Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 2 Invasi Privasi. materi 1.Definisi 2.Invasi Privasi 3.Perlindungan privasi 4.Identifikasi privasi 5.Representasi Privasi Legislasi 6.Electronic surveillance.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 2 Invasi Privasi. materi 1.Definisi 2.Invasi Privasi 3.Perlindungan privasi 4.Identifikasi privasi 5.Representasi Privasi Legislasi 6.Electronic surveillance."— Transcript presentasi:

1 Bab 2 Invasi Privasi

2 materi 1.Definisi 2.Invasi Privasi 3.Perlindungan privasi 4.Identifikasi privasi 5.Representasi Privasi Legislasi 6.Electronic surveillance 7.Aspek privasi internasional 8.Kode dan kebijakan privasi

3 Definisi privasi Definisi privasi diintepretasikan dengan 2 aturan yang harus diikuti yaitu: 1. Hak privasi adalah tidak absolut. Privasi harus diseimbangkan dengan keinginan masyarakat. 2. Hak publik untuk mengetahui lebih utama dibandingkan dengan hak privasi individu. Akibat dari dua aturan tersebut dalam banyak kasus menjadi sulit untuk menentukan dan memaksa regulasi privasi.

4 Invasi Privasi Privasi berkaitan dengan hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi ijin untuk melakukannya.

5 Invasi Privasi Contoh kasus seorang manajer pemasaran yang mengamati bawahannya karena diperkirakan mereka lebih banyak berhubungan dengan para pelanggan. Sekalipun manajer dengan kekuasaannya dapat melakukan hal itu, tetapi ia telah melanggar privasi bawahannya atau telah terjadi invasi privasi.

6 PERLINDUNGAN PRIVASI Secara umum, privasi adalah hak untuk sendiri dan hak untuk bebas terhadap gangguan orang lain. Privasi informasi adalah hak untuk menentukan informasi apa dan kapan informasi (diri sendiri ) tersebut dapat dikomunikasikan dengan orang lain. Hak ini berlaku untuk individu, kelompok maupun institusi.

7 Ada 4 hal umum untuk identifikasi empat pernyataan privasi yaitu : a. Solitude : Pernyataan sendiri, keluar dari interferensi luar. b. Intimacy : Pernyataan privasi seseorang dari dunia luar. c. Anonimity : Pernyataan bebas dari gangguan eksternal. d. Reserve : Mampu untuk mengendalikan informasi mengenai diri sendiri.

8 a. Solitude Solitude adalah kesendirian atau keadaan pengasingan/isolasi, yaitu, kurangnya kontak dengan orang lain, dikarenakan dari hubungan yang buruk, pilihan yang disengaja, penyakit menular, gangguan mental, gangguan neurologis atau keadaan kerja atau situasi. Jangka pendek kesendirian sering dinilai sebagai waktu ketika seseorang dapat bekerja, berpikir atau beristirahat tanpa terganggu. Ini mungkin diinginkan demi privasi.

9 a. Solitude Ada efek psikologis baik positif dan negatif dari kesendirian. Sebagian besar waktu, efek ini dan umur panjang ditentukan oleh jumlah waktu seseorang menghabiskan dalam isolasi. Efek positif dapat berkisar dari lebih banyak kebebasan untuk spiritualitas meningkat, sedangkan efek negatif dapat memicu timbulnya penyakit mental. Sementara kesendirian positif sering diinginkan, kesendirian negatif sering disengaja atau tidak diinginkan pada saat itu terjadi.

10 a. Solitude Jelaskan efek positif dan efek negatif solitude, kepada kelompok yang membahas bab 2

11 Intimacy Keintiman fisik adalah kedekatan sensual atau sentuhan sensual. Ini adalah ungkapan perasaan seperti persahabatan dekat, cinta, atau ketertarikan yang orang miliki untuk satu sama lain. Contoh keintiman fisik termasuk berada di dalam ruang pribadi seseorang, memegang tangan, memeluk, mencium, membelai, dan aktivitas seksual. Bentuk-bentuk keintiman fisik meliputi kedekatan fisik, menyentuh (terutama lembut), menyentuh bagian intim (termasuk outercourse), dan penetrasi seksual.

