Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REKONSILIASI BANK. Apabila setiap penerimaan disetor ke bank dan setiap pengeluaran uang menggunakan cek maka rekening kas akan dapat dibandingkan dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REKONSILIASI BANK. Apabila setiap penerimaan disetor ke bank dan setiap pengeluaran uang menggunakan cek maka rekening kas akan dapat dibandingkan dengan."— Transcript presentasi:

1 REKONSILIASI BANK

2 Apabila setiap penerimaan disetor ke bank dan setiap pengeluaran uang menggunakan cek maka rekening kas akan dapat dibandingkan dengan laporan bank. Biasanya laporan bank diterima bulanan dan akan direkonsiliasikan dengan catatan perusahaan. Rekonsiliasi laporan bank ini berguna untuk mengecek ketelitian pencatatan dalam rekening kas dan catatan bank. Selain itu rekonsiliasi juga berguna untuk mengetahui penerimaan dan perngeluaran-pengeluaran yang sudah terjadi di bank tetapi belum dicatat oleh perusahaan. Dalam membuat rekonsiliasi laporan bank perlu diketahui bahwa yang direkonsiliasi adalah catatan perusahaan dan bank, sehingga harus dibuat perbandingan antara keduanya agar dapat diketahui perbedaan-perbedaan yang ada.

3 Bisanya terdapat perbedaan antara saldo menurut saldo menurut catatan kas perusahaan dengan saldo menurut laporan bank. Hal-hal yang menimbulkan perbedaan antara lain. Setoran yang dikirimkan kebank pada akhir bulan tetapi belum diterima oleh bank Setoran yang diterima oleh bank pada akhir bulan, tetapi dilaporkan bulan berikutnya karena sudah dicetak laporannya Uang tunai yang belum disetor ke bank Jasa giro yang diberikan oleh bank Penagihan wesel oleh bank Cek yang beredar (sudah dikeluarkan oleh perusahaan tetapi belum dicairkan oleh sipemengangnya) Cek yang sudah ditulis tetapi belum diberikan oleh sipenerimanya sedangkan itu sudah diangap sebagai pengeluaran Cek dari langganan yang ditolak (cek kosong) Biaya buanga atau biaya jasa bank yang dikenakan oleh bank

4 Dibawah ini laporan rekonsiliasi saldo akhir disusun berdasarkan data yang diperoleh dari PT. Risa Fadilah pada tanggal 31 Desember Saldo kas menurut catatan Bank Rp ,- Saldo kas menurut catatan Perusahaan Rp ,- Setelah diteliti/dicek ternyata terdapat perbedaan-perbedaan diantaranya: 1.Jasa giro Rp ,- 2.Biaya Bank Rp ,- 3.Setoran dalam perjalanan Rp ,- 4.Uang kas yang tidak disetor Rp ,- 5.Cek yang beredar No Rp ,- No Rp ,- No Rp ,- Kesalahan mencatat penerimaan Rp ,- dicatat sebesar Rp ,-


Download ppt "REKONSILIASI BANK. Apabila setiap penerimaan disetor ke bank dan setiap pengeluaran uang menggunakan cek maka rekening kas akan dapat dibandingkan dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google