Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) meliputi lembaga pembiayaan (leasing, modal ventura, pembiayaan konsumen, dan kartu kredit), usaha peransuransian,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) meliputi lembaga pembiayaan (leasing, modal ventura, pembiayaan konsumen, dan kartu kredit), usaha peransuransian,"— Transcript presentasi:

1

2 Sistem Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) meliputi lembaga pembiayaan (leasing, modal ventura, pembiayaan konsumen, dan kartu kredit), usaha peransuransian, dana pensiunan, pasar modal dan pegadaian.

3 Istilah leasing berasal dari bahasa Inggris, to lease yang berarti menyewakan. Unsur-unsur Perjanjian Lease 1) Lessor Lessor adalah pihak yang memberikan jasa pembiayaan kepada pihak lessee dalam bentuk barang modal 2) Lessee Lessee adalah pihak yang menikmati barang tersebut dengan membayar sewa dan mempunyai hak pilih untuk membeli barang- barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jangka waktu leasing.

4 3) Kreditor atau lender Kreditor atau lender adalah pihak bank yang memegang peranan dalam penyediaan dana bagi lessor. 4) Supplier Supplier adalah perusahaan atau pihak yang mengadakan atau menyediakan barang yang dijual kepada lessee dengan pembayaran tunai oleh lessor.

5 Modal venturera adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

6 Modal ventura digolongkan dalam 2 jenis, yaitu: 1) Leverage venture capital (Lvc) Lvc adalah perusahaan modal ventura yang dananya diperoleh dengan cara meminjam sejumlah uang, baik dari pemerintah maupun dari swasta. 2) Equity Venture Capital (Evc) Evc adalah perusahaan modal ventura yang danya diperoleh dari pemegang saham yang akan digunakan untuk melakukan penyertaan pada suatu perusahaan.

7 Kartu kredit ialah uang plastik sebagai pengganti uang tunai yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan dapat diterima secara internasional.

8 Menurut Undang-Undang No.2 Tahun 1992, asuransi adalah usaha yang memberikan jasa-jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti.


Download ppt "Sistem Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) meliputi lembaga pembiayaan (leasing, modal ventura, pembiayaan konsumen, dan kartu kredit), usaha peransuransian,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google