Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOPERASI SERBA USAHA 1686 KSU 1686. SEJARAH PENDIRIAN Koperasi Serba Usaha 1686 dapat terbentuk atas dasar semangat kebersamaan dan solidaritas Alumni.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOPERASI SERBA USAHA 1686 KSU 1686. SEJARAH PENDIRIAN Koperasi Serba Usaha 1686 dapat terbentuk atas dasar semangat kebersamaan dan solidaritas Alumni."— Transcript presentasi:

1 KOPERASI SERBA USAHA 1686 KSU 1686

2 SEJARAH PENDIRIAN Koperasi Serba Usaha 1686 dapat terbentuk atas dasar semangat kebersamaan dan solidaritas Alumni SMAN 16 Jakarta Barat Angkatan ’86. Koperasi Serba Usaha 1686 dapat terbentuk atas dasar semangat kebersamaan dan solidaritas Alumni SMAN 16 Jakarta Barat Angkatan ’86. Diawali dengan pertemuan antar teman dan bermuara pada acara Reuni dan Sarasehan di Hotel Santika tanggal 25 April 2009 tercetus ide dan gagasan dibentuknya Koperasi. Diawali dengan pertemuan antar teman dan bermuara pada acara Reuni dan Sarasehan di Hotel Santika tanggal 25 April 2009 tercetus ide dan gagasan dibentuknya Koperasi. Dilanjutkan dengan pertemuan dan Rapat Pembentukan Koperasi pada tanggal 2 Mei 2009, peserta rapat menyetujui terbentukanya Koperasi dengan nama KSU Dilanjutkan dengan pertemuan dan Rapat Pembentukan Koperasi pada tanggal 2 Mei 2009, peserta rapat menyetujui terbentukanya Koperasi dengan nama KSU 1686.

3 TUJUAN KOPERASI Secara Umum Tujuan Koperasi adalah : Secara Umum Tujuan Koperasi adalah : Untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD Untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

4 FUNGSI DAN PERAN KOPERASI membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota dan masyarakat, membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota dan masyarakat, berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya, memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya, berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan, usaha bersama atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan, usaha bersama atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

5 PRINSIP DASAR KOPERASI Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka. Pengelolaan dilakukan secara Demokrasi. Pengelolaan dilakukan secara Demokrasi. Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. Memberikan balas jasa yang terbatas terhadap modal. Memberikan balas jasa yang terbatas terhadap modal. Kemandirian. Kemandirian. Pendidikan perkoperasian. Pendidikan perkoperasian. Kerjasama antar koperasi. Kerjasama antar koperasi.

6 VISI DAN MISI KSU 1686 VISI Menjadikan KSU 1686 sebagai wadah usaha bersama bagi anggota yang kuat dan kokoh serta berkembang pesat demi mewujudkan kesejahteraan. Menjadikan KSU 1686 sebagai wadah usaha bersama bagi anggota yang kuat dan kokoh serta berkembang pesat demi mewujudkan kesejahteraan. “ BERSAMA WUJUDKAN KESEJAHTERAAN” “ BERSAMA WUJUDKAN KESEJAHTERAAN”MISI Menguatkan jejaring bisnis antar anggota. Menguatkan jejaring bisnis antar anggota. Menciptakan dan mencari peluang usaha yang seluas- luasnya. Menciptakan dan mencari peluang usaha yang seluas- luasnya. Pengelolaan usaha yang transparan dan tertib administrasi. Pengelolaan usaha yang transparan dan tertib administrasi. Pengelolaan usaha bersama dengan anggota melalui sistim bagi hasil yang seadil-adilnya. Pengelolaan usaha bersama dengan anggota melalui sistim bagi hasil yang seadil-adilnya.

7 PROGRAM USAHA USAHA ANGGOTA  Simpan Pinjam  Pengadaan barang Sekunder  Franchise Minuman/Makanan  Pengelolaan Kantin/Toko USAHA NON ANGGOTA  Supply barang/spare part  Distributor/Agen Penjual

8 PERKEMBANGAN USAHA Keanggotaan Keanggotaan Dari alumni 1686 yang telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi anggota koperasi pada acara Reuni Sareasehan tanggal 25 April 2009 di hotel Santika, sampai dengan saat ini per bulan September 2009 yang telah resmi menjadi Anggota Koperasi sebanyak 15 orang (telah membayar uang simpanan pokok dan simpanan wajib). Untuk itu kami menghimbau kepada teman-teman yang belum membayar iuran dapat segera membayar sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil. Dari alumni 1686 yang telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi anggota koperasi pada acara Reuni Sareasehan tanggal 25 April 2009 di hotel Santika, sampai dengan saat ini per bulan September 2009 yang telah resmi menjadi Anggota Koperasi sebanyak 15 orang (telah membayar uang simpanan pokok dan simpanan wajib). Untuk itu kami menghimbau kepada teman-teman yang belum membayar iuran dapat segera membayar sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil.

