Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem dan Prosedur Deposito Pertemuan ke-6 Team Teaching.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem dan Prosedur Deposito Pertemuan ke-6 Team Teaching."— Transcript presentasi:

1 Sistem dan Prosedur Deposito Pertemuan ke-6 Team Teaching

2 Definisi Deposito adalah produk bank yang memberikan bunga lebih tinggi dari simpanan biasa, bila anda menyimpan uang tersebut dengan jangka waktu tertentu. Simpanan deposito hanya bisa ditarik setelah jangka waktu tertentu. Deposito adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu.

3 Kharakteristik Deposito dapat dicairkan setelah jangka waktu berakhir. Deposito yang akan jatuh tempo dapat diperpanjang secara otomatis (Automatic Roll Over). Deposito dapat dalam mata uang rupiah maupun dalam mata uang asing.

4 Tiap bank memiliki syarat yang berbeda-beda. Secara umum syarat utama yang diperlukan adalah kartu identitas seperti KTP, SIM atau paspor Tiap bank mensyaratkan dana minimal yang berbeda-beda, ada yang minimal 1 juta rupiah, ada yang minimal 10 juta rupiah. Pada umumnya minimal dana yang ditempatkan antara 8-10 juta rupiah. Jangka waktu deposito berbeda-beda tiap bank. Jangka waktu deposito biasanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Semakin lama jangka waktunya biasanya bunga depositonya lebih tinggi.

5 Bunga deposito berbeda-beda tiap bank, namun pada umumnya lebih tinggi daripada simpanan biasa. Agar deposito aman pastikan bunganya tidak lebih dari bunga yang dijamin oleh LPS. Secara umum deposito di bank aman karena dijamin oleh LPS. Jumlah maksimum uang yang disimpan di bank tersebut (tabungan + deposito) tidak boleh melebihi batas jaminan LPS. Batas maksimum uang yang dijamin adalah 2 Milyar rupiah.

6 Jenis-jenis Deposito Deposito Berjangka (Time Deposit) Sertifikat Deposito (Certificate of Deposit) Deposito On Call

7 Deposito Berjangka Merupakan simpanan yang pencairannya dilakukan berdasarkan jangka waktu tertentu. Jk waktu mulai dari 1, 3, 6, & 12 sampai dgn 24 bln. Diterbitkan dgn mencantumkan nama pemilik deposito. Setiap deposan diberikan bunga yg besarnya & waktu pembayarannya sesuai dengan yang berlaku di masing2 bank. Pembayaran bunga deposito dapat dilakukan setiap bulan atau setelah jatuh tempo sesuai jangka waktunya. Pembayaran dpt dilakukan secara tunai maupun non tunai. Kepada setiap deposan dengan nominal deposito tertentu dikenakan pajak penghasilan dari bunga yang diterimanya. Pencairan deposito sebelum jatuh tempo umumnya dikenakan denda.

8 ARO (Automatic Roll Over) ARO adalah sistem perpanjangan deposito secara otomatis setelah jatuh tempo. Perpanjangan dilakukan untuk jangka waktu dan nominal yang sama. ARO+ adalah sistem perpanjangan deposito dan bunga secara otomatis setelah jatuh tempo. Nominal deposito yang baru = nilai nominal sebelumnya + bunga deposito.

9 Sertifikat Deposito Sertifikat deposito mirip dengan deposito berjangka. Bunga pada sertifikat deposito diperhitungkan dan dibayar di muka, sedangkan deposito dibayar saat jatuh tempo. Sertifikat deposito diterbitkan atas tunjuk bukan atas nama, sehingga bisa dipindah tangankan dan diperjualbelikan. Sertifikat deposito tidak dapat diperpanjang otomatis dan bisa dicairkan pada saat jatuh tempo oleh pemegang sertifikat. Sertifikat deposito dapat digunakan sebagai hadiah untuk keluarga, sahabat atau relasi.

10 Karakteristik CD Merupakan simpanan yang diterbitkan dengan jangka waktu 1, 3, 6 dan 12 bulan. Sertifikat Deposito diterbitkan atas unjuk dalam bentuk Sertifikat, tanpa mencantumkan nama pemilik deposito Sertifikat Deposito dapat diperjualbelikan kepada pihak lain Pembayaran bunga Sertifikat Deposito dapat dilakukan di muka, tiap bulan atau pada saat jatuh tempo, baik tunai maupun non tunai.

11 Perhitungan Bunga DepositoBerjangka: Pokok x Jk Wkt x suku bunga ( % ) Bunga/hari= Sertifikat Deposito: Falue Face x 365 Face Value Proceed = atau ( % x jk waktu) 1 + (% x Jk wkt/365)

12 Perbedaan TD dan CD Time Deposit: Dibuka atas nama Nominal bebas Tidak bisa diperjualbelikan Bunga dibayar dibelakang Bisa dalam bentuk currency Rp dan Valas Bisa diperpanjang secara ARO automatic roll over)

13 Certificate of Deposit: Dibuka atas unjuk Nominal ditentukan oleh pihak Bank Bisa diperjualbelikan Bunga dibayar dimuka Hanya bisa dalam bentuk currency Rupiah Tidak bisa diperpanjang

14 Time Deposit

15 Certificate of Deposit

16

17


Download ppt "Sistem dan Prosedur Deposito Pertemuan ke-6 Team Teaching."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google