudkan untuk perangkat dengan kecepatan yang lebih tinggi seperti disk drives, camcoder, DVD player, high quality video stream. USB cocok untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth rendah sampai menengah seperti mouse, keyboard, printer, scanner, audio. USB cocok untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth rendah sampai menengah seperti mouse, keyboard, printer, scanner, audio. Implementasi FireWire juga lebih mahal dibanding USB. Implementasi FireWire juga lebih mahal dibanding USB.

22 Perbandingan secara garis besar :


Download ppt "USB DAN FIREWIRE. www.rachmansyah.web.id Latar Belakang Pada PC generasi lama, port serial dan port paralel (printer port) hampir selalu ditemukan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google