Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Administrasi Server Teguh Prasetyo Mulyo. Interfaces.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Administrasi Server Teguh Prasetyo Mulyo. Interfaces."— Transcript presentasi:

1 Administrasi Server Teguh Prasetyo Mulyo

2 Interfaces

3

4

5

6

7 Konfigurasi Hostname

8

9 Workgroup

10

11

12 File Sharing

13 NFS (Network File System) Merupakan protokol file sistem jadingan yang awalnya di kembangkan oleh Sun Microsystem di tahun Dengan NFS komputer lainnya yang berada pada jaringan dapat mengakses suatu file pada jaringan seperti pada harddisknya sendiri. NFS dikembangkan berbasis pada sistem Open NetworkComputing Remote Procedure Call ( ONC RPC )

14 Samba Memungkinkan linux terhubung dengan client windows. Andrew File System yang di kembangkan oleh IBM. Dibandingkan dengan teknologi lainnya, teknologi ini sudah matang dan tersedia di banyak platform system operasi di antaranya Linux, Barkley Software Distribution Family (BSD, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD), Unix Family (Tru64, HP-UX, AIX, IRIX) dan Sun Family (Solaris, SunOS).

15 Samba Samba atau server massage block merupakan suatu protokol file sharing dan printer sharing. Samba bisa di gunakan sebagai server / client baik client windows / linux. Proyek samba dimulai pada tahun 1992 oleh Andrew Tridgell.

16 Kelebihan Samba KemampuanDukunngan File ServerYa Printer ServerYa Domain ControllerYa Local Master BrowserYa Backup Local MasterTidak Primary WINS ServerYa Secondary WINS ServerTidak

17 Paket Suite Samba 1.Smbd, merupakan daemon yang memberika layanan berbagi file dan printer dalam sebuah jaringan yang menggunakan protokol SMB. Smbd bertanggung jawab atas aktivitas antara samba server dan client. Termasuk juga memberikan otentikasi dan otorisasi bagi clientnya. 2.Smbclient, dengan tampilan mirip ftp untuk mengakse smb resource share.

18 Paket Suite Samba 3.Smbtar, merupakan program yang memback-up data yang di share. 4.Smbpasswd, merupakan program yang memungkinkan administrator mengatur password yang terenkripsi yang dipergunakan. 5.Smbstatus, merupakan program yang memonitor status terakhir dari share resources yang di berikan.

19 Paket Suite Samba 6.Nmblookup, merupakan program yang membantu mencari nama (name lookup) dengan memanfaatkan NetBIOS over TCP/IP. Nmblookup dapat digunakan untuk me-resolve dari nama komputer ke alamat ip dan sebaliknya. 7.Swat (Samba Administration Tool), merupakan program yang membantu memberikan interface model web untuk meng-administrasi protokol samba.

20 Samba

21

22 Sharing dengan Samba

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34 Ada yang mau bertanya … ???

35 Terima Kasih

36 Administrasi Server Ubuntu 9.04 Teguh Prasetyo Mulyo


Download ppt "Administrasi Server Teguh Prasetyo Mulyo. Interfaces."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google