Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Irman Somantri, S.Kp. M.Kep..  Ethos (Yunani)  kebiasaan dan peraturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat.  Sastrapratedja (2004)  refleksi filsafati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Irman Somantri, S.Kp. M.Kep..  Ethos (Yunani)  kebiasaan dan peraturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat.  Sastrapratedja (2004)  refleksi filsafati."— Transcript presentasi:

1 Irman Somantri, S.Kp. M.Kep.

2  Ethos (Yunani)  kebiasaan dan peraturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat.  Sastrapratedja (2004)  refleksi filsafati atas moralitas masyarakat sehingga etika disebut pula sebagai filsafat moral.

3 Prinsip (Milton, 1999; Loiselle, Profetto-McGrath, Polit & Beck, 2004). 1. menghormati harkat dan martabat manusia (respect for human dignity) 2. menghormati privasi dan kerahasiaan subyek penelitian (respect for privacy and confidentiality), 3. keadilan dan inklusivitas (respect for justice and inclusiveness), 4. memperhitungkan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan (balancing harms and benefits)

4 Respect for Human Dignity   perlu mempertimbangkan hak-hak subyek untuk mendapatkan informasi yang terbuka berkaitan dengan jalannya penelitian serta memiliki kebebasan menentukan pilihan dan bebas dari paksaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian (autonomy).  Beberapa tindakan 1. Informed consent 1. penjelasan manfaat penelitian; 2. penjelasan kemungkinan risiko dan ketidaknyamanan yang dapat ditimbulkan; 3. penjelasan manfaat yang akan didapatkan; 4. persetujuan peneliti dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan subyek berkaitan dengan prosedur penelitian; 5. persetujuan subyek dapat mengundurkan diri kapan saja; 6. jaminan anonimitas dan kerahasiaan. (Sumathipala & Siribaddana, 2004).

5 Respect for privacy and confidentiality  setiap manusia memiliki hak-hak dasar individu termasuk privasi dan kebebasan individu.  Dalam aplikasinya  anonimitas  Peneliti dapat menggunakan koding (inisial atau identification number) sebagai pengganti identitas responden.

6 respect for justice and inclusiveness   keterbukaan dan adil.   penelitian dilakukan secara jujur, hati-hati, profesional, berperikemanusiaan, dan memperhatikan faktor-faktor ketepatan, keseksamaan, kecermatan, intimitas, psikologis serta perasaan religius subyek penelitian.  Lingkungan penelitian dikondisikan agar memenuhi prinsip keterbukaan yaitu kejelasan prosedur penelitian.  Keadilan  bagaimanakah keuntungan dan beban harus didistribusikan di antara anggota kelompok masyarakat.  Prinsip keadilan  sejauh mana kebijakan penelitian membagikan keuntungan dan beban secara merata atau menurut kebutuhan, kemampuan, kontribusi dan pilihan bebas masyarakat.  contoh dalam prosedur penelitian, peneliti mempertimbangkan aspek keadilan gender dan hak subyek untuk mendapatkan perlakuan yang sama baik sebelum, selama, maupun sesudah berpartisipasi dalam penelitian.

7 balancing harms and benefits   sesuai prosedur penelitian guna mendapatkan hasil yang bermanfaat semaksimal mungkin bagi subyek penelitian dan dapat dijeneralisasikan di tingkat populasi (beneficence).  Peneliti meminimalisasi dampak yang merugikan bagi subyek (nonmaleficence). Apabila intervensi penelitian berpotensi mengakibatkan cedera atau stres tambahan maka subyek dikeluarkan dari kegiatan penelitian untuk mencegah terjadinya cedera, kesakitan, stres, maupun kematian subyek penelitian.


Download ppt "Irman Somantri, S.Kp. M.Kep..  Ethos (Yunani)  kebiasaan dan peraturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat.  Sastrapratedja (2004)  refleksi filsafati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google