Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamu’alaikum Wr. Wb SALAM JUMPA KELAS III D PGSD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamu’alaikum Wr. Wb SALAM JUMPA KELAS III D PGSD."— Transcript presentasi:

1 Assalamu’alaikum Wr. Wb SALAM JUMPA KELAS III D PGSD

2 Kelompok 8 FISIKA SD 1.Wiji lestari( ) 2.Warsi S.( ) 3.Kun Habaib( ) 4.Adryan W.( )

3 Pembiasan lensa bikonveks dan lensa bikonkaf Lensa adalah suatu benda bening yang dibatasi oleh dua permukaan bidang lengkung atau salah satunya datar. adalah suatu benda bening yang dibatasi oleh dua permukaan bidang lengkung atau salah satunya datar.

4 A. Lensa Cembung adalah lensa yang bagian tengah lebih tebal dibandingkan sisi tepinya. Lensa cembung dibagi menjadi tiga, yaitu: (1) lensa bikonveks atau cembung dua, (1) lensa bikonveks atau cembung dua, (2) lensaplankonveks atau cembung datar (2) lensaplankonveks atau cembung datar (3) lensa konkafkonveks atau cembung cekung. (3) lensa konkafkonveks atau cembung cekung.

5 Bagian-bagian lensa cembung: Gambar. Bagian lensa cembung

6 Keterangan: O= titik pusat lensa F= titik fokus, yaitu suatu titik tempat mengumpulkansinar bias yang berasal dari sinar datang yangsejajar sumbu utama 2F= titik pusat lensa, yaitu titik pusat jari-jari kelengkungan lensa f= jarak fokus lensa, yaitu jarak dari titik O (titik pusatlensa) ke titik F O – F2 = benda di ruang I F2 – 2F2 = benda di ruang II 2F = = = = benda di ruang III O – F1 = bayangan di ruang I F1 – 2F1= bayangan di ruang II 2F = = = = bayangan di ruang III

7 Pada lensa cembung terdapat sinar istimewa, yaitu: Sinar yang sejajar sumbu utama dibiaskan melalui titik api utama. Sinar datang melalui titik api utama (F1), dibiaskan sejajar dengan sumbu utama. Sinar datang melalui pusat optik lensa tidak dibiaskan. Sifat bayangan yang dihasilkan oleh lensa cembung tergantung kedudukan letak benda dari posisi lensa. a.Benda di ruang III, sifat bayangan: bayangan berada di ruang II, terbalik,nyata, dan diperkecil. b. Benda di 2F2, sifat bayangan: bayangan di 2F1, terbalik, nyata dan sama besar.

8 c. Benda di ruang II, sifat bayangan: bayangan di ruang II, terbalik, nyata,diperbesar. d. Benda di F2, sifat bayangan: tidak terjadi bayangan e. Benda di ruang I, sifat bayangan: bayangan di depan lensa, tegak, nyata,diperbesar.

9 Contoh: Gambar. Pembentukan bayangan di ruang III pada lensa cembung

10 EXPERIMENT Bahan: Bola lampu bekasBola lampu bekas AirAir Benda fokusBenda fokus Cara kerja : ( Praktik )

11 Berdasar pada sifat bayangan yang dihasilkan, kelebihan lensa cembungdimanfaatkan untuk: kaca pembesar, kaca mata, mikroskop, kamera, dan sebagainya.Berdasar pada sifat bayangan yang dihasilkan, kelebihan lensa cembungdimanfaatkan untuk: kaca pembesar, kaca mata, mikroskop, kamera, dan sebagainya.

12 B. Lensa Cekung Lensa cekung berbentuk tipis di bagian tengah dan tebal di bagian tepi. Lensa cekung atau konkaf disebut juga lensa divergen karena sinar-sinar yang melaluinya akan dibiaskan menyebar.Lensa cekung atau konkaf disebut juga lensa divergen karena sinar-sinar yang melaluinya akan dibiaskan menyebar. Lensa cekung terdiri dari tiga jenis, yaitu: Lensa cekung terdiri dari tiga jenis, yaitu: (1)lensa bikonkaf atau cekung dua (2)lensa plankonkaf atau lensa cekung datar (3) lensa konvekskonkaf atau cekung cembung.

13 Ketiga sinar utama itu pada lensa cekung adalah: Sinar datang sejajar dengan sumbu utama dibiaskan seakan-akan berasal dari titik fokus. Sinar datang sejajar dengan sumbu utama dibiaskan seakan-akan berasal dari titik fokus. Sinar datang menuju titik api utama, dibiaskan sejajar dengan sumbu utama. Sinar datang menuju titik api utama, dibiaskan sejajar dengan sumbu utama. Sinar datang melalui pusat lensa O tidak dibiaskan (diteruskan). Sinar datang melalui pusat lensa O tidak dibiaskan (diteruskan).

14 Untuk melukis bayangan pada lensa cekung diperlukan dua sinar utama. Gambar. Pembentukan bayangan pada lensa cekung

15 Sifat bayangan: bayangan di depan lensa, maya, tegak dan diperkecil.Sifat bayangan: bayangan di depan lensa, maya, tegak dan diperkecil.

16 Terima kasih Wassalamu’alaikum Wr. Wb


Download ppt "Assalamu’alaikum Wr. Wb SALAM JUMPA KELAS III D PGSD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google