Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRATEGI SISTEM IMBALAN Kelompok 5 1. Devyanti Wuryaning P140810201237 2. Irma Mawadah 140810201238 3. Nona Risky Ramadhani140810201239 4. Wulan Andari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRATEGI SISTEM IMBALAN Kelompok 5 1. Devyanti Wuryaning P140810201237 2. Irma Mawadah 140810201238 3. Nona Risky Ramadhani140810201239 4. Wulan Andari."— Transcript presentasi:

1 STRATEGI SISTEM IMBALAN Kelompok 5 1. Devyanti Wuryaning P Irma Mawadah Nona Risky Ramadhani Wulan Andari Sulastri

2 PENGERTIAN IMBALAN ATAU KOMPENSASI Kompensasi adalah total seluruh imbalan yang diterima para karyawan sebagai pengganti jasa yang telah mereka berikan. Kompensasi adalah fungsi manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan semua bentuk penghargaan yang dijanjikan akan diterima karyawan sebagai imbalan dari pelaksanaan tugas dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan. Jadi kompensasi dapat dikatakan sebagai timbal balik yang diberikan perusahaan kepada karyawan atas jasa-jasanya dalam mencapai tujuan perusahaan.

3 TUJUAN PEMBERIAN IMBALAN ATAU KOMPENSASI 1. Untuk mencari orang-orang yang berkualitas. 2. Mempertahankan pekerja yang sudah ada. 3. Memotivasi anggota atau karyawan perusahaan. 4. Menjamin keadilan 5. Memenuhi peraturan-peraturan legal.

4 FUNGSI DARI IMBALAN ATAU KOMPENSASI 1. Penggunaan SDM secara lebih efisien dan lebih efektif Kompensasi atau Imbalan yang tinggi pada seorang karyawan mempunyai implikasi bahwa organisasi memperoleh keuntungan dan manfaat maksimal dari karyawan yang bersangkutan karena besarnya kompensasi sangat ditentukan oleh tinggi/rendahnya produktivitas kerja karyawan yang bersangkutan.

5 2. Mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Sistem pemberian kompensasi yang baik secara langsung dapat membantu stabilitas organisasi dan secara tidak langsung ikut andil dalam mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya pemberian kompensasi yang kurang baik dapat menyebabkan gejolak di kalangan karyawan akibat ketidakpuasan. Pada gilirannya gejolak ketidakpuasan ini akan menimbulkan kerawanan ekonomi.

6 KOMPENSASI FINANSIALNON FINANSIAL Langsung Upah Gaji Komisi Bonus Pekerjaan Variasi keterampilan Identitas tugas Tugas penting Otonomi Feedback Tidak langsung / benefit Wajib: Jaminan social Kompensasi pengangguran Kompensasi pekerja Cuti keluarga & sakit Lingkungan pekerjaan Kebijakan Pekerja kompeten Rekan kerja yang cocok Simbol status yang diharapkan Kondisi kerja Tidak wajib: Bayaran untuk waktu tidak bekerja Perawatan kesehatan Asuransi jiwa Rencana pensiun Rancangan opsi saham karyawan Tunjangan pengangguran Pelayanan pekerja Pembayaran premium Program manfaat Fleksibilat Tempat Kerja Flekxi time Minggu kerja dipadatkan Sharing pekerjaan Kompensasi fleksibel Komunikasi jarak jauh Kerja paruh waktu Pensiun yg dimodifikasi

7 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMBALAN (KOMPENSASI) Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut: 1. Produktivitas 2. Kemampuan untuk membayar 3. Kesediaan untuk membayar 4. Suplai dan permintaan 5. Organisasi karyawan 6. Berbagia peraturan dan perundang-undangan.

8 FAKTOR-FAKTOR PENENTU IMBALAN (KOMPENSASI) Organisasi sebagai penentu imbalan (kompensasi) finansial Pasar tenaga kerja sebagai penentu imbalan (kompensasi) finansial Pekerjaan sebagai penentu imbalan (kompensasi) finansial Pekerja sebagai penentu imbalan (kompensasi) finansial

9 CONTOH KONGKRIT PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN STRATEGI IMBALAN. UD SRI REJEKI Banyuwangi merupakan usaha kecil menengah yang memproduksi kue-kue kering sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi. Kue yang diproduksi antara lain adalah kue bolu. Strategi imbalan yang diberikan pemilik usaha kepada karyawannya bisa merupakan daya tarik untuk mendapatkan karyawan yang baik (bermutu). Bisa menjadi perangsang bagi karyawan untuk meningkatkan prestasi kerjanya Bisa menghindari munculnya ketidakpuasan kerja, atau dengan kata lain bisa meningkatkan motivasi kerja serta loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Strategi sistem imbalan atau kompensasi yang diberikan, mulai dari sarapan pagi, makan siang dan makan malam, asrama pegawai, bonus lembur, paket wisata dan umroh. Karena sistem kerjanya merupakan borongan maka pemilik memberikan imbalan apabila jumlah kue yang dihasilkan dalam satu hari melebihi kue bolu, maka kelebihan jumlah kue yang dihasilkan tersebut akan dihargai 1500 per 100 bijinya. Karena kelebihan produksi tersebut masuk hitungan lebur, jika produksi biasa per satu resep dihargai Selain itu setiap 6 bulan sekali seluruh pekerja mendapat paket liburan keluarga ke luar kota. Pekerja yang telah bekerja selama 20 tahun akan mendapatkan hadiah umroh gratis yang berikan oleh pemilik usaha.

10 TERIMAKASIH


Download ppt "STRATEGI SISTEM IMBALAN Kelompok 5 1. Devyanti Wuryaning P140810201237 2. Irma Mawadah 140810201238 3. Nona Risky Ramadhani140810201239 4. Wulan Andari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google