Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bidang Kegiatan:PKM Kewirausahaan Diusulkan oleh: 1. Aini Maskuro(0910211107) 2. Anis Nurul Qoyyimah (0910231018) 3. Fuad Fendi Prayogo(0910211112) 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bidang Kegiatan:PKM Kewirausahaan Diusulkan oleh: 1. Aini Maskuro(0910211107) 2. Anis Nurul Qoyyimah (0910231018) 3. Fuad Fendi Prayogo(0910211112) 4."— Transcript presentasi:

1

2 Bidang Kegiatan:PKM Kewirausahaan Diusulkan oleh: 1. Aini Maskuro( ) 2. Anis Nurul Qoyyimah ( ) 3. Fuad Fendi Prayogo( ) 4. Tantri Hidayati( ) FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER JEMBER,Mei 2011

3 Fenomena nongkrong di warung yang dilakukan mahasiswa umunya,belum menghasilkan suasana yang kondusif dan jajanan yang ditawarkan oleh pemilik warung kebanyakan berupa makanan dan minuman yang siap saji. Kebanyakan minuman yang siap saji tersebut berupa minuman bersoda yang dapat mengganggu kesehatan,karena mengandung gas CO2 yang dapat mengganggu fungsi lambung.Selain itu minuman tersebut mengandung zat pewarna dan pemanis buatan. Makanan yang siap saji kebanyakan mengandung pengawet dan zat adiktif. Belum ditemukan warung atau kantin di lingkungan kampus yang menawarkan konsep warung yang dapat menciptakan suasana edukatif dengan menu yang berbahan dasar dari alam. Melatih mental mahasiswa untuk menggeluti dunia wirausaha yang dapat dijadikan prospeks usaha mahasiswa dengan menawarkan menu minuman herbal dan menu tambahan lainnya yang di kemas dalam konsep warung Science Education yang berkerja sama dengan Unit Food Center(UFC)UNMUH Jember.

4 Bahan-bahan dari alam,seperti serai dan jahe masih belum dimanfaatkan secara optimal sebagai minuman herbal yang dapat dijadikan prospeks wirausaha bagi mahasiswa. Fenomena nongkrong di warung dapat menghasilkan nilai positif bagi para mahasiswa dan pembeli lainnya dengan terealisasi rencana wirausaha warung Science Education.

5 Memanfaatkan bahan-bahan dari alam karena kehidupan manusia hendaknya kembali ke alam ‘back to nature’,dengan konsep wira usaha warung Science Education Memberikan manfaat dari fenomena nongkong di warung yang biasa dilakukan mahasiswa dengan mewujudkan admosfer edukatif dan intelektualitas

6 Terjalin kerja sama yang baik antara mahasiswa dengan pemilik Unit Food Centre (UFC) UNMUH Jember,sehingga terbentuk jiwa kewirausahaan melalui praktek lapangan mahasiswa. Memberikan kemudahan dalam memperbanyak jumlah pelanggan di UFC UNMUH Jember dengan adanya kerjasama tersebut. Memperluas pengetahuan dan pengalaman belajar bagi mahasiswa melalui studi terjun ke lapangan.

7 1.Tahap persiapan a. Pengkodisian tim b, Pembagian job description dan job specification pada masing-masing anggota tim serat anggota perbantuan dari luar tim jika diperlukan. c. Kegiatan persiapan menu utama dan menu tambahan d. Pengolahan menu utama dan menu tambahan e. Pengkondisian tempat dan penataan fisik

8  2. Tahap publikasi dan pemasaran  Publikasi dan pemasaran dilakukan melalui  a. Media brosur yang dilengkapi dengan daftar menu disertai dengan nama ilmiah dari bahan alam yang digunakan.  b. Media elektronik melalui facebook.  c. Melalui antar teman dan antar organisasi kemahasiswaan.  3. Tahap pelaksanaan program dan evaluasi 

9  Program kewirausahaan serai herbal drink menjadi menu utama warung science education yang memiliki visi untuk dijadikan sebagai prospeks usaha mahasiswa,diharapkan dapat menjadi peluang usaha bagi tim pengusul PKMK UNMUH Jember.

10  Menumbuh kembangkan jiwa kewirausaan,Organisasi kepemimpinan dan memberikan wahana keilmuaan bagi segenap konsumen.  Meningkatkan antusiasme mahasiswa dan calon pembeli lainnya yang mendatangi warung science education  Meningkatkan jumlah pembeli minuman herbal via sms

11 Usaha pendirian warung Science Education merupakan wadah bagi para mahasiswa dalam menerapkan teori kewirausahaan yang didapat dalam perkuliahan. Menjadi wadah bagi para mahasiswa dalam berorganisasi. Sebagai media dalam melatih kemandirian dan jiwa wira usaha. Memberikan harga yang terjangkau bagi mahasiswa dalam memenuhui kebutuhan sehari-hari. Sebagai prospeks beramal dan berilmu dalam dunia usaha.

12

13

14 Dihasilkan satu paket teknologi pembuatan menu utama dan menu tambahan di warung Science Education yang dapat dijadikan prospeks usaha mahasiswa Mahasiswa mempunyai wawasan berbisnis rintisan dalam bidang produksi serai serai herbal drink,aneka dodol buah,roti bakar selai aneka buah,dan minuman herbal lainnya yang menjadi menu tambahan. Meningkatkan nilai tambah dari segi manfaat dan ekonomi bagi UFC UNMUH Jember dari hasil kerjasama dengan mahasiswa.


Download ppt "Bidang Kegiatan:PKM Kewirausahaan Diusulkan oleh: 1. Aini Maskuro(0910211107) 2. Anis Nurul Qoyyimah (0910231018) 3. Fuad Fendi Prayogo(0910211112) 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google