Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NUR HIDAYAH, 2150404041 JENIS TINDAK TUTUR DAN PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM WACANA EMPAT MATA DI TRANS-7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NUR HIDAYAH, 2150404041 JENIS TINDAK TUTUR DAN PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM WACANA EMPAT MATA DI TRANS-7."— Transcript presentasi:

1 NUR HIDAYAH, JENIS TINDAK TUTUR DAN PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM WACANA EMPAT MATA DI TRANS-7

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : NUR HIDAYAH - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - aida_azzahra pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Prof.Dr.Rustono,M.Hum - PEMBIMBING 2 : Dr.Subyantoro,M.Hum - TGL UJIAN :

3 Judul JENIS TINDAK TUTUR DAN PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM WACANA EMPAT MATA DI TRANS-7

4 Abstrak Tindak tutur merupakan wujud peristiwa komunikasi bukanlah peristiwa yang terjadi dengan sendirinya, melainkan mempunyai fungsi, mengandung maksud, dan tujuan tertentu serta dapat menimbulkan pengaruh atau akibat mitra tutur. Tujuan dalam tuturan tersebut yakni upaya untuk mencapai suatu hasil yang dikehendaki oleh penutur kepada mitra tutur. Tujuannya yaitu untuk menyampaikan informasi, menyampaikan berita, membujuk, menyarankan, memerintahkan, dan sebagainya. Prinsip kesantunan adalah prinsip yang berkenaan dengan aturan tentang hal-hal yang bersifat sosial, estetika, dan moral dalam bertindak tutur. Semakin tinggi tingkat pelanggarannya semakin menarik dan banyak yang nonton talk show dalam televisi. Masalah penelitian ini adalah (1) jenis tindak tutur dalam wacana acara empat mata di trans-7, (2) bidal yang dipatuhi dalam wacana acara empat mata di trans-7 dan, (3) pelanggaran prinsip kesantunan dalam wacana acara empat mata di trans-7. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi jenis tindak tutur dalam wacana acara empat mata di trans-7, (2) mendeskripsi wujud bidal-bidal yang dipatuhi dalam wacana acara empat mata di trans-7 dan, (3) mendeskripsi wujud bidal-bidal yang dilanggar dalam wacana acara empat mata di trans-7. Data penelitian ini berupa penggalan wacana yang mengandung jenis tindak tutur, dan tuturan yang mematuhi dan dilanggar dalam prinsip kesantunan. Data dikumpulkan dengan menyimak. Pada waktu menyimak peristiwa tuturan yang berlangsung dalam acara empat mata, peneliti juga merekam tuturan dari sumber data tersebut. Hasil rekaman ditranskip dalam bentuk tulisan dan dicatat dalam bentuk data. Data tersebut kemudian diidentifikasi jenis tindak tutur, bidalbidal yang dipatuhi, dan bidal-bidal yang dilanggar dalam wacana acara empat mata di trans-7. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik identifikasi, dan normatif. Hasil penelitian ini adalah delapan jenis tindak tutur, yaitu (a) tindak tutur lokusi; (b) tindak tutur ilokusi; (c) tindak tutur perlokusi; (d) tindak tutur representatif; (e) tindak tutur direktif; (f) tindak tutur ekspresif; (g) tindak tutur komisif; dan (h) tindak tutur deklarasi. Selain jenis tindak tutur, dalam penelitian ini mendeskripsi enam bidal yang dipatuhi dan enam bidal yang dilanggar, yaitu (a) bidal ketimbangrasaan; (b) bidal kemurahhatian; (c) bidal keperkenaan; (d) bidal kerendahhatian; (e) bidal kesetujuan; dan (f) bidal kesimpatian, implikasi pematuhan dan pelanggaran dalam wacana acara empat mata di trans-7 terhadap penonton. Peneliti berharap semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai saran untuk acara Empat Mata yang ditayangkan di trans-7 untuk mengurangi pelanggaran prinsip kesantunannya, karena semakin tinggi tingkat pelanggarannya semakin rendah pula nilai didiknya dan sebaliknya semakin rendah tingakat pelanggarannya maka semakin tinggi nilai didiknya..

5 Kata Kunci tindak tutur, jenis tindak tutur, prinsip kesantunan

6 Referensi Adi, S Tindak Tutur dalam Wacana Percakapan di Radio Komunikasi Muda Mudi Frekuensi Mhz Lokal Pemalang: Kajian Jenis dan Pola Tindak Tutur. Skripsi. Semarang: Unnes. Alwi, Hasan dkk Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Arifianti, Ika Variasi Tindak Tutur Penerimaan dan Penolakan Pembeli dalam Transaksi Jual Beli Batik di Pasar Grosir Setono Pekalongan: Kajian Sosiopragmatik. Skripsi. Semarang: Unnes. Aristyani, Yulia Kesantunan dalam Dialog Pada Wacana Dongeng Anak- Anak Berbahasa Indonesia di Sekolah. Skripsi. Semarang: Unnes. Fairuz Jenis dan Fungsi Tindak Tutur Pemandu Wisata di Bali. Skripsi. Semarang: Unnes. Gunarwan, Asim Pragmatik Pandangan Mata Burung. Jakarta: Unika Atmajaya. Ibrahim, Syukur Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional. Indrawati Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kesantunan di dalam Percakapan Antarmahasiswa pada Saat Santai di Lingkungan Kampus. Skripsi. Semarang: Unnes. Leech, Geoffrey Prinsip-Prinsip Pragmatik Terjamahan Oka. Jakarta: UI Press. Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muhadjirin, Noeng Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwo, Bambang Kaswadi Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius. Rustono Pokok- Pokok Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press. Sudaryanto Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yagyakarta: Duta Wacana University Press. Sudaryanto Metode Linguistik Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjahmada University Press. Sumarsono Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA. Sisbiyanto Kesantunan Direktif Bahasa Inggris di Kalangan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Seluruh Perguruan Tinggi di Jawa Tengah. Srikripsi. Semarang Unnes. Suyono Pragmatik: Dasar-dasar dan Pengajaran. Malang: YA3. Tarigan, Henry Guntur Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry Guntur Pengajaran Kopetensi Bahasa Suatu Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Depdikbud. Wijana, I Dewa Putu Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI. Yuniarsih, Luthfi Tindak Tutur Lokusi Siswa Taman Kanak-Kanak di Lingkungan sekolah. Skripsi. Semarang: Unnes.

7 Terima Kasih


Download ppt "NUR HIDAYAH, 2150404041 JENIS TINDAK TUTUR DAN PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM WACANA EMPAT MATA DI TRANS-7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google