Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wujud Kebudayaan. Peradaban adalah wujud kebudayaan sebagai hasil krativitas manusia baik yang berupa materiil maupun yang bersifat non materiil dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wujud Kebudayaan. Peradaban adalah wujud kebudayaan sebagai hasil krativitas manusia baik yang berupa materiil maupun yang bersifat non materiil dalam."— Transcript presentasi:

1 Wujud Kebudayaan

2 Peradaban adalah wujud kebudayaan sebagai hasil krativitas manusia baik yang berupa materiil maupun yang bersifat non materiil dalam bentuk nilai,moral norma atika dan estetika. Betuk beentuk non materiil inilah yang akan dibahas berikutnya * Menurut Ki Ajar Dewan toro etika adalah ilmu yang mempelajari soal kebaikan dan keburukan didalam hudup manusia semua

3 Teristimewa yang mengenai gerak gerik pikiran dan rasa yang dapat merupakan pertimbangan dan perasaan sampai mengenai tujuannya yang dapat merupakan perbuatan. Etika adalah sebuah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya meliputi perilaku yang dianggap baik dan prilaku yang dianggap tidak baik.

4 Etika merupakan suatu ajaranyang melakukan refleksi kjritis atas ajaran norma ajaran moral tugas etika adalah mencari ukuran baik dan buruk tingkah laku manusia. Secara dikatomis Etika dapat dibagi : 1Etika diskritif : yang berusaha mengkaji secara kritis dan rational tentang sikap dan pola prilaku manusia dan apa yang dikerjakan oleh manusia dalam hidup sebagai sesuatu yang bernilai.

5 2 Etika Normatif : adalah berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku yang idial yang seharusnya dimiliki oleh manusia (berupa norma norma. ) Menurut Th,L Vanhoeven : Norma berasal dari kata “normalis “ yang berarti menurut petunjuk laidahkabiasaan,kelaziman,patokan,Standar ukuran. Norma norma yang ada dalam masyarakat mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda yang dapat dirinci Sbb:

6 1.Folk ways yakni norma norma yang berdasar kebiasaan atau kelaziman dalam tradisi,dan apabila dilanggar tidak asda sangsinya.tetapi hanya dianggap aneh dan menjadi sasaran pembicaraan umum saja.Umpama : Tatacara berpakaian,tatacara makan,tata cara sopan santun. 2. Mores (tata kelakuan ) yakni norma moral yang menentukan suatu kelakuan tergolong benar atau salah,baik atau buruk.

7 Norma norma atau kaidah tersebut sebetulnya bertujauan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.Perbuatan yang melanggar mores bisanya dikenakan sangsi.jadi individu yang melanggar mores dikenakan hukum. Moral adalh nilai nilai dalam masyarakat dalam hubungannya dengan kesusilaan.Moralitas adalah sistim nilai tentang bagaimana orang harus hidup secara baik sebagai manusia,dan sekaligus merupakan petunjuk konkrit yang siap pakai tentang bagaimana orang itu harus hidup.

8 H sebagai wujud dari masyarakat bermoral yang selanjutnya akan terjadi dekadensi moral. Secara umum istilah “Estetika” berarti teori tetang ilmu pengindraan.kemudiaqn diberi diberi pengertian yang lebih luas menjadi Teori tentang keindahan dan seni. Melaui panca indra manusia dapat merasakan sesuatu. Apabila manusia dalam merasakan sesuatu itu menyenangkan timbullah perasan puas..

9 Kepuasan timbul setelah seseorang melihat atau meraskan sesuatu yang indah Rasa kepuasan itu lahir setelah perasaan keindahan yang ada pada setiap orang itu bangkit. Tiap tiap orang memiliki perasan keindahan yaitu emampuan terpesona tergerak oleh ciptaan yang indah tidak acuh tak acuh tetapi mengambil sikap senang atau tidak senang.

10 E Trdisi,Modernisasi,dan Masyarakat Madani. 1.Tradisi Tingkatan peradaban maupun kehidupan masyarakat yang modern ternyata tidak mampu adat kebiasaan yang hidup serta yang berhubungan dengan tradisi rakyat yang merupakan adat kebiasaan turun temurun yang masih dijalankan dimasyarakat karena adanya penilaian bahwa cara cara yang telah ada merupakan cara yang paling baik dan benar.

11 Dan hal yang sangat mengagumkab bagi udaya bangsa dan jika terjadi perubahan maka yang nasmpak dalam perubahan itu adalah adat yang menyesuaikan dengan perubahan itu Bangsa Indonesia yang berbhieka maka adat bangsa Indonesia yang berbhineka itu tidak mati melainkan selalu berkembang senantiasa bergerak serta berdasarkan keharusan selalu dalam keadaan evolusi mengikuti proses perkembangan bangsanya.

12 Modernisasi. Manifesto konsep mderniasai timbul di Inggri pada abadke 18 dengan meletusnya Revolusi Industri.Yang mengubah cara Produksi tradisional kemodern Modernisasi masyaakat adalagsuatu proses tranformasi yang mengubah : Dibidang Ekonomi :modernisasi berarti tumbuhnya komplek industri yang besar dimana produksi barang konsumsi dan sarana dibuat secara masal.

