Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lateral Contraction, Tegangan-Regangan pada Bidang 2D dan 3D Mekanika Teknik III – Strength of Materials.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lateral Contraction, Tegangan-Regangan pada Bidang 2D dan 3D Mekanika Teknik III – Strength of Materials."— Transcript presentasi:

1 Lateral Contraction, Tegangan-Regangan pada Bidang 2D dan 3D Mekanika Teknik III – Strength of Materials

2 Lateral Contraction Mekanika Teknik III – Strength of Materials

3 Lateral Contraction  Perubahan panjang batang karena tarikan atau tekanan, selalu disertai dengan kontraksi lateral.  Dalam batas-batas proporsional :

4 Lateral Contraction  Konstanta tersebut dinamakan dengan : RASIO POISSON (  ).  Diambil dari nama matematikawan Perancis yang menemukan perbandingan tersebut secara analitis dengan menggunakan teori molekular bahan struktur.  Untuk bahan-bahan isotropis :  :0.25  Untuk baja :  :0.30  Dengan mengetahui nilai tersebut, perubahan volume batang dapat diketahui

5 Lateral Contraction  Peningkatan panjang batang :  Pengurangan lebar batang:  Perubahan luas penampang :  Perubahan volume batang:  Unit ekspansi volume :

6 Regangan pada Tarik & Tekan di Dua Arah Saling Tegak Lurus Mekanika Teknik III – Strength of Materials

7  Pada sebuah batang,  tidak hanya tergantung pada arah gaya dominan namun juga pada arah tegak lurusnya.  Pada arah x  karena  x :  Pada arah y  karena  y :

8  Bila,  x dan  y bekerja saling tegak lurus secara simultan, maka :  Kontraksi batang pada arah z menjadi :

9  Pada kasus tertentu dimana  x =  y = , diperoleh :  Berdasarkan dua regangan tersebut, tegangan  x dan  x dapat ditulis:

10 Tarik – Tekan pada Tiga Arah Saling Tegak Lurus Mekanika Teknik III – Strength of Materials

11 PxPx PzPz PyPy

12  Seperti telah dijelaskan sebelumnya, untuk dapat menentukan  pada setiap arah dapat menggunakan metode yang sama seperti saat menentukan  pada dua arah tegak lurus.

13  Volume kubus mengalam perubahan volume dalam rasio:  Dengan mengabaikan nilai kecil berpangkat besar:  Satuan ekspansi volume kubus :


Download ppt "Lateral Contraction, Tegangan-Regangan pada Bidang 2D dan 3D Mekanika Teknik III – Strength of Materials."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google