Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INVESTASI PADA ENTITAS ASOSIASI PSAK 15. DEFINISI Entitas asosiasi ◦Adalah suatu entitas, termasuk entitas nonkorporasi seperti persekutuan, dimana investor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INVESTASI PADA ENTITAS ASOSIASI PSAK 15. DEFINISI Entitas asosiasi ◦Adalah suatu entitas, termasuk entitas nonkorporasi seperti persekutuan, dimana investor."— Transcript presentasi:

1 INVESTASI PADA ENTITAS ASOSIASI PSAK 15

2 DEFINISI Entitas asosiasi ◦Adalah suatu entitas, termasuk entitas nonkorporasi seperti persekutuan, dimana investor mempunyai pengaruh signifikan dan bukan merupakan entitas anak ataupun bagian partisipasi dalam ventura bersama Pengaruh signifikan ◦Adalah kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional investee, tetapi tidak mengendalikan atau mengendalikan bersama atas kebijakan tersebut.

3 PENGARUH SIGNIFIKAN Jika investor memiliki, secara langsung maupun tidak langsung (misalnya melalui entitas anak), 20% atau lebih hak suara investee. Pengaruh signifikan dibuktikan dengan cara: ◦Keterwakilan dlm dewan direksi/komisaris ◦Partisipasi dlm proses pembuatan kebijakan ◦Adanya transaksi material antara investor dengan investee ◦Pertukaran personel manajerial ◦Penyediaan informasi teknis pokok

4 PENGARUH SIGNIFIKAN Apabila entitas memiliki hak suara potensial maka dipertimbangkan dalam penilaian pengaruh signifikan. Entitas kehilangan pengaruh signifikan atas investee ketika entitas kehilangan kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional investee

5 METODE EKUITAS Investasi pada entitas asosiasi dicatat menggunakan metode ekuitas. Investor menghentikan penggunaan metode ekuitas sejak tanggal investor tidak lagi memiliki pengaruh signifikan. Ketika investasi dihentikan pada entitas asosiasi dan dicatat sesuai dengan PSAK 55 (instrumen keuangan pengakuan dan pengukuran).

6 METODE EKUITAS Banyak prosedur yang serupa dengan porsedur konsolidasi seperti dalam PSAK 4 Pada saat perolehan investasi, setiap selisih antara biaya perolehan investasi dengan bagian investor atas nilai wajar neto aset dan liabilitas teridentifikasi dicatat: ◦Goodwill – amortisasi tidak diperkenankan ◦Dimasukkan sebagai penghasilan dlm menentukan bagian investor atas laba atau rugi entitas asosiasi pada periode investasi diperoleh.

7 TANGGAL PELAPORAN Tanggal pelaporan entitas asosiasi sama dengan investor. Apabila berbeda maka disesuaikan. Maksimal perbedaan tiga bulan. Laporan keuangan investor disusun dengan menggunakan kebijakan akuntansi yang sama untuk transaksi dan peristiwa serupa.

8 METODE EKUITAS Jika asosiasi memiliki saham preferen kumulatif yang dimiliki oleh pihak selain investor dan diklasifikasikan sebagai ekuitas, maka investor menghitung bagiannya atas laba atau rugi setelah penyesuaian deviden. Jika bagian investor atas rugi entitas asosiasi sama dengan atau melebihi kepentingannya pada entitas asosiasi, maka investor menghentikan pengakuan bagiannya atas rugi lebih lanjut.

9 RUGI PENURUNAN NILAI Untuk mengakui tambahan rugi penurunan nilai dengan memperhatikan investasi neto investor pada entitas asosiasi diterapkan sesuai PSAK 55 Goodwill tidak dilakukan pengujian penurunan nilai secara terpisah. Seluruh nilai tercatat investasi diuji penurunan nilai berdasarkan PSAK 48 sebagai aset tunggal. ◦Membandingkan antara jumlah terpulihkan dengan jumlah tercatatnya.

10 PENGUNGKAPAN Nilai wajar investasi Ringkasan informasi keuangan Alasan investor memiliki pengaruh signifikan dg kepemilikan kurang dr 20% Alasan invetor tdk memiliki pengaruh signifikan dg kepemilikan lebih dr 20% Akhir periode pelaporan jika tgl berbeda Sifat dan tingkatan setiap pembatasan signifikan Bagian rugi entitas asosiasi yg tidak diakui Ringkasann informasi keuangan dg metode ekuitas.

11 PENGUNGKAPAN Investasi pada entitas asosiasi diklasifikasikan sebagai aset tidak lancar. Bagian investor atas perubahan yang diakui dalam pendapatan komprehensif lain entitas asosiasi diakui oleh investor dalam pendapatan komprehensif lain. Liabilitas kontinjensi sesuai PSAK 57.


Download ppt "INVESTASI PADA ENTITAS ASOSIASI PSAK 15. DEFINISI Entitas asosiasi ◦Adalah suatu entitas, termasuk entitas nonkorporasi seperti persekutuan, dimana investor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google