13 Dibidang politik dikatakan bahwa ekonomi yang modern memerlukan ada masyarakat nasional dengan integrasi yang baik. Pandangan Sarjana mengenai Modernisasi : 1Modernisasi :Rangkaian perunahan cara hidup manusia yang komplek dan saling berhubungan merupakan bagaian pengalaman universal dan yang dalam banyak kesempatan yang merupakan harapan bagi kesejahtraan manusia (Cryl Edwin Bllack )

14 2. Kncaranigrat :: Modrnisasi merupakan usahapenyesuaian hidup dengan konstalasi dunia sekarang ini 3.Schorrl : Moderniasasi adalah proses penterapan ilmu pengetahuan dan tenologi kedalam sutu segi kehidupan manusia dengan tingkat yang berbeda tetapi tujuan utamanya untuk mencarai hidup yang lebih baik dan nyaman dalam arti yang seluas luasnya.

15 4. Smith (1973) Modernisasi adalah proses yang dilandasi dengan seperangkat rencana dan kebijaksanaan yang disadari untuk mengubah masyarakat kearah kehidupan masyarakat yang kotemporer yang menurut penilaian lebih maju dalam taraf kehormatan tertentu. b. Sayarat modrnisasi : -Berpikir ilmiah yang institusionalizsed dalam kelas penguasa maupun masyarakat.

16 -Sistim administrasi negara yang baik dan benar benar mewujudkan birokrasi. -Adanya sistim pengumpulan dta yang baik dan teratur yang terpusat pada lembaga tertentu. -Penciptaan iklim yang baiak dan teratur dari masyarakat terhadap modrnisasi. Dengan cara penggunaan alat komuni massa. -Tingkat organisasi yang tinggi dan disiplin yang tinggi

17 -Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaannya -Ciri ciri Modernisasi : -Kebutuan materi dan ajang persaingan kebutuhan manusia -Kemajuan teknologi dan industrilisasi individualisme, sekulerisme diferensiasi dan akulturasi. -Banyak memberi kemudahan bagi manusia

18 -Berkat jasa hampir semua keinginan manusia terpenuhi -Modernisasi melahirkan teori baru. -Makanisme masyarakat berubah menuju prinsip dan logika ekonomi serta orentasi kebenaran yang berlebihan. -Kehidupan seseorang dan perhatian religiusnya dicurahkan untuk bekerja dan memupuk kekayaan.

19 3. Masyarakat Madani : Menurut WIROTOMO Kata civil Socioty diterjemahkan dengan : masyarakat sipil,masyarakat warga,masyarakat Madani,atau masyarakat adab. Konsep civil sicity muncul sebagai konsep warga negara yang aktif dalam bidang politik dan konsep ini sering dikaikan dengan peradaban masyarakat.Ditandai dengan supermasi hukum.

20 G Ketenagan Keyamanan Ketentraman dan kedamaian sebagai makna akiki Mansia beradab. _ Manusia adalah makluk sosial. -Manusianarus mengerti dengan kepentingan pribadi dan kepentingan umum. -Manusia memerlukan petunjuk yang berisi pedoman tentang bagaimana orang berbuat untuk orang lain atau bagaimana manusia bertingksh laku dalam masyrakat sehinga senantiasa manusia harus menjungjung tinggi Norma adat istiadat,dan nilai nilai kehidupan dalam masyarakat.

21 H Peradaban dan Problematik Bagi kehidupan Manusia. -Arus Informasi yang berkembang cepat menumbuhkan cakrawala pandangan manusia makin terbuka luas. -Degan perkembangan teknologi informasi dan kumunikasi maka dunia menjadi sempit ruang dan waktu menjadi sangat relatif dan dalam banyak hal batas batas negara sering menjadi kabur bahkan mulai tidak relevan.

22 Tujuan akhir dari usaha diatas terhadap Indonesia : Adalah masyarakat tidak hanya mampu membangun dirinya sendiri sederajat dengan bangsa lain tetapi juga tangguh dalam menghadapai tantangan kemerosotan mutu lingkunan hidup akibat harus ilmu dan teknologi modern yang dapat membawa daraik kuat kearah bertentangan dengan nilai nila luhur bangsa ( Indra Siswarini )

23 Akibat globalisasi : 1Masyarakat mengalai anomi atau tidak punya norma /heteronomi atau banyak norma. 2terjadinya dis orientasi atau keterasingan pada diri sendiri atau prilaku sendiri akibat penemuan penemuan budaya yang tidak sepenuhnya terindikasi dalam kepribadian kita 3.Kemajuan bidang teknologi komunikasi dan informasi yang demikian pesat sebagai.

24 Sebuah perkembangan peradaban manusia yang kadang kala menimbulkan problema bagi kehidupan manusia. Hal yang harus dilakukan untuk mampu mambangun bangsa : -.Meningkatkan peran pendidikan untuk terus menggali ilmu pengetahaun dan Teknologi serta informasi tanpa menghilangkan jati diri bangsa melalui pelestarain nilai nilai dan moral bangsa.


Download ppt "Wujud Kebudayaan. Peradaban adalah wujud kebudayaan sebagai hasil krativitas manusia baik yang berupa materiil maupun yang bersifat non materiil dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google