Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas kelompok Ekonomi Anindya Rizkie Putri P Anindya Rizkie Putri P Chitra Mukti Chitra Mukti Kelas : X. 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas kelompok Ekonomi Anindya Rizkie Putri P Anindya Rizkie Putri P Chitra Mukti Chitra Mukti Kelas : X. 4."— Transcript presentasi:

1 Tugas kelompok Ekonomi Anindya Rizkie Putri P Anindya Rizkie Putri P Chitra Mukti Chitra Mukti Kelas : X. 4

2 Inflasi

3 Inflasi Dampak Inflasi Cara Mengatasi InflasiCara Mengendalikan Inflasi Kegiatan Ekonomi Masyarakat Perdagangan Internasional Alokasi Sumber Produksi Kebijakan Moneter Kebijakan Fiskal Kebijakan Nonmoneter Menambah Supply Makanan Pengurangan Defisit APBN Peningkatan Cadangan Devisa Perbaikan & penambahan penawaran Agregat

4 Dampak inflasi Dampak inflasi terhadap kegiatan ekonomi masyarakat Angka inflasi yang cukup tinggi sangat merugikan masyarakat maupun perusahaan karena dapat mengurangi nilai beli terhadap barang tersebut. Dampak inflasi terhadap perdagangan internasional Angka inflasi yang tinggi menyebabkan biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu barang menjadi meningkat dan juga harganya akan menjadi mahal dan juga semakin sulit untuk bersaing di pasaran asing. Dampak inflasi terhadap alokasi sumber produksi Sumber daya alokasi bukan untuk kegiatan produktif, melainkan untuk kegiatan spekulatif yang mengakibatkan turunnya produksi dan juga dapat menciptakan pengangguran.

5 Cara mengatasi Inflasi Ada beberapa kebijakan yang ditempuh untuk megatasi inflasi, antara lain :  Kebijakan Moneter kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah di bidang keuangan melalui bank sentral untuk mengatur jumlah uang yang beredar dalam sistem perekonomian, beberapanya diantara lain : ☺ Politik Diskonto ☺ Politik Pasar Terbuka ☺ Politik Kas Minimum ( Cash Ratio )

6 Cara mengatasi Inflasi  Kebijakan Fiskal kebijakan fiskal ditempuh melalui pengaturan pengeluaran pemerintah dan perpajakan. Hal tersebut dilakukan dengan cara: pengurangan pengeluaran pengurangan pengeluaran apabila pemerintah mengurangi pengeluarannya, permintaan (agregat) secara keseluruhan dapat berkurang. Dengan demikian jumlah uang yang beredar juga berkurang sehingga dapat mengurangi tekanan inflasi. pengaturan tarif pajak pengaturan tarif pajak apabila penghasilan seseorang berkurang, maka daya belinya akan berkurang. Dengan demikian, pajak benar-benar efektif untuk dapat meningkatkan penerimaan negara dan mengurangi tekanan inflasi.

7 Cara Mengatasi Inflasi  Kebijakan Nonmoneter kebijakan ini termasuk dalam kebijakan moneter ataupun fiskal, sering disebut juga dengan kebijakan riil. Pemerintah mengendalikan inflasi dengan kebijakan riil. Hal tersebut ditempuh dengan cara: peningkatan hasil produksi peningkatan hasil produksi jika produksi ditingkatkan, permintaan masyarakat akan terpenuhi sehingga akan mengurangi inflasi. pengendalian harga pengendalian harga dalam mengendalikan harga, pemerinah dapat menetapkan harga eceran tertinggi dengan cara pengawasan. Jika produsen melanggar ketentuan pemerintah maka dapat diambil tindakan.

8 Cara mengendalikan inflasi di Indonesia Apabila pendekatan moneter dipakai sebagai alat utama mengendalikan inflasi di Indonesia maka hal itu tidak akan dapat menyelesaikan masalah inflasi yang berkarakteristik panjang. Cara-cara untuk mengatasi infalsi di Indonesia :  peningkatan supply bahan pangan peningkatan supply bahan pangan dilakukan dengan lebih memberikan peerhatian pada pembangunan di sektor pertanian, khususnya subsektor pangan

9 Cara mengendalikan inflasi di Indonesia  pengurangan defisit APBN pada masa krisis ekonomi, pengurangan defisit APBN tidak dapat dilaksanakan. Akan tetapi, dalam jangka panjang harus dilakukan. Dapat ditempuh denagn cara:  meningkatkan penerimaan rutinnya, terutama dari sektor pajak  mengurangi ketergantungan terhadap pinjaman dana dari luar negeri  menurunkan pengeluaran pemerintah  peningkatan cadangan devisa peningkatan cadangan devisa dapat ditempuh dengan berbagai cara, antara lain:  Memperbaiki posisi neraca perdagangan luar negeri (current account)  Mengurangi ketergantungan industri dosmetik terhadap barang-barang luar negeri  Mobile industri yang bersifat substitusi impor ke promosi ekspor  Membangun industri yang mampu menghasilkan nilai tambah yang tinggi dan memiliki komponen lokal yang tinggi pula.

10 Cara menghadapi inflasi di Indonesia  perbaikan dan peningkatan kemampuan penawaran agregat perbaikan dan peningkatan kemampuan penawaran agregat dilakukan pemerintah untuk mengatasi inflasi, antara lain: perbaikan dan peningkatan kemampuan penawaran agregat dilakukan pemerintah untuk mengatasi inflasi, antara lain:  mengurangi kesenjangan output  memperlancar jalur distribusi barang nasional  menstabilkan tingkat suku bunga dan menyehatkan perbankan nasional  menciptakan kondisi yang sehat dalam perekonomian


Download ppt "Tugas kelompok Ekonomi Anindya Rizkie Putri P Anindya Rizkie Putri P Chitra Mukti Chitra Mukti Kelas : X. 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google