12 Intimacy Hal ini dimungkinkan untuk secara fisik intim dengan seseorang tanpa benar-benar menyentuh mereka, namun, kedekatan tertentu diperlukan. Misalnya, kontak mata yang berkelanjutan dianggap sebagai bentuk keintiman fisik, analog dengan menyentuh. Ketika seseorang memasuki orang lain ruang pribadi untuk tujuan yang intim, itu adalah keintiman fisik, terlepas dari kurangnya kontak fisik yang sebenarnya. Kebanyakan orang menginginkan keintiman fisik sesekali, yang merupakan bagian alami dari seksualitas manusia, dan penelitian telah menunjukkan memiliki manfaat kesehatan. Sebuah pelukan atau sentuhan dapat mengakibatkan pelepasan oksitosin, dopamin, dan serotonin, dan pengurangan hormon stres.

13 c. Anonimity Berasal dari kata Yunani ἀνωνυμία, anonymia, yang berarti "tanpa nama" atau "namelessness". Anonimitas biasanya mengacu pada keadaan identitas pribadi seseorang, atau informasi pribadi. Ada berbagai situasi yang memungkinkan orang memilih untuk menahan identitas mereka. Kisah amal telah dilakukan secara anonim ketika dermawan tidak ingin diakui. Seseorang yang terancam mungkin mencoba untuk mengurangi ancaman. Penjahat bisa melanjutkan anonim untuk menyembunyikan identitas mereka dalam kejahatan. Anonimitas juga dapat dibuat secara tidak sengaja, melalui hilangnya informasi identifikasi karena berlalunya waktu atau acara destruktif.

14 c. Anonimity Dalam situasi tertentu, adalah ilegal untuk tetap anonim. Di Amerika Serikat, 24 negara telah "Berhenti dan mengidentifikasi" undang-undang yang mengharuskan orang yang ditahan untuk diri mengidentifikasi ketika diminta oleh petugas penegak hukum. The "pesan anonim" Istilah biasanya mengacu pada pesan (yang, misalnya, dikirimkan melalui beberapa bentuk jaringan) yang tidak membawa informasi tentang pengirim dan penerima yang dimaksudkan. Oleh karena itu jelas apakah pesan tersebut beberapa telah dikirim oleh pengirim yang sama atau jika mereka memiliki penerima yang dimaksud sama.

15 c. Anonimity Anonimitas juga dapat digunakan sebagai perlindungan terhadap tuntutan hukum. Misalnya, ketika melakukan tindakan melanggar hukum, banyak penjahat berusaha untuk menghindari identifikasi dengan cara mengaburkan / menutupi wajah mereka dengan syal atau masker, dan memakai sarung tangan atau penutup sisi lain agar tidak meninggalkan sidik jari.

16 c. Anonimity Anonimitas di Internet Sebagian besar komentar di Internet pada dasarnya dilakukan secara anonim atau menggunakan nama samaran. Sementara ini username bisa menerima suatu identitas mereka sendiri, mereka sering terpisah dan anonim dari penulis yang sebenarnya. Menurut University of Stockholm ini adalah menciptakan lebih banyak kebebasan berekspresi. The ensiklopedia online, Wikipedia, secara bersama-sama ditulis oleh penulis sebagian besar menggunakan nama samaran, meskipun beberapa telah menggunakan nama samaran yang teridentifikasi atau nama asli mereka. Anonimitas di Internet tidak dijamin karena alamat IP pada prinsipnya, dapat dilacak, dan memungkinkan untuk mengidentifikasi komputer dari mana post tsb, meskipun bukan pengguna yang sebenarnya.

17 Reserve jelaskan tentang reserve saat presentasi kelompok yang membahas bab 2

18 Representasi Privasi Legislasi Representasi Privasi Legislasi terhadap Privasi dan Teknologi Informasi Freedom of Information Act, 1970 Mengijinkan individu untuk mengakses sebarang informasi mengenai diri sendiri yang disimpan oleh pemerintah. Privacy Act of 1974 Melarang pemerintah untuk mengumpulkan informasi secara rahasia. Informasi yang dikumpulkan harus dipergunakan hanya untuk keperluan tertentu. Informasi dapat digunakan untuk keperluan lainnya dengan ijin dari individu. Individu dapat mengakses dan memperbaiki informasi tersebut.

19 Representasi Privasi Legislasi Right to Financial Privacy Act of 1978 Jaminan keamanan data pada lembaga keuangan. Masyarakat harus diberi pengertian jika pemerintah akan mengakses data tersebut. Privacy protection Act of 1980 Memberikan proteksi privasi dalam bentuk komputerisasi dan dokumen lainnya.

