Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Akuntansi Sumber Daya Manusia By Dr. Dra. Peni Sawitri, MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Akuntansi Sumber Daya Manusia By Dr. Dra. Peni Sawitri, MM."— Transcript presentasi:

1 Akuntansi Sumber Daya Manusia By Dr. Dra. Peni Sawitri, MM

2  Suatu proses mengidentifikasi dan mengukur data mengenai sumber daya manusia serta pengkomunikasian informasi ini kepada pihak yang berkepentingan  Melibatkan pengukuran biaya yg dikeluarkan oleh perusahaan bisnis dan organisasi lainnya untuk merekrut, menyeleksi, memperkerjakan, melatih dan mengembangkan aktiva manusia.

3  Berfungsi sebagai suatu sistem yang menyediakan pengukuran atas biaya dan nilai dari manusia bagi suatu organisasi.  Dari perspektif manajerial, dimaksudkan untuk membantu para pengambil keputusan untuk menggunakan kalkulus biaya-nilai.  Menyediakan informasi ekonomi yg dibutuhkan oleh manajemen untuk membantu dalam memformulasikan kebijakan akuisisi dan pengembangan karyawan.

4  Imbalan jasa atau balas jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada para tenaga kerja, karena tenaga kerja tersebut telah memberikan sumbangan tenanga dan pikiran demi kemajuan dan kontinuitas perusahaan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

5  memperoleh personalia yang qualified  mempertahankan para karyawan yang ada sekarang  menjamin keadilan  menghargai perilaku yang diinginkan  mengendalikan biaya-biaya  memenuhi peraturan- peraturan legal

6  suatu jaringan berbagai sub proses yang kompleks dengan maksud untuk memberikan balas jasa kepada karyawan bagi pelaksanaan pekerjaan dan untuk memotivasi mereka agar mencapai tingkat prestasi kerja yang diinginkan. Di antara komponen-komponen proses ini adalah pembayaran upah dan gaji dan pemberian kompensasi pelengkap seperti pembayaran asuransi, cuti, sakit dan sebagainya.

7  Pengetahuan, ketrampilan, hak cipta, ide, patent dan pengalaman manusia  Merupakan nilai lebih yang dapat berasal dari budaya pengembangan perusahaan maupun kemampuan perusahaan dalam memotivasi karyawannya, proses pembelajaran dan menjaga produktivitas baik parsial maupun total.

8  Aspek utama HRA : human resource cost (personal cost dan human assets accounting) dan human resource value accounting.  Pengukuran biaya historis  Pengukuran biaya pengganti

9


Download ppt "Akuntansi Sumber Daya Manusia By Dr. Dra. Peni Sawitri, MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google