Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Macam-macam buah Apel Salak Pondoh Salak Bali Nanas Pisang Ketela/pohong.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Macam-macam buah Apel Salak Pondoh Salak Bali Nanas Pisang Ketela/pohong."— Transcript presentasi:

1

2 Macam-macam buah Apel Salak Pondoh Salak Bali Nanas Pisang Ketela/pohong

3 BAHAN PEMBUATAN Bahan yang dapat digunakan setiap membuat kripik pada dasarnya semua jenis buah yang awalnya kadar padatannya tinggi dengan tekstur tidak terlalu lembek dan buah yang tidak terlalu matang. Hampir semua jenis salak yang ada di Indonesia dapat diolah menjadi kripik buah. Setiap mendapatkan kripik salak yang berkualitas sebaiknya dipilih jenis salak yang manis, namun rasanya tidak terlalu sepet dan daging buah buahnya tidak terlalu tebal. Jenis salak pondoh hitam, salak nglumut, salak lokal dapat menghasilkan kripik yang berkualitas.

4 ALAT PEMBUATAN Alat yang digunakan setiap membuat kripik buah adalah Alat penggoreng hampa (Vacuum Frier) sistern water jet secara fungsional dirancang terdiri dan pompa tabung penggoreng, kondensor yang dilengkapi, pendingin, unit pernanas, dan pengendali operasi.kripik buah

5 Fungsi Alat - Alat Pompa; merupakan komponen terpenting yang berfungsi setiap menurunitan tekanan udare di dalarn tabung penggoreng. Pompa menggunakan sistern water jet sehingga mudah cara mengoperasikan dan pameliharaannya, serta rendah biayanya. Tabung ponggoreng; berfungsi setiap mengkondisikan bahan yang diproses agar sesuai dengan kondisi tekanan yang diinginkan. Di dalamnya berisi minyak sebagal media pindah panas yang dilengkapi dengan pengaduk dan keranlang angkat celup tempat bahan yang digoreng. Kondansor; berfungsi setiap mengembunitan uap air panas yang dikeluarkan selama penggorenganan dengan menggunakan media air sebagai pendingin yang disirkulasikan di dalarn bak air. Unit pemanas, sumber panas menggunakan elpiji (LPG) karena mudah didapat dan mudah dalarn pengaturan suhu yang diinginkan. Unit pengendali operasi (Controller; suatu alat pengendali suhu di dalem tabung penggoreng berdasarkan suhu yang dikehendaki, karena suhu dikandalikan di bawah 1000 C.

6 Spesifikasi Alat Penggorengan Hampa Kapasitas : 5 kg daging buah segar Daya : 300 watt Volume tabung : 120 dm3 (75 liter minyak goreng) Dimensi : 140 x 120 x 190 cm Berat : 400 kg Bahan bakar : LPG Bahan alat : Stainless steel Pendingin : Air ( 10 cm3) Umur teknis : 5 tahun

7 Proses Pengolahan Pengolahan buah segar menjadi kripik buah sangat sederhana, karena pada dasarrya hanya merupakan proses penguapan air dan bagian buah yang dapat dimakan. Namun demikian setiap menjaga agar rasa dan aroma khas buah tidak berubah dan kripik menjad renyah maka proses penguapan air harus di lakukan dengan cara menggoreng buah menggunakan penggorengan bertekanan rendah / vakum / hampa. Secara garis besar pengolahan berbagai macam buah segar menjadi kripik mengikuti urutan-urutan sebagai berikut : Pemilihan buah segar. Pilihlah buah segar salak pondoh yang matang pohon dan tidak terlalu lunak, bentuknya relatif sama, bebas hama dan penyakit serta kerusakan lain seperti memar atau busuk. Penghilangan bagian-bagian yang tidak terpakai.Tahap ini terdiri pengupasan kulit menggunakan pisau anti karat (stainless steel) yang tajam atau dikupas seperti biasa dengan tangan sekaligus dihilangkan kulit arinya.

8 Kandungan Gizi Kandungan gizi kripik buah yang diproses dengan alat penggoreng sistem hampa tidak jauh berbeda dengan keadaan buah segar, karena diproses dengan menggunakan suhu rendah. Hasil analisis kandungan gizi per 100 g kripik buah sebagai berikut: Total gula : 31,7 g Protein : 3,0 g Lemak : 8,6 g Serat : 4,1 g Vitamin : 63,3 mg Kalori :216,4 kkal Air :5.5 g

9 Pemasaran omzet dari usaha keripik aneka buah produksinya, masih berkisar Rp 4 juta per bulan atau kapasitas 30 kg keripik. Dengan keuntungan bersih hanya 10% dari omzet. Sebelum memasarkan ke toko-toko, Untuk memasarkan keripik buah melalui koperasi instansi BUMN seperti diantaranya, Koperasi Karyawan Kantor Pertamina Pusat – Jakarta Pusat, Koperasi Karyawan Kantor Departemen Keuangan – Jakarta Pusat, Koperasi Karyawan Kantor AUTO 2000 – Jakarta Utara, Koperasi Karyawan LTO Dirjen Pajak – Jakarta Pusat dan Koperasi Karyawan Kantor Catatan Sipil – Jakarta Barat.

10

11 Sekian persentasi kami terimakasi


Download ppt "Macam-macam buah Apel Salak Pondoh Salak Bali Nanas Pisang Ketela/pohong."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google