9 DANA YANG TERKUMPUL Iuran Simpanan Pokok sebesar Rp Iuran Simpanan Pokok sebesar Rp Iuran Simpanan Wajib sebesar Rp Iuran Simpanan Wajib sebesar Rp Pinjaman modal kerja sebesar Rp Pinjaman modal kerja sebesar Rp Dana hibah dari saldo Reuni Dana hibah dari saldo Reuni Sarasehan sebesar Rp Sarasehan sebesar Rp Total Dana Rp Total Dana Rp

10 PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN DANA Dana yang ada telah digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembayaran honor, transport, bayar telepon, investasi franchise, pembelian barang sebagai supllyer (berdasarkan PO yang diterima). Bagi Anggota yang telah resmi terdaftar dan ingin mengetahui lebih rinci dapat diminta kepada Bendahara Koperasi dan Ketua. Dana yang ada telah digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembayaran honor, transport, bayar telepon, investasi franchise, pembelian barang sebagai supllyer (berdasarkan PO yang diterima). Bagi Anggota yang telah resmi terdaftar dan ingin mengetahui lebih rinci dapat diminta kepada Bendahara Koperasi dan Ketua. (kami mempersilahkan kepada anggota yang ingin mengetahui detail laporan keuangan) (kami mempersilahkan kepada anggota yang ingin mengetahui detail laporan keuangan)

11 KEGIATAN YANG TELAH DILAKUKAN Survey Lokasi untuk penjualan franchise tea dan pulsa (voucher dan elektrik) Survey Lokasi untuk penjualan franchise tea dan pulsa (voucher dan elektrik) Penandatanganan Kerjasama dengan Goodtea untuk penjualan the Goodtea. Penandatanganan Kerjasama dengan Goodtea untuk penjualan the Goodtea. Kerjasama pengelolaan Penjualan Goodtea dengan anggota, dan yang telah dilaksanakan adalah penjualan di Alfamart Mustika Jaya Bekasi Kerjasama pengelolaan Penjualan Goodtea dengan anggota, dan yang telah dilaksanakan adalah penjualan di Alfamart Mustika Jaya Bekasi

12 Kerjasama dengan pihak lain untuk pengadaan barang di proyek, dan telah mendapatkan satu order dengan nilai pembelian barang Rp Margin bersih 20% - 25%. PO kedua pada bulan Agustus dengan nilai pembelian sebesar Rp Kerjasama dengan pihak lain untuk pengadaan barang di proyek, dan telah mendapatkan satu order dengan nilai pembelian barang Rp Margin bersih 20% - 25%. PO kedua pada bulan Agustus dengan nilai pembelian sebesar Rp Prospek lokasi untuk usaha makanan telah dilakukan survey dan dibicarakan dengan pihak yang berkompeten. Lokasi tersebut berada di seberang Rumah Sakit Brawijaya Women and Children. Prospek lokasi untuk usaha makanan telah dilakukan survey dan dibicarakan dengan pihak yang berkompeten. Lokasi tersebut berada di seberang Rumah Sakit Brawijaya Women and Children. Prospek lokasi untuk usaha kantin di perkantoran bekas MBAU Pancoran dan Granadhi, serta lokasi lainnya yang masih dijajaki. Prospek lokasi untuk usaha kantin di perkantoran bekas MBAU Pancoran dan Granadhi, serta lokasi lainnya yang masih dijajaki.

13 PENUTUP Demikian sekilas tentang KSU 1686, kami sadar masih banyak kekurangan dalam pemaparan ini dan juga pelaporan kepada anggota. Demikian sekilas tentang KSU 1686, kami sadar masih banyak kekurangan dalam pemaparan ini dan juga pelaporan kepada anggota. Dengan segala kerendahan hati kami mohof maaf, kritik saran dan dukungan akan sangat membantu kami, terima kasih Dengan segala kerendahan hati kami mohof maaf, kritik saran dan dukungan akan sangat membantu kami, terima kasih

14 BERSAMA WUJUDKAN KESEJAHTERAAN Putri Duyung Cottage, 25 Oktober 2009

15 PROSPEK USAHA  Menambah gerai lokasi penjualan Goodtea. Goodtea.  Suppy barang/spare part  Distributor/Agen Pemasaran Alat Converter Converter  Pengelolaan Kantin/Toko

16 POLA KEMITRAAN Usaha yang dikelola KSU 1686 diarahkan untuk selalu dapat bekerja sama dengan anggota, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya. Usaha yang dikelola KSU 1686 diarahkan untuk selalu dapat bekerja sama dengan anggota, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya. Sistim bagi hasil merupakan pola yang diterapkan dalam pembagian keuntungan, dihitung berdasarkan kontribusi masing-masing pihak. Sistim bagi hasil merupakan pola yang diterapkan dalam pembagian keuntungan, dihitung berdasarkan kontribusi masing-masing pihak.


Download ppt "KOPERASI SERBA USAHA 1686 KSU 1686. SEJARAH PENDIRIAN Koperasi Serba Usaha 1686 dapat terbentuk atas dasar semangat kebersamaan dan solidaritas Alumni."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google