Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH: ACHMAD ROZI EL EROY www.sahabateroy.wordpress.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH: ACHMAD ROZI EL EROY www.sahabateroy.wordpress.com."— Transcript presentasi:

1 OLEH: ACHMAD ROZI EL EROY

2  Masalah: -Bagaimana manajer mengelola orang?  Bagaimana manajer SDM melakukan penarikan, seleksi, pengembangan& pemanfaatan SDM?

3  Masalah sekarang lebih kompleks,karena manajemen harus menghadapi kemajuan teknologi yang terjadi secara dahsyat,pembatasan oleh berbagai peraturan pemerintah,penyusutan suplai energi SDA lainnya,pertumbuhan persaingan nasional & internasional,tuntutan peningkatan perhatian terhadap kelestarian lingkungan & perkembangan kegiatan kolektif para karyawan.

4 Faktor-faktor Organisasional:  Semakin tingginya tingkat pendidikan karyawan  Peningkatan heterogenitas angkatan kerja  Pelonjakan biaya-biaya personalia  Penurunan proktivitas

5 ◦ Bagaimana mengelola sumberdaya organisasi dengan efektif & menghapuskan praktek-praktek yang tidak efektif.Dalam kondisi lingkungan yang selalu berubah,manajemen dituntut selalu mengembangkan cara-cara baru untuk dapat menarik & mempertahankan para karyawan & manajer berkaliber tinggi yang diprlukan organisasi agar tetap mampu bersaing.

6 1.Menurut Mary Parker Follet: Manajemen adalah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. 2Pengertian MSDM secara lebih luas : Menurut Edwin B.Flippo Perencanaan,pengorganisasian,pengarahan & pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan,pengembangan,pemberian kompensasi,pengintegrasian,pemeliharaan dan pelepasan SDM agar tercapai berbagai tujuan individu,organisasi & masyarakat.

7 Manajemen SDM adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok karyawan Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses serta upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam pencapaian tujuannya MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja secara efisien dan efektif sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan,karyawan dan masyarakat.

8 Hal yang diperhatikan adalah manajemen SDM adalah pendayagunaan penuh SDM perusahaan shg para karyawan bekerja secara efektif dalam mencapai tujuan perusahaan Empat hal penting berkaitan dengan MSDM: ◦ Penekanan yang lebih thd pengintegrasian kebijakan SDM dan perencanaan bisnis ◦ Tanggung jawab pengelolaan SDM tidak lagi hanya terletak pada manajer SDM tapi pada manajer lini senior ◦ Perubahan fokus dari hubungan serikat pekerja dan manajemen dari kolektivisme menjadi individualisme ◦ Tekdapat aksentuasi pada komitmen dan melatih onisiatif di mana manajer berperan sebagai penggerak dan fasilitator

9 Gambar1.1 Proses manajemen sumber daya manusia Fungsi-fungsi personalia penggunaan pemeliharaan pengembangan seleksi penarikan

10  MSDM diperlukan untuk meningkatkan SDM dalam organisasi. Tujuannya untuk memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif.  Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang MSDM akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan,mengembangkan,menggunakan, mengevaluasi & memelihara karyawan dalam jumlah (kuantitas) & tipe (kualitas) yang tepat.

11  Fungsi operasional dalam Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan basic (dasar) pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.

12 Fungsi Pengadaan, adalah proses penarikan,seleksi,penempatan,orientasi,dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan.( the right man in the righ place). Fungsi Pengembangan, adalah proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moralkaryawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan. Fungsi Kompensasi, adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan layak sesuai prestasi dan tanggung jawab karyawan tersebut.

13 Fungsi Pengintegrasian, adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.Dimana Pengintegrasian adalah hal yang penting dan sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua aspirasi/kepentingan yang bertolak belakang antara karyawan dan perusahaan. Fungsi Pemeliharaan, adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja ).


Download ppt "OLEH: ACHMAD ROZI EL EROY www.sahabateroy.wordpress.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google