Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FOR MABA 2009 HASANUDDIN UNIVERSITY Alamat ; PKM. A.P Pettarani C.02 ( Tamalanrea Unhas) Telp : 0411 (588279) Email : www. Kopma-unhas.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FOR MABA 2009 HASANUDDIN UNIVERSITY Alamat ; PKM. A.P Pettarani C.02 ( Tamalanrea Unhas) Telp : 0411 (588279) Email : www. Kopma-unhas.com."— Transcript presentasi:

1

2 FOR MABA 2009 HASANUDDIN UNIVERSITY

3 Alamat ; PKM. A.P Pettarani C.02 ( Tamalanrea Unhas) Telp : 0411 (588279) www. Kopma-unhas.com

4 SEJARAH SINGKAT KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN  Koperasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin (KOPMA UNHAS) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1981 dan mendapat pengesahan dari KAKANWIL Koperasi Sul-sel pada tanggal 16 September 1981 dengan Badan Hukum No. 4173/BH/IV dengan jumlah pendiri 32 orang.  Pada awal berdirinya KOPMA UNHAS hanya bergerak di bidang Sablon, toko buku, dan bimbingan belajar dengan, berpusat di Kampus Baraya namun seiring dengan dipindahkannya kampus UNHAS ke Tamalanrea, maka KOPMA UNHAS secara total juga ikut pindah ke kampus baru tersebut. Dan hingga kini KOPMA UNHAS mengelola 8 unit usaha.

5 ASAS KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN Asas Koperasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin adalah Berasaskan kekeluargaan.

6 PRINSIP DASAR KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN  Prinsip – prinsip Kopma Unhas:  Keanggotaan yang sukarela dan terbuka  Pengelolaan dilakukan secara demokratis  Partisipasi aktif dari anggota  Otonomi dan kemandirian  Pendidikan, pelatihan, dan penginformasian  Kerjasama antar koperasi  Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal  Kepedulian terhadap lingkungan  Pembagian SHU dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing – masing anggota.

7 TUJUAN KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN  Meningkatkan kesejahteraan anggota dan menjadi kader koperasi yang professional, tangguh dan berwawasan luas.  Menciptakan kader koperasi yang memiliki komitmen dan loyalitas yang tinggi.  Memajukan gerakan koperasi dalam rangka membangun tataran perekonomian nasional yang adil dan demokratis.  Mewujudkan tridharma perguruan tinggi.

8 VISI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN  Menjadi organisasi yang memberikan manfat kepada anggotanya serta berperan aktif dalam gerakan koperasi dengan berpegang teguh pada nilai – nilai dan prinsip koperasi.

9 MISI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN  Mewujudkan SDM anggota yang memahami dan menjalankan fungsi an perannya sebagai pemilik, pelanggan dan partisipan aktif di Koperasi Unhas.  Meringankan beban ekonomi dan meningkatkan daya beli anggota.  Menyediakan kebutuhan Mahasiswa  Pengoptimalan, pembenahan, dan pemanfaatan system informasi serta kearsipan dan administrasi data – data organisasi  Menciptaklan kondisi aman dan tertib dengan mendukung kinerja organisasi.  Mewujudkan hubungan yang harmonis baik internal maupun eksternaldengan meningkatkan kualitas intensitas informasi tentang Kopma Unhas.  Mewujudkan citra kopma Unhas sebagai UKM terfavorit di Unhas.

10 Keuntungan Menjadi Anggota Kopma UNHAS  Mendapatkan diskon khusus saat berbelanja di Unit Usaha Kopma Unhas dengan memperlihatkan kartu anggota  Memiliki peluang untuk part – time, supplier dan pemasar  Memperoleh jasa dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela dan point SHU  Berkesempatan mengembangkan bakat dan kreativitas  Berkesempatan menjadi pengelola gugus kegiatan anggota.  Berkesempatan menjadi panitia / peserta kegiatan anggota maupun pendelegasian anggota  Berkesempatan untuk belajar menjadi seorang entrepreneur

11 STRUKTUR ORGANISASI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN tb.2009 RAT ANGGOTA

12 KEGIATAN KEPENGURUSAN Bidang Administrasi Umum & Personalia Sebagai penanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan administrasi serta komunikasi dengan pihak – pihak internal maupun eksternal. Lingkup kerjanya yaitu kesekretariatan, dokumentasi dan manajemen kekaryawanan.

13 Bidang Litbang & PA(Pemberdayaan Anggota) Pendidikan dan latihan Diklat, dibantu oleh tim Leader 1. Diklat Dasar Perkoperasian Diklat Dasar : Kegiatan keanggotaan yang dilaksanakan pada awal perekrutan anggota baru kopma Unhas. Diklatsar ini dilaksanakan 2 kali selama 1 periode kepengurusan

14 2. Diklat Lanjut perkoperasian ( Dikjut) Diklat Lanjutan merupakan bagian dari tahap pengkaderan dikopma. Dikjut dilaksanakan 1 kali selama 1 periode kepengurusan 3. Pemagangan Anggota Pemagangan dilakukan di unit usaha dan pada saat proyek SNM-PTN. 4. TO (Training of Fasilitator) 5. Pengkajian, dikelola oleh komunitas pengkajian. 6. Pengembangan minat dan bakat  Data/ informasi Lingkup Kerja Penelitian Pencarian dan perumusan Pencarian Aktifitas Penyelenggaraan

15  Bidang Keuangan Sebagai penanggung jawab dalam pengendalian, pengawasan, dan pengelolaan keuanganKoperasi Mahasiswa Unhas secara keseluruhan demi terciptanya manajemen keuangan yang efisien dan efektif untuk mendukung pengelolaan usaha.  Bidang Pemasaran Sebagai penanggung jawab dalam pengelolaan kegiatan usaha Kopma Unhas. Bertanggung jawab mencari peluang usaha baru yang bisa bermanfaat untuk kemajuan Kopma

16 UNIT USAHA KOPMA UNHAS BERPUSAT DI PINTU II UNHAS

17 UNIT-UNIT USAHANYA BURSA, SELULER, FOTOCOPY DAN WARTEL KANTIN

18 UNIT USAHA LAINNYA :  PENYEWAAN TOGA  SIM KAMPUS  PROYEK SNM-PTN  KGC ( Kopma Grafic Center)

19 UNTUK LEBIH LENGKAPNYA… LANGSUNG AJA DAFTAR JADI ANGGOTA “KOPMA UNHAS ”

20


Download ppt "FOR MABA 2009 HASANUDDIN UNIVERSITY Alamat ; PKM. A.P Pettarani C.02 ( Tamalanrea Unhas) Telp : 0411 (588279) Email : www. Kopma-unhas.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google