20 Representasi Privasi Legislasi Cable Communication Act of 1984 Proteksi privasi di TV dan transmisi kabel. Electronics Communications Privacy Act of 1986 Melarang private citizens untuk mengakses komunikasi data tanpa otorisasi. Lengkapi Representasi Privasi Legislasi setelah tahun 1986 untuk di presentasikan kelompok 2

21 Electronic surveillance Surveillance adalah kata Perancis untuk "mengawasi", "sur" berarti "dari atas" dan "veiller" berarti "untuk menonton“, jadi surveillance adalah pemantauan perilaku, kegiatan, atau informasi lain, The surveilans dapat diterapkan untuk pengamatan dari jarak jauh dengan menggunakan peralatan elektronik (seperti kamera CCTV), atau intersepsi informasi elektronik ditransmisikan (seperti panggilan lalu lintas Internet atau telepon).

22 Electronic surveillance Surveillance bertujuan mempengaruhi, mengelola, mengarahkan, atau melindungi. Karena itu Surveillance merupakan kata yang ambigu, terkadang menciptakan efek positif, di saat lain negatif. Hal yang sering terjadi adalah pemerintah yang mengamati individu atau kelompok untuk kepentingan negara.

23 Electronic surveillance Meskipun beberapa hal yang berkaitan dengan legalitas masih diproses, hukum cenderung untuk mendukung hak pegawai untuk membaca surat elektronik dan dokumen elektronik lainnya. Surveillance juga berkaitan dengan privasi individu (misal melalui personal ), perusahaan, pemerintahan maupun elemen kriminal.

24 Electronic surveillance Tiga jenis pengawasan elektronik yang paling umum: 1. Penyadapan telepon 2. Rekaman vedeo 3. Pesan tertulis 4. mikrofon kecil atau perangkat mendengarkan lainnya dalam satu lokasi untuk mengirimkan percakapan ke penerima terdekat dan perekam. 5. Video surveillance yang dilakukan oleh kamera tersembunyi yang mengirim dan merekam gambar visual yang dapat dilihat secara bersamaan. Lengkapi keterangan lanjut dari survellance

25 Aspek privasi internasional Ada beberapa perbedaan utama diantara beberapa negara berkaitan dengan regulasi privasi. Beberapa negara seperti Swedia dan Kanada mempunyai aturan hukum yang sangat ketat sedangkan beberapa negara tidak terlalu ketat. Contoh : pada saat ini Itali, Belgia, Spanyol, Portugal dan Perancis hanya mempunyai kebijakan yang minimal terhadap hak individu untuk mengontrol data personal dalam database pemerintahan maupun database komersial.

26 Aspek privasi internasional Ketidak konsistenan standar dapat mengacaukan aliran informasi antar negara dalam komunitas Eropa. Untuk mengatasi problem tersebut maka Komisi Komunitas Eropa telah memberikan petunjuk untuk semua negara anggota dengan memberikan hak individu untuk mengakses informasi diri sendiri dan memperbaiki kesalahan.

27 Aspek privasi internasional Bebrapa petunjuk untuk proteksi privasi individu pada era elektronik. yang berkaitan dengan koleksi data adalah sebagai berikut: 1. Collection limitation Data sebaiknya diperoleh sesuai dengan hukum dan fair; beberapa data yang sangat sensitif sebaiknya tidak dikoleksi secara bersamaan. 2. Data quality Data sebaiknya relevan dengan tujuan, akurat, lengkap, dan terkini. 3. Purpose specification Tujuan penggunaan data sebaiknya diidentifikasi dan data sebaiknya dihapus jika data tersebut tidak mampu lagi memenuhi tujuan tersebut. Lengkapi saat presentasi

28 Kode dan kebijakan privasi Salah satu cara untuk proteksi privasi atau menghindari invasi privasi adalah dengan mengembangkan kebijakan atau kode privasi yang akan membantu organisasi mencegah legal problem. Pada beberapa perusahaan, manajemen senior telah mulai memahami bahwa dengan kemampuan mengkoleksi sejumlah informasi personal pada customer, klien, dan pegawai mendatangkan suatu nilai tambah untuk menjamin bahwa informasi individu sudah diproteksi.

29 selesai


Download ppt "Bab 2 Invasi Privasi. materi 1.Definisi 2.Invasi Privasi 3.Perlindungan privasi 4.Identifikasi privasi 5.Representasi Privasi Legislasi 6.Electronic surveillance."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google