Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh: 1.Christine Satiwi201271077 2. Riestyani201271034 3. Saptini201271091 4. Ira Rustika201271036.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh: 1.Christine Satiwi201271077 2. Riestyani201271034 3. Saptini201271091 4. Ira Rustika201271036."— Transcript presentasi:

1 Disusun oleh: 1.Christine Satiwi Riestyani Saptini Ira Rustika

2  Menurut Burns (dalam Erawati, 2011 : ) konsep diri adalah suatu gambaran campuran dari apa yang kita pikirkan, orang-orang lain berpendapat mengenai diri kita, dan seperti apa diri yang kita inginkan.

3 Konsep diri positifKonsep diri negatif Mempunyai penerimaan diri yg baikPeka terhadap kritik Mengenal dirinya sendiri dengan baik Responsif terhadap pujian Dapat memahami dan merima fakta- fakta yg nyata tentang dirinya Hiperkritis Mampu menghargai dirinya sendiriCenderung selalu merasa tidak disenangi oleh orang lain Mampu mmperbaiki diri ke arah yg lebih baik Pesimis terhadap kompetisi Mampu menempatkan diri dalam lingkungan Tidak dapat menerima kekurangan dirinya

4 1. Penampilan diri 2. Hubungan keluarga 3. Kemampuan yang dimiliki 4. Reaksi orang lain terhadap dirinya

5  Dengan adanya konsep diri individu memandang atau menilai dirinya sendiri akan tampak jelas dari seluruh perilakunya, dengan kata lain perilaku seseorang akan sesuai dengan cara individu memandang dan menilai dirinya sendiri.

6 Berikut beberapa pertanyaan yang kami ajukan kepada subjek penelitian: 1. Gambaran tentang diri Anda? 2. Cita-cita dan cara untuk mewujudkannya? 3. Sikap kalian terhadap profesi tersebut? 4. Penilaian orang lain kepada Anda?

7  Dari hasil wawancara menggambarkan tentang beberapa dimensi konsep diri dari subyek penelitian. Menurut Calhoun dan Acocella 1995, terdapat tiga dimensi konsep diri yakni, 1. Pengetahuan 2. Pengharapan 3. Penilaian/Evaluasi.

8  Dimensi pertama dari konsep diri adalah apa yang kita ketahui tentang diri sendiri, pandangan kita dalam berbagai peran yang kita pegang, watak kepribadian, sikap yang ada pada diri kita, kemampuan yang dimiliki, kecakapan yang dikuasai, dan karakteristik lainnya yang melekat pada diri kita. Singkatnya, dimensi pengetahuan (kognitif) dari konsep diri mencakup segala sesuatu yang kita pikirkan tentang diri kita sebagai pribadi.  Pertanyaan : Gambaran diri anda?  Jawaban : Iis: cuek, tidak banyak tingkah,suka nyanyi Devi: tidak suka dengan orang songong,setia kawan,slengekan Fanny: pemalu, bisa main gitar

9  Ketiga subyek mengaku menikmati kegiatan mengamen, tidak ada paksaan maupun tekanan.  Dalam pergaulan teman sebayanya, ketiga subyek merasa baik-baik saja dan dapat diterima dalam komunitasnya. Walaupun subyek berada di dalam komunitas pengamen jalanan yang seringkali diidentikkan dengan kegiatan yang negative tetapi subjek memiliki sesuatu yang dapat menimbulkan pencitraan yang positif bagi dirinya sendiri.

10  Pengharapan ini merupakan diri-ideal (self-ideal) atau diri yang dicita-citakan. Cita-cita diri (self-ideal) terdiri atas dambaan, aspirasi, harapan, keinginan bagi diri kita, atau menjadi manusia seperti apa yang kita inginkan.maka kita akan menciptakan suatu motivasi baik dari dalam ataupun luar diri untuk mencapainya.  Pertanyaan: “apa cita-cita kalian dan bagaimana cara untuk mewujudkannya?”  Jawaban: Iis: ingin membeli rumah dengan uangnya sendiri – menabung Devi: ingin menjadi anak yang sholeha- merubah perilaku Fanny: ingin menjadi seorang gitaris yang terkenal- belajar gitar

11  Penilaian diri sendiri merupakan pandangan kita tentang harga atau kewajaran kita sebagai pribadi. Penilaian diri sendiri disebut sebagai harga diri yang akan menentukan sebagimana penerimaan lingkungan terhadap dirinya.  Mereka memiliki pandangan bahwa apa yang mereka lakukan bukanlah suatu kesalahan yang dapat merugikan orang lain maupun diri mereka sendiri. Hal ini menimbulkan rasa percaya diri menjalani kehidupan sebagai anak jalanan

12  Dari hasil penelitian yang kami lakukan setiap subyek memiliki pengetahuan tentang dirinya baik kelebihan,kekurangan,potensi yang dimiliki, serta hubungan yang baik dalam komunitasnya. Subjek memiliki harapan yang realistis serta tahu cara mewujudkanya. Dan mereka memiliki kepercayaan diri menjalani kehidupan sebagai anak jalanan, merasa dapat diterima masyarakat. Maka kami menarik kesimpulan bahwa ketiga subjek cenderung memiliki konsep diri yang positif.


Download ppt "Disusun oleh: 1.Christine Satiwi201271077 2. Riestyani201271034 3. Saptini201271091 4. Ira Rustika201271036."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google