Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

{ TUGAS SAINS SIKLUS AIR DIERA ANNISA INSYIRAH ASIKIN KELAS 5B SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "{ TUGAS SAINS SIKLUS AIR DIERA ANNISA INSYIRAH ASIKIN KELAS 5B SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR."— Transcript presentasi:

1 { TUGAS SAINS SIKLUS AIR DIERA ANNISA INSYIRAH ASIKIN KELAS 5B SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR

2 SIKLUS AIR adalah peredaran air secara umum dari darat & laut ke atmosfer melaui penguapan, kemudian jatuh kepermukaan bumi sebagai hujan, mengalir diatas permukaan dan didalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut.

3 SIKLUS AIR SECARA SEDERHANA

4 Siklus hidrologi berawal dari pemanasan air, baik yang berada di darat maupun yang berada di laut, dan yang berada pada tumbuh- tumbuhan oleh sinar matahari. Akibat dari pemanasan tersebut terjadilah penguapan (evaporasi) dari air laut atau air di darat seperti sungai & danau, dan dari penguapan tumbuh- tumbuhan (transpirasi). Gabungan dari keduanya disebut dengan evapotranspirasi.

5 Air yang telah berubah menjadi uap air tersebut kemudian naik ke atmosfer dibawa oleh angin dalam jarak yang jauh, dari darat ke laut atau dari laut ke darat. Uap air yang naik menjadi dingin dan mengkondensasi menjadi tetes awan dan kristal-kristal es yang kemudian jatuh sebagai presipitasi (hujan dan salju).

6 Kebanyakan presipitasi ini kembali ke laut dan sebagian lagi jatuh ke daratan yang diperlukan oleh tanaman, meresap ke dalam tanah atau mengalir di permukaan menjadi air limpasan (run off)

7 Berdasarkan panjang pendek prosesnya maka siklus airAir yang telah berubah terbagi 3 : 1. siklus pendek 2. siklus sedang 3. siklus panjang

8 SIKLUS PENDEK adalah ketika Air laut menguap kemudian melalui proses kondensasi berubah menjadi butir-butir air yang halus atau awan dan selanjutnya hujan langsung jatuh ke laut dan akan kembali berulang.

9

10 SIKLUS SEDANG adalah ketika Air laut menguap lalu dibawa oleh angin menuju daratan dan melalui proses kondensasi berubah menjadi awan lalu jatuh sebagai hujan di daratan dan selanjutnya meresap ke dalam tanah lalu kembali ke laut melalui sungai-sungai atau saluran-saluran air.

11

12 SIKLUS PANJANG adalah ketika Air laut menguap, setelah menjadi awan melalui proses kondensasi, lalu terbawa oleh angin ke tempat yang lebih tinggi di daratan dan terjadilah hujan salju atau es di pegunungan-pegunungan yang tinggi. Bongkah-bongkah es mengendap di puncak gunung dan karena gaya beratnya meluncur ke tempat yang lebih rendah, mencair terbentuk gletser lalu mengalir melalui sungai-sungai kembali ke laut.

13

14 Kondensasi adalah proses perubahan wujud uap air menjadi titik-titik air sebagai hasil pendinginan

15 TERIMA KASIH


Download ppt "{ TUGAS SAINS SIKLUS AIR DIERA ANNISA INSYIRAH ASIKIN KELAS 5